03 Juni 2011

Trik Sederhana Menulis Alur dan Plot Cerita

oleh Joni Lis Efendi

www.menulisdahsyat.blogsot.com



1. Alur Cerita

Alur adalah pergerakan cerita dari waktu ke waktu, atau rangkaian peristiwa demi peristiwa dari awal sampai akhir cerita. Ada alur progresif yang bergerak runtut dari awal sampai akhir (A-B-C). Alur kilas balik (flash back) yang dimulai dari akhir cerita kemudian bergerak ke awal cerita (C-B-A). Dan, ada alur percampuran antar kedua alur yang disebutkan di atas.

Alur dibangun oleh narasi, deskripsi, dialog, dan aksi/laku (action) dari tokoh-tokoh cerita. Alur yang baik akan sangat membantu pembaca untuk menangkap gambaran utuh dari cerita yang disuguhkan dalam novel. Bagi penulis, penguasaan alur cerita sangat menolong agar nggak kehilangan jejak, atau mentok di tengah jalan.



Sebaiknya sebelum mulai menulis dibuat terlebih dahulu draf alur ceritanya. Hal ini untuk memudahkan kita saat menulis nanti. Walaupun begitu, kita nggak diharuskan terlalu kaku memegang draf awal dari alur tersebut. Karena biasanya ketika menulis, pergerakan alur cerita akan berkembang dengan sendirinya.



Kamu bisa menulis draf awal sebuah alur cukup dengan beberapa kalimat aja, paling banyak lima kalimat. Tentunya nggak terlalu ribet, kan. Berikut ini contoh alur dari cerpen "Rindu Banjir" yang dimuat di Majalah Ummi edisi Februari 2010.



Contoh Alur:

Salmah selalu merindukan datangnya banjir.
Salmah mendapatkan haid pertama saat musim banjir tiba.
Emak melarang Salmah bermain sama anak laki-laki.
Marlan, sahabat baik Salmah, kaget dengan perubahan sikap Salmah.



2. Plot

Plot adalah hubungan yang mengaitkan satu kejadian dengan kejadian lainnya sehingga saling berhubungan yang memicu terjadinya krisis dan menggerakkan cerita menuju klimaks (puncak konflik). Dengan kata lain, adanya suatu peristiwa dibenturkan dengan peristiwa lain, yang saling bergesekan sehingga memantik konflik. Plot inilah yang sesungguhnya menggerakan cerita dari awal sampai akhir yang menghiasinya jalannya cerita tersebut dengan ketegangan, konflik dan penyelesaian (ending).



Di dalam plot inilah persoalan-persoalan yang dihadapi para tokoh cerita saling digesekkan, dibenturkan satu sama lain menjadi persoalan baru yang lebih kompleks, diseret ke puncak krisis, lalu dicari pemecahan (penyelesaian)-nya menuju akhir cerita (ending). Plot digerakkan oleh tokoh cerita, gesekan yang timbul karena pergerakan plot inilah yang melahir ketegangan (suspend) yang menyulut api konflik. Kemudian plot yang mengkondisikan tokoh cerita berusaha untuk mencari jalan keluar dari konflik yang terjadi tersebut untuk menurunkan tensinya sampai pada ending.



Contoh plot dalam cerpen "Rindu Banjir"

Salmah mendapatkan haid pertamanya bersamaan dengan datangnya banjir sehingga Emak melarang Salmah bergaul dengan laki-laki termasuk main hujan dan bersampan dengan Marlan. Karena sekarang dia sudah gadis dewasa yang harus menjaga adab pergaulan.
Keinginan Salmah untuk main sampan selama banjir sirna dengan adanya larangan Emak.
Salmah dikurung di rumah selama haid dan tak boleh ke mana-mana.
Marlan, sahabat baik Salmah, heran dengan perubahan sikap Salmah yang terkesan menjauhinya. Sikap Salmah menjadi dingin kepada Marlan, dan Marlan pun akhirnya menjauhinya.

Nah, sekarang timbul pertanyaan, apa beda alur dengan plot?

Beberapa perbedaan antara alur dan plot:

Alur berisi kronologis cerita, walau susunannya bisa maju, kilas balik atau gabungan.
Alur hanya rangkaian cerita dari awal sampai akhir.
Alur bisa dijabarkan dengan gaya narasi, deskripsi, eksposisi dan narasi. Sedangkan plot sebagian besar dengan narasi dan dialog.
Plot adalah pergerakan cerita dari satu kejadian demi kejadian yang saling berkaitan, bahkan terkadang sengaja dibenturkan untuk menimbulkan adanya ketegangan, klimaks (puncak konflik), antiklimak (penurunan konflik) sampai ending.
Alur adalah badan cerita sedangkan plot adalah ruh yang menggerakan cerita.
Alur ada pada jenis tulisan lain seperti feature dan esai. Sedangkan plot khusus ditemukan dalam cerpen dan novel.



Sekarang giliran kamu untuk menulis alur dan plot. Tema kali ini adalah tentang gadis hujan yang selalu merindukan hujan, karena hujan selalu mengingatkannya pada kenangan cinta pertamanya. Walau terkadang dia benci hujan, lantaran cinta pertamannya pun hanyut diseret hujan lebat hatinya.

Nama tokoh dan setting sesuai dengan keinginanmu masing-masing:



Selamat menulis.

13 komentar:

  1. masih nggak ngerti alurrr.......
    tp keren lahh blog inii...

    kak, kok burung nya ngeselin sih ?? ngikutin muluu...

    BalasHapus
  2. hahaha..burung itu kalo kamu klik bakal langsung ke twitter aku :)

    BalasHapus
  3. siiiiiiiiiiiip :-)

    BalasHapus
  4. oke sob...sangat informatif penjelasannya...ane tunggu update selanjutnya.thanks

    BalasHapus
  5. kurang ngerti deh tentang alur? kalo buat resensi novel gitu alurnya harus diterangin satu-satu?

    BalasHapus
  6. Agk bingung sih, tp sdkit m'bntu,. Thank's,. n_n'

    BalasHapus
  7. Ι ԁο not knοw іf it's just me or if perhaps everyone else experiencing issues with your site. It looks like some of the written text on your posts are running off the screen. Can somebody else please comment and let me know if this is happening to them as well? This may be a issue with my web browser because I've hаd this happen ρrevіouslу.
    Many thanks

    Feel frеe tο visit my web pаge:
    carpet clеaning scottsԁale - -

    BalasHapus
  8. Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your website is fantastic, let alone the content!



    Visit my homepage :: seo training class

    BalasHapus
  9. Highly energetic post, I enjoyed that bit.
    Will there be a part 2?

    Here is my web site unblocked school games

    BalasHapus
  10. I visited various websites however the audio feature for audio songs current at this website is in fact superb.


    Feel free to surf to my web blog - garage door repair phoenix az

    BalasHapus
  11. I love reading a post that can make men and women think.
    Also, many thanks for allowing for me to comment!


    Here is my web page - carpet cleaning tempe

    BalasHapus
  12. In addition, you personaly may also take pleasure in the exercise.
    What is extraordinary is the fact that their breeding was
    over in mere one kennel founded in 1955, that has been of the Czechoslovakian Army's Border Patrol. These dogs also make incredible family companions, although some people might show more drive and aggression than will be wanted in the family or guide dog. These dogs don't have any feathering as
    within the long coated GSD's. Everything you need to do should build his trust and friendship.

    Here is my web site; Police Dogs For Sale - -

    BalasHapus
  13. trims atas trik-trik bermanfaatnya... kalo perlu bikinkan lagi.... yg laen

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)