27 Maret 2011

kampung WRITING REVOLITION

Beberapa minggu yang lalu aku jalan-jalan ke blog-blog penulis. Cuci mata siapa tau ada info keren. Eh mataku terpaut pada blog nya kak Joni Lis Efendi, pengarang asal Pekanbaru yang sudah menulis 5 novel. Beliau punya program WRITING REVOLITION. Dengan biaya Rp. 60.000 bisa ikut SMCO (Sekolah Menulis Cerpen Online). Sistemnya belajar menulis cerpen via facebook dan email. Dengan Rp.60.000 kita dapet 4 modul,  sertifikat, dan nomor anggota SMCO. Aku tertarik, malah sangat tertarik, tapi sayang waktu itu aku lagi banyak kebutuhan, aku Cuma bisa ngiler.. slurp..

Beberapa hari kemudian, ada kakak kelas di sekolah dulu yang kasi info ada pelatihan dibalai bahasa FKIP selama 4 kali pertemuan setiap sabtu dan bayar Rp.25.000. pembicaranya kak Joni itu. Wah… aku pikir mendingan aku ikut SMCO sekalian deh. Rp.60.000 untuk diskusi 2 bulan, meskipun online nanti kan bisa dikondisikan. Mumpung modem ada. Dan dengan terdaftar sebagai anggota SMCO bisa ikut pelatihan gratis…


Maka cabut lah aku di 2 hari terakhir pendaftaran SMCO 04 ke bank BCA (yang paling deket rumah) untuk transfer. Setelah resmi terdaftar aku dapet modul, dll. Semangat nulisku semakin membara, apalagi sejak di invite ke grup WRITING REVOLITION-RUMAH PENULIS oleh kak Joni. Disana berkumpul orang-orang yang senasib sepenanggungan sama aku, bahkan ada juga yang berkat bimbingan kak Joni bias menang lomba dan mejeng cerpen di Koran bergengsi. Libido menulisku yang sudah lama surut terlecut kembali. Aku juga jadi warga di grupp WARGA WRITING REVOLITION 04. Grup ini khusus anggota SMCO tahap 4. Maka mulailah euforia (bener gak ya tulisannya?) menulis cerepn itu benar-benar muncul. Aku mulai mengirim sebuah cerpen untuk di koreksi oleh kak Joni yang biasa di panggil pak pung itu. Setelah menunggu 5 hari cerpenku dikembalikan dengan penuh tinta warna-warni di dalamnya. Pertanda cerpenku sangat hancur (terutama EYD). Dengan menyelipkan sedikit pujian atas cerpenku, pak pung menyuruh aku memperbaiki dan mengembalikannya lagi. Kini cerpen itu sudah aku kirim ke emailnya. Tinngal menunggu hasil.

Ada banyak hal menyenangkan menjadi anggota SMCO. Di antaranya berada di tengah grup WR 04 yang isinya penulis-penulis pemula yang bersemangat. Dari anak SMP sampai yang sudah S2. Selain diisi dengan warga yang penuh semangat, warga grup ini juga rajin berkomentar, dan saling memberikan support. Support merupakan suatu hal penting bagi seorang penulis. Dan pernahkah status kalian dikomentari sebanyak 80 lebih? mungkin jarang. Tapi disini selalu begitu.semua warga seolah tak ingin tertinggal informasi sedikitpun. Karna itu juga aku mulai jarang mengintip beranda ku.kiki

Beberapa hari yang lalu pak pung mengadakan pemilu. Singkat cerita terpilihlah calon kepala suku untuk wr 4 sebagai berikut :
1. Teguh kyuichi
2. Risah Icha Azzahra
3. Levana Surya
4. Hendro
Setelah kampanye yang seru selama beberapa jam. Terpilihlah teguh sebagai kepala suku yang di singkat kasuk. Dan kasuk pun mulai mengadakan PILKATTE (pemilihan perangkat erte). Terpilih (ada juga yg ngacungkan tangan) beberapa calon
Calon Bendahara erte (BETE)
1. Anna oktaniana
2. Surip riyanti

Calon sekretaris erte (sekte)
1. Risah icha azzahra
2. Lily Husain
3. Levana surya

Dan dengan pemilihan via komen yang sangat panjang, bahkan salah seorang warga ada yg membuatkan sebuah poster. Bikin terharu dan bangga.




Maka hasil pilkatte
KETUA : Teguh Kyuuichi
BETE(Bendahara ERTE) : Anna Oktaviana
SEKTE (Sekretaris ERTE) : Risah Icha Azzahra
kesi acara : Fitri Wiradarya dan surip riyanti
HuTE (Humas ERTE) : Levana Surya.
Kesi kreatif : Lily Husain dan hylla

Inilah jejeran pejabat-pejabat wr 04. Kenapa aku posting? Ya karna ada nama aku lah… wkwkw.. narsista
Anyway aku bangga banget bisa bergabung di grup penuh tawa ini. Banyak istilah-istilah keren yang membuat kami semakin akrab. Seperti:
1.semangka:plesetan dr semangat
2.kuaci:makanan pokok warga wr
3.rantang: istilah umum di wr yg artinya makan2/bagi2 makanan
4.akhiran udin: virus udin yg menyebar dg ganas dr mak edel
5.semanggi: semangat pagi
6.pak pung: kepala kampung
7.kasuk: kepala suku
8.katte : perangkat rt
9.parte : aparatur rt
10.bete : bendahara rt
11.sekte : sekretaris rt
12.kesi : kepala seksi

Serasa memiliki sudara. Benar kata kak Joni, di Writing revolution itu diciptakan suasana menulis.. melihat teman-teman yang sesama penulis pemula berhasil tembus media nasional tentu akan membuat darah penulis mendidih. Itulah yang aku rasakan kini, walaupun belum tau tulisan apa yag akan aku kirim ke media, tapi hatiku sudah mantab untuk mencobanya..!

Setelah wara-wiri pemilu selesai. Ada lagi proyek baru yang di mulai tadi malam. Di diskusikan melalui inbox fb. Sampai dini hari (aku sih udah ngacir duluan ^_^). Proyek nya adalah antologi buku di bentuk dalam sebuah lomba. Karna aku sekretaris. aku bikin materi lombanya dari hasil diskusi. Kalau kamu baca rentetan disskusi via inbox itu, dijamin akan lebih pusing dari aku. Tapi dengan bantuan teman-teman yang kreatif, akhirnya materi lomba itu selesai juga setelah di edit ratusan kali. Hihi lebay. Dengan kerjasama antara perangkat erte membuat ku lebih bersemangat untuk bisa berkarya dan menulis dengan baik. Contohnya saja postingan ini. Ditulis dengan gaya resmi (betapa susahnya mempertahankan bahasa Indonesia yg baik dan benar). Semoga dengan semua ini menjadikan aku…ng.. yah… yang baik2 deh pokoknya.. (udah keabisan kata)

Dunia maya tidak selalu merugikan, selagi kita pintar mengoptimalkan kegunaannya. ^_^
SEMANGKA…!!!!

24 Maret 2011

share and win leutika

Yuk mengenal buku-buku Leutika lebih jauh.
Masih dalam rangka Dreams2Reality: 2 Tahun Membangun Impian Bersama Leutika, kami mengundangmu dalam event “Share And Win!”

Event ini terbagi menjadi dua kategori. Lebih jelasnya, simak yuk materi sebagai berikut:

Kategori I: “Share And Win @Leutika Publisher”
Caranya:

1. Klik www.leutika.com, lalu pilih buku Leutika Publisher favoritmu.
2. Share buku tersebut di FB masing-masing. Masukkan teks berikut sebagai keterangan sharemu:
“Dreams2Reality. 2 tahun Leutika hadir sebagai penerbit penuh kemudahan. Kami lahirkan eLBe (langgan buku). Di sini, nggak cuma koran dan majalah yang bisa dibuat langganan tapi buku pun BISA!”
3. Daftarkan keikutsertaanmu di inbok FB (pilih salah satu) Leutika Publisher/Leutika Publisher Dua, dengan format:

a. Nama lengkap:
b. Alamat kirim buku:
c. Alamat FB:
d. No telp yg bisa dihubungi:
(Tulis Share And Win sebagai subjek inbokmu.)

Kami mengundi 15 Leutikans beruntung yang berhak mendapatkan 15 buku terbitan Leutika Publisher (@1eks.) judul tidak bisa memilih, alamat kirim Indonesia.

Kategori II: “Share And Win @LeutikaPrio”
Caranya:

1. Klik www.leutikaprio.com, lalu pilih buku LeutikaPrio favoritmu.
2. Share buku tersebut di FB masing-masing. Masukkan teks berikut sebagai keterangan sharemu:
“Dengan hadirnya LeutikaPrio, menjadi penulis tidak sekadar impian, tapi mudah untuk diwujudkan. Gabung yuk di www.leutikaprio.com. Buku hasil karyamu akan kami olah dengan ragam inovasi menarik.”
3. Daftarkan keikutsertaanmu di inbok FB LeutikaPrio, dengan format:

a. Nama lengkap:
b. Alamat kirim buku:
c. Alamat FB:
d. No telp yg bisa dihubungi:
(Tulis Share And Win sebagai subjek inbokmu.)

Kami mengundi 15 Leutikans beruntung yang berhak mendapatkan 15 buku terbitkan Leutika Publisher (@1eks.) judul tidak bisa memilih, alamat kirim Indonesia.

Penting:
1. Peserta boleh mengikuti dua event di atas sekaligus.
2. Bagi kamu yang nggak cuma memfavoritkan satu judul saja, boleh kok ngeshare banyak judul.
3. Satu share-mu kami hitung satu point. Berarti, supaya pointmu bertambah, setiap kali share kamu harus daftarin lagi namamu di inbok FB.

Event ini dibuka dari 18 Maret 2011—31 Maret 2011 (jam 12 siang WIB.)
Pengumuman pemenang pada 02 April 2011 (jam 12 siang WIB) di semua FB Leutika, di hotnews www.leutika.com & di berita www.leutikaprio.com.

Nggak ada ruginya berkunjung ke www.leutika.com & www.leutikaprio.com. Cuma ngeshare, dapat kesempatan raih buku GRATIS.

weekly notes "dream2Reality

ikutan yuk....



Weeklynotes “Dreams2Reality”
Sejauh ini, apa sih pencapaian yang bisa kalian katakan “mimpi jadi kenyataan”

Setiap orang mempunyai cita-cita dan bentuk pencapain masing-masing. Target si A berbeda dengan apa yang diprioritaskan si B. Menyambut Dreams2Reality; 2 Tahun Membangun Impian Bersama Leutika, kami berniat menerbitkan buku dengan... judul “Dreams2Reality”. Oleh karenanya, kami mengundang teman-teman dalam event Weeklynotes (WN) “Dreams2Reality”.

Caranya:
1. Ceritakan satu episode hidup yang kamu anggap Dreams2Reality. Yakni, pencapaian hidup di mana kamu bisa mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.
2. Tulis ceritamu sebanyak 3-4 halaman A4 Times New Roman 12 spasi 1,5.
3. Tulisan tidak boleh fiktif dan harus dari pengalaman pribadi.
4. Kirim satu cerita terbaikmu ke weeklynotes.leutika@gmail.com dengan subjek “Dreams2Reality” dan menyertakan:

a Biodata lengkap
Nama lengkap
Nama yg ingin dicantumkan di buku
Alamat kirim buku
Alamat e-mail
Alamat FB
No telp yg bisa dihubungi:

b. Biodata dalam bentuk cerita/narasi untuk keperluan penerbitan buku

5. Publish materi dan banner weeklynotes “Dreams2Reality” dalam notes FB masing2. Tag min. 25 orang. Dengan berbagai pertimbangan, peserta TIDAK PERLU mentag semua FB Leutika. Pendataan kami lakukan via email. Dan tim Leutika tetap akan meninjau FB setiap peserta untuk kemudian mencek notes FBnya.

Hadiah:
1. 10 cerita terbaik akan kami masukkan dalam buku 2 tahun ultah Leutika, “Dreams2Reality” (terbit di LeutikaPrio).
2. Setiap pemenang mendapatkan 1eks. hasil jadi dan 2 judul buku dari Leutika Publisher (judul tidak boleh memilih).
3. Satu karya terbaik (di antara 10 opini terpilih) akan kami posting di www.leutikaprio.com dan www.leutika.com

Hadiah dikirim ke pemenang dengan alamat kirim indonesia. Mengingat sistem produksi LeutikaPrio berbeda dengan Leutika Publisher, maka 10 pemenang tidak mendapatkan royalti.

WN ini berlaku dari 14 Maret—01 April 2011 (jam 12 siang WIB).
Pengumuman pemenang pada 07 April 2011 (jam 12 siang WIB) di semua FB Leutika dan hotnews www.leutika.com.
___________________________________
Sekilas Tentang Buku “Dreams2Reality”:

Dua tahun bergerak di dunia literasi, Leutika menyimpan kisah-kisah menarik di balik proses kreatifnya. Dalam buku Dreams2Reality, kami ingin menghadirkan kisah-kisah seru tersebut kepada Leutikans. Termasuk adalah alas an di balik layanan serta kemudahan, juga fakta-fakta unik perjalanan kami.

Seperti apa perjalanan Leutika selama 2 tahun? Apa saja cerita menarik yang dialami segenap tim? Semuanya bisa teman2 dapatkan dalam buku “Dreams2Reality”

22 Maret 2011

My mother graduated

Setelah perjuangan panjang kuliah sambil ngurus anak, sambil ngajar, sambil cari nafkah.. Akhirnya ummi qu tercinta berhasil di wisuda hari ini. Namanya kini berekor.

YUNIZAL,S.Pd, SD

dari dulu perjuangan kuliah yg benar2 melelahkan..
Akirnya pagi ini berhasil nyampe di hotel ratu mayang garden dengan selamat dan duduk menunggu panggilan naik ke panggung dengan baju toga. Makasih ya allah..

3tahun lalu ummi qu gagal di wisuda, karna beliau mempersiapkan semua sendiri. Dengan 3 anak yang masih kecil-kecil, dan 1 di dalam kandungan.aku? Aqu mondok di jakarta.
Pagi itu beliau sudah siap berangkat dengan segala persiapan matang,baju kebaya dibaluti toga. Tapi ujian memang allah peruntukkan untuk orang2 terpilih seperti ummi ku. Pagi hari beres2 rumah akan berangkat, ummiku menyuruh adikku yg berumur 4 tahun buang sampah ke tempat pembakaran di belakang rumah,tapi si alviah yg pemalas malah mengoper perintah ummi ke adikku yg berumur 3 tahun. Maka berjalanlah luthfi ke tkp. Tiba2 bruk..! Lutfi jatuh.. Dan.. Tangannya patah.. Hiks, dia menjerit2 histeris.. Ummi qu yg sudah rapi memakai toga langsung bawa luthfi ke tukang urut terdekat


eh pending dulu ya? Mau keluar, gak ad wifi lagi.kiki







manis kan nenek ku.. hihi