29 Juni 2011

Bedah Buku "Cinta bertabur di langit Mekkah" dan penyerahan hadiah FF Humor WR.

hari ini ikutan bedah buku yang ditaja FLP Pekanbaru dan Erlangga. di gedung Erlangga lat 3. aku udah di infokan lomba ini sejak sebulan lalu (eh gak sampe ding) awalnya nanya ama Pa Pung (panggilan sayang buat direktur Writing Revolution, bisa di artikan kepala kampung) kapan nih hadiah FF humor WR nya dibagikan? soale aku udah ngarep lama banget dapet novel itu gratis (liat tebelnya kayaknya mahal). eh tanpa disangka Pa Pung nongol di chat


Joni Lis Efendi
Adek kapan ada waktu?
tumben Pak Pung baik hati, hehe

Risah Icha Azzahra

hore...!!! kapan aja ada. lagi libur nih..
pa pung sering ke puswil? ato lagi ada acara flp apa gitu?

Joni Lis Efendi
tanggal 29 Juni ada acara beda novel Langit Merah di Kota Mekah (salah banget judulnya “Cinta bertabur Dilangit mekkah”)
Sah boleh datang, dapat novelnya langsung
acara di Erlangga, dekat Capella Honda Arengka II

Risah Icha Azzahra
ha???di mekah. belum ada ongkos..

Joni Lis Efendi
itu judul novel kaleee
sekalian aja umro kalo di Mekah, haha

Risah Icha Azzahra

ooo... hihihi...
pake tiket masuk nggak??

Joni Lis Efendi

pake
Risah Icha Azzahra
yey, masi lama rupanya.. nggak ada jadwal yg lebih cepat dari itu pa pung? hiks.
brp?dimana belinya? sama sapa? hihi
Joni Lis Efendi
ada
bulan depan, haha
Risah Icha Azzahra
jiaaahhh.... lebih lama lagi ma... ya udah deh (tergolek pasrah). aku dateng bedah buku. nnt kalo nyasar aku tanya pa pung ya..

Joni Lis Efendi

pake GPS aja, haha
datang hari H juga masih bisa datang, penulisnya langsung datang, Roziah, yg penulis beken juga (salah juga,nama penulisnya Roidah.haha.. pa pung..pa pung)
Risah Icha Azzahra
ngakakudin.. pinjem ama doremon dulu nih kayaknya. yoi.. brp tiketnya pa pung? dpt sertifikat tak? (berburu sertifikat is important)

Joni Lis Efendi
tiket Rp 35 ribum dt novel seharga 42 ribum sertifikat, snack dan plus senyum manis pak pung (salah, tiket+buku=40.000. ckckc.. pa pung…)
kurang apalagi nih?

Risah Icha Azzahra
weleh.. narsis tak tinggal... 35 dapat buku mayan lah...
ada link nya gak pa pung?ato poster gitu? mau ajak orang se erte

Joni Lis Efendi
ada myb minggu2 ini akan disebar, atau tanya aja langsung ke FB Alam Terkambang, atau Afsah Rahmah
mereka tu yg nyebarin famplet
ini iven tingkat nasional loh

Risah Icha Azzahra
woke pa pung.. sipp.. makasih banyak... dapat info duluan nih daku, agak bangga lah terdaftar jadi adik pa pung.. ahay
de es te… melawak ^_^


aku menunggu tanggal 29 Juni itu. lama banget yak? gak sabar pengen baca bukunya. mumpung libur kuliah. sambil nyari-nyari temen buat pergi.

H-1 (kalah lebaran) aku dikabari lagi lewat spanduk online. udah yakin deh mau pergi, tujuan utama ambil hadiah. hehe.. kalo perlu nggak usah ikut acaranya. tunggu aja pa pung di gerbang. todongin hadihnya, jangan lupa minta foto.haha

tapi rencana busuk aku batal karena liat materi acaranya. yah jadi beneran mau ikut deh, malah mau beli bukunya sekalian. tapi masih ragu sih buat beli bukunya, hehe.. soalnya uang terbatas (maklum ngampus libur, nggak ada uang) dan aku dari kemaren udah ngiler banget diskon buku online yang rame, apalagi buku-buku afifah afra, aku udah niat nabung mau beli itu.

pagi tadi, ba'da subuh. masih sempet-sempetin buka FB dulu. serak-serakin link materi acaranya, siapa tau aja ada ynag mau ikut. jadi ada temen deh, eh tapi boro-boro. yang ada bang Asqalani si penulis puisi dan penyair pekanbaru yang puisinya udah nangkring di koran-koran riau bilang kalau dia juga ikutan. ternyata malah panitia. aku daftar via sms lewat dia deh... eh malah nanya aku yang mana ya. emang belum kenal sih, baru kenal lewat WR dan sok akrab aja.hehe

waktu mandi aku mikir lagi (kamar mandi emang tempat inspirasi paling maknyos). kalau pergi sendiri garing banget, nanti siapa donk yang fotoin aku sama Pa pung. hehe. narsis amat udah dipikirin dari sekarang. beberapa teman udah di sms nggak ada yang bisa. akhirnya dengan berat hati aku ajak adikku si Sofi. tapi dia lagi nginep di rumah tante di panam. yah terpaksa deh jemput dulu. jadi rute perjalanan Kulim-Panam-Arengka. uwa.. jauh Bo'... mau pergi tadi sempet pula tetangga aku numpang mau ke kampusnya. waaa....

aku sms si sofi cuma bales "ea". jam 7.30 berangkat dari rumah, anterin ibuk tetangga ke kampusnya dan ke panam jemput sofi. berharap dia udah nuggu di depan pintu dan langsung caw.
eh boro-boro, harapanku sia-sia, waktu aku nyampe rumah tante, dia masih bergelung selimut, jadi tadi bales sms aku di alam barzah ya? ckck..

nunggu dia MKC lumayan lama. tambah dandannya. tapi aku betah, soalnya sambil godain anak tante yang lagi imut-imutnya. namanya ZAHRA. napen aku.hehe..






sampe di sana langsung ketemu Asqalani di meja panitia, langsung Sksd.hehe
ternyata udah mulai pembukaan dan pelantikan pengurus FLP Pekanbaru. gak penting lah. yang penting kan bedah bukunya belum..
langsung duduk di bagain belakang (cuma itu kursi yang tersisa)

selesai ceremonial pelantikan, Asqalani baca puisi. wedeh.. persis penyair beneran deh... suaranya juga lantang bikin merinding. aku akui mentalnya besi banget (bukan baja lagi)
adik aku sampe tanya "nggak malu dia tu kak?"
nggak tau, udah biasa kali.

masuk ke acara bedah buku nya. moderator agak kurang menarik, bikin ngantuk, ibu penulisnya juga ngomongnya terlalu cepet, tapi berisi. dan beliau ngomong singkaat, padat. tiba saat pa pung jadi pembanding. baru agak menarik.. suaranya jelas dan peserta di dongengin isi novel (nggak perlu beli lagi deh, waktu pa pung ngedongeng pasti ibu penulis mikir "aje gile ni si Joni, isi buku gue dibeberin semua")

jadi dalam buku itu (hm.. tulis gak ya disini... enggak usah deh)
intinya novelnya bersetting mekkah, dan tentang cinta gitu deh, novel itu ditulis setelah ibu penulis (namanya bu riada, ato Roidah) balik dari haji, beliau udah menulis 18 buku. dan setelah naik haji beliau memutuskan untuk menulis genre reliji. lahir lah buku ini dalam sebulan (tadi ada peserta yang nanya, "berapa tahun ibu menyelesaikan buku ini?" si Ibu menjawab "sebulan," kaget semua)
isinya memang banyak mengenai rukun-rukun haji, yang mirip-mirip buku tuntunan haji deh, tapi ada unsur fiksinya, biar yang baca nggak bosen kata ibu itu. salut juga nih.
kalo didengar dari dongengan pa pung, ceritanya asik juga nih, tapi masih banyak klise kayak ketemunya karna nolong bawa belanjaan, dll.
tapi pa pung menyimpulkan tips dari buku ini. yaitu

4 SENJATA DAPAT JODOH :
1. doa
2. Ikhtiar
3. Restu
4. Keberanian

ternyata dari buku setebal itu pa pung ngambil inti nya yang cari jodoh (maklum masih jomblo)haha

yang serunya waktu ada seorang Bapak yang ikutan bertanya, sebenarnya bapak itu nggak niat ikutan bedah buku, tapi karena anakny lagi ikutan lomba juga di gedung itu, dia masuk deh ke ruangan bedah. dan dia ikutan mendengarkan dengan baik, di akhir sesion beliau bertanya, lebih tepatnya berkomentar, atau ceramah, atau lebih tepatnya lagi mengkritik.
isi kritikannya pertama ada di judul. kenapa judulnya "ketika cinta bertabur di langit mekkah" kenapa nggak 'bertumbuh',kenapa nggak di Medan, kasian Mekkah keberatan. udah banyak yg nulis tentang itu. terus si Bapak yang nampaknya non muslim (kesotoyan gw) juga protes, kenapa novelnya tentang religius melulu, sedangkan dulu waktu SMK, beliau belajar sastra bahwa sastra itu sosial. jadi bukan hanya agama saja. bahas kek isu politik, atau masyarakat pedalaman-pedalaman yang primitif. tak tanggung si Bapak juga mencerikatan kiprahnya di dunia hukum, di aceh, dll. cukup memakan waktu sampai-sampai moderator minta dipersingkat 'ceramahnya'.hoho
seru juga sih.. tapi penulisnya menjawab singkat padat dengan jawaban yang men SKA' mat si Bapak. penulis di lawan..

selesai acara, inilah yang aku tunggu-tunggu. kuis berhadiah. tentu saja hadiahnya buku...!!

pertanyaan pertama..
MC menyebutkan latar belakang Pa Pung Joni Lis Efendi dengan berbagai gaya (aku curiga mas MC tadi adiknya Fenny Rose, mirip banget waktu bilang Pemmirrsaa...)
aku pikir bakal ditanya TTL pa pung nih, atau tentang WR, eh bener, si MC bilang
"Joni Lis Efendi mendirikan sebuah.." si mas MC masih bingung nyari kata-kata yang pantas aku udah tunjuk tangan. langsung deh di tunjuk. dengan lantang dan sedikit nervous aku jawab.
"Kak Joni mendirikan WRITING REVOLUTION"
eh si mas MC malah nanya, bisa dijelaskan Writing revolution itu apa, apakah sebuah pembantaian sapi"
aku rebut lagi mic ditangannya
"Writing revolution itu sebuah kederisasi dalam bidang penulisan, ada SMPO, SMCO, (sambil nyengir) dan saya adalah anggotanya (ketawa lebar bangga).

wah bersorak deh penontonnya, untung aja aku nggak bilang " sekarang ada diskon loh, ada parcel untuk sahabat, buat yang mau bergabung silahkan hubungi...dst." haha.. ini bedah buku apa iklan.

dapet deh buku di tangan, tapi tipis dan bukan novel (dasar nggak besyukur) aku ngiler liat buku yang masih dimeja itu tebel banget.

pertanyaan selanjutnya, dari Pa pung:
"nomor berapakah gedung Erlangga ini?"
eh aku spontan nunjuk dan menjawab "98"

emang bener kok no.98 soalnya waktu tadi pagi mau berangkat aku baca baik-baik brosur online nya.. supaya nggak nyasar. tapi aku kan udah dapet, seandainya boleh maruk..hehe

pertanyaan selanjutnya..
'apakah gelar Joni Lis Efendi?" aku pikir, wah setauku PP nggak selesai kuliahnya. apa pernah kuliah di tempat lain lagi ya.
tapi itu cuma beberapa detik, ternyata MC bilang lagi nama lain, alias nama pena. ya aku tau donk. wong guruku sendiri. cepet-cepet aku bisikin ke adikku dan ngangkat tangannya. tapi dasar pemalu dia nggak mau, aku paksa-paksa aja sampe akhirnya MC liat dia dan nunjuk. mampus deh. mic pun disodorkan ke tangannya. dia jawab dengan lembut
"Nurrahman Efendi"

MC bertanya pada si empunya nama
'benar Pak?"
hmm.. gimana ya..lupa-lupa ingat, bener mungkin" kata Pa pung bikin adek aku deg-degan.
masih banyak pertanyaan-pertanyaan ngaco lainnya, yang jelas aku dan adikku nggak boleh jawab lagi lah.haha.. maruk banget..

akhir acara, orang-orang pada minta ttd ibu penulis. aku diem aja melongo. wong aku nggak beli bukunya, tujuan utamaku bukan buku itu. hehe.. lagian isi bukunya udah di diongengin ama Pa pung, sampe endingnya malah.

aku melirik-lirik ke arah pa pung yang lagi sibuk ngobrol serius ama pihak Erlangga (mungkin) dan aku bagaikan anak yang udah nggak sabaran minta beliin Es cream nanti takut keburu abang es nya pergi. ku siapkan pena untuk minta tanda tangan dan stand by kan kamera handphone. aku tunggu dengan sabar sampai akhirnya Pa pung menyapaku

"Foto kita Sah" (lupa tadi persisnya bilang apa)
"tolong fotokan dong, genk WR nih" kata pa pung, ada asqalani, aku, dan seorang anak kelas cerpen, namanyaa...hm... lupa!

hore, teriakku dalam hati. aku juga pamerin novel tebal hadiah kuis tadi loncat-loncat di depan pa pung. alamak! ku perlihatkan juga ke asqalani novel tebal hadiah itu sambil bertanya
"dapat apa?"
dia hanya mengkerut menjawab "aku nggak dapet"
hehe.. telat nunjuk tangan mungkin.

pa Pung oun mengeluarkan novel "Persembahan Cinta Dari Surga"nya dari dalam tas, dan menandatanganinya tanpa aku suruh.
"Lho? siapa yang minta tanda tangan yah?" kataku ceplas-ceplos
pa pung langsung menutup buku itu, aku pun lagi-lagi loncat-loncat membujuk supaya jadi di tanda tangan. ehehehe
"tulis Risah ya" kataku, maksudnya ada tulisan apa kek gitu pesan dari penulis.
eh beneran di tulis

29Juni2011
Risah
(ttd)
Joni Lis Efendi

gitu doank... yah.. penonton kecewa. yah nggak apa-apa lah. penting dapet buku dan ttd nya. hore... nggak sabar mau pamerin keliling kampung. wkwkw...

ceprat...cepret.. kamera-kamera beraksi.. ternyata pa pung bawa kamera digitalnya. jadi banyak deh kamera dimana-mana, adikku jadi fotografer dadakan (emang untuk itu gunanya dia dibawa). aku juga minta fot berdua ama pa pung, langsung deh tuh pada nyorakin, yey, minta foto ama penulis kok.

cpret..

aku lihat hasilnya, yah, kejauhan, ulang donk. hehe..

beberapa kali ulang. terakhir asqalani minta di foto berdua juga ama pa pung pakai HP nya, pinjem buku hadiahku buat mejeng.
yang lucunya waktu foto rame-rame, asqalani juga minta difotoin pake kamera handphonenya. waktu adikku ngambil HP nya, eh cassing belakangnya copot, kami ngakak bersama. haha
aku nyeletuk "ada kameranya nggak tuh"
tega bener dah ah.. ampun coy..
eh betewe, umurnya 2 tahun di atas ku
ampun bang... ihihi...

suasana penuh tawa pun berakhir, aku pulang dengan senyuman bangga dapat buku gratis, pergi dengan modal 30.000 (bayari sofi juga) pulang dengan hasil ilmu yang semoga bermanfaat dan tentunya buku yang harganya mungkin kalau di kalkulasikan di atas 150.ribu. alhamdulillah...

waktu aku jemput adek di rumah oom, eh dikasi lagi duit jalan cepek. jadi juga aku beli novel diskonnya afifah afra. hore...
huft.. capek curhat kepanjangan.hehe.. maklum penulis kacangan.haha..

sekarang saatnya baca novel.. tunggu resensinya ya.. ^_^

26 Juni 2011

me vs sista

heran, kenapa adek gw selalu ngiri ama gw. dari zaman gw sekolah jauh ampe sekarang. dia itu kebalikan gw banget deh. introvert. sedangkan gw rame, supel dll. (muji). dia penakut, sedangkan gw nekat, gw baca diary nya ternyata dia iri karna gw cantik? ha? gak salah? cantik dari hongkong? siapa juga yang tau kalo dia adek gw pasti kaget dan bilang.
"Hah? ini adeknya Icha?" kok nggak mirip? cantikan adeknya.
makanya gw males jalan sama dia. tapi kalo nggak ada temen ya ajak dia juga deh ujung-ujungnya.

di diarynya dia juga nulis iri sama gw yang pinter. pinter dari manalgi coba. gw belum punya prestasi apa-apa. disekolah gw cuma rangking, nggak juara. sedangkan dia selalu juara. belum lagi prestasinya di luar sekolah ikut MTQ. bawa piala pulang. di cuim bokap gw yg biasanya jarang ngomong sama anak-anaknya.
heran...

setiap liburan dia pulang, gw selalu baca status-status ny yang membosakan kayak "aduh bt" atau "selalu begini liburan, bosen"atau " sedih liburan"

padahal dia di rumah baik-baik aja. mau kemana juga gw yang anter (ojek).
baru-baru ini dia nggak betah lagi di pondok, pengen pindah ke SMA. udah jelas mondok bagi anak-anak ummi hw itu hukumnya wajib, tapi demi dia ummi gw nangis mulu,, gimana kagak, mikirin dia yang nggak mau makan di pondok. apapun dikasi deh sama ummi gw, lagi-lagi gw yang kocar-kacir bolak-balik ke pondoknya. yang kurang lebih 60 kilo itu.
kurang apa coba gw sebagai kakak?

malam ini semua pada nginep di rumah tante gw yang punya baby, tentu aja atas permintaan dia nih. tadi ummi gw yang ngantar sore-sore kesana, eh mungkin kemaleman, ummi jadi nginep disana deh. gww tinggal ama bokap di rumah. garing banget. tau deh nih besok bangun jam berapa.

kadang gw juga heran kenapa gw bisa beda banget ama adek gw yg satu ini. 180 derajat bedanya. tapi gimanapun dia gw tetep sayang dan bangga punya adek kayak dia.


masih banyak nih uneg-uneg, tp capek ngetiknya :(

ni dia nih orangnya.. cantik ya?

Aku Yang Terbuang

Hari ini semua penghuni rumah bahagia menyambut kedatangannya. Si cantik yang lucu. Semua menyukainya. Bahkan Mama memanggilnya “anakku”. Betapa bahagianya dia, baru satu hari kedatangannya dirumah mewah ini, tapi perhatian semua tertuju padanya. Ia dibelikan baju-baju cantik, diberi makan mewah yang harganya bisa ditukar dengan sebuah sepeda si kecil Yoyo. Bahkan ia juga diberi tempat buang hajat, terbuat dari batuan asli dari sungai yang berisikan pasir lembut pilihan. Hidupnya kini sempurna bagai putri.



Belum lagi kamarnya yang sengaja disiapkan oleh Mama. Letaknya dibawah tangga. Gordennya berwarna pink manis, alas tidurnya kain sutra yang lembut. Mama sengaja seharian mengelilingi mall untuk mencari box tempat tidur yang sesuai ukurannya. Mama benar-benar ingin membuatnya nyaman.



Sejak acara ulangtahun Mama tadi malam ia hadir dirumah ini. Mama memberinya nama dayma yang berarti hadiah Birthday Mama. Kadang Mama sering memplesetkan namanya dengan diamond. Ah begitu berharganya ia bagi Mama. Kata Mama dia adalah hadiah dari salah satu mantan pacarnya waktu SMA. Ya ampun Mama.



Sedangkan aku? Aku siapa? Aku hanyalah kucing kampung yang kurus, keriput dan tua. Lengkap dengan bulu-bulu yang tidak halus. Dari dulu aku tinggal di rumah ini, sebenarnya hanya aku saja yang mengaggap begitu, karena Mama sangat benci padaku. Tapi yang membuatku betah adalah si kecil Yoyo yang diam-diam selalu memberiku makan. Yoyo si kecil anak kelas II SD itu sayang sekali padaku, mungkin karena dia anak bungsu. Setiap ia pulang sekolah aku menyambutnya di depan pintu



Sebenarnya waktu datang kesini aku dalam keadaan sakit, tulang punggungku ditendang preman pasar. Di malam yang dingin aku merintih kesakitan sambil menyusuri jalan, dan sampailah aku di depan gerbang rumah mewah ini. Hujan turun lebat aku masih bertahan disini, di bawah pot bunga besar. Keesokan paginya, barulah Yoyo menemukanku, ia memelukku hangat dan memberiku makanan yang sudah lama ku idamkan, ikan bakar. Hm.. yummy…



Sejak itulah aku enggan pergi dari rumah ini, walaupun kerap Mama menendangku jika ketahuan aku berada di bawah meja makan, walaupun perutku merasakan sakit yang luar biasa karena dipukul dengan sapu, walaupun kepalaku sering pusing karena Mama memukulku dengan tongkat bisbol, walaupun sering aku harus berjalan pincang, tapi aku tetap disini. Aku mencintai rumah ini. Menemani Yoyo yang sering kesepian.

*****



“Dayma… diamond ku sayang… pus.. ck..ck..ck..” Mama memanggil si dayma yang pemalas itu. Hari-hari kerjaannya hanya berbaring didepan TV. Dikursi berukuran khusus yang disediakan untuknya.



“Yoyo… mana anak Mama satu lagi?” tanyanya pada Yoyo yang sedang asik bermain yoyo.

“Siapa ma?” Yoyo balik bertanya heran.



“Aduh, siapa lagi, ayo cepat bantu cari!” kata Mama sambil membawa keranjang tidur dayma yang kosong.



Huh, kemana lagi ia hari ini? Oh! Aku tau! Pasti ia ke rumah tetangga sebelah yang punya kucing Persia jantan. Huh! Genit sekali! Belum tau aja, Persia itu adalah mantanku! Seenaknya ia menghamiliku dan pergi begitu saja! Tak bertanggung jawab! Kini si dayma malah selalu mendekat kesana. Dasar ganjen!



Ku lihat Mama memasuki rumah kucing Persia itu, dan benar saja, Dayma yang genit ada disitu, kini ia pulang dalam gendongan Mama. Dayma sempat melirik sinis padaku. Bangga sekali dia bisa berhubungan dengan kucing jantan itu. Uh! Lihat saja nanti, Persia playboy menghianatimu. Aku yang pertama kali tertawa melihatmu menderita.



“Ck..ck..ck.. pus…” Yoyo memanggilku. Aku berlari mencari sumber suaranya. Ternyata ia sedang makan siang, aku mengelus-ngelus kakinya dari bawah meja. Ia menunduk dan memberikanku ikan sisa makanannya. Biarpun sisa aku tetap menikmatinya, lagipula ini bukan hanya tulang, masih tersisa daging disana. Aku menyantapnya lahap.



“Yoyo.. Yoyo…main yuk..” terdengar suara teman-teman yoyo memanggil di depan. Biasanya aku akan mengikutinya, tapi kali ini makananku belum habis, dan aku masih sangat lapar.



Yoyo bangkit dari kursinya, mengambil topi yang digantung dan melangkah ke luar. Menyambut teman-temannya. Mereka pergi dengan sepeda, aku masih saja mencoba mengunyah tulang-tulang ini agar bisa masuk ke tenggorokanku.



Tiba-tiba aku tersedak, aku tulang itu tersangkut di tenggorokanku. Sakit sekali. Aku berusaha mengeluarkannya, suaraku seperti mendengkur. Aku berlari-lari mengelilingi dapur, panik. Bagaimana cara mengeluarkannya. Aku melompat-lompat kesakitan. Ku coba menengadahkan kepalaku tetap saja tulang sial ini melekat di dinding tenggorokanku. aku coba memuntahkannya.



“Khork.. Urgh… Huekk…!!!” akhirnya tulang itu keluar, dan tentu saja seluruh makanan yang tadi kulahap juga keluar, sia-sia aku mengunyahnya dengan susah payah, kini kepalaku terasa berputar.



“Dasar kucing sial..!! beraninya muntah disini!” Mama yang baru saja datang melihat hasil kerja keras ku terpampang di lantai dapur. Aku meringkuk di bawah meja ketakutan.



“Awas kau kucing kampung! Hush..hush..” Mama menyodokku dengan sapu. Aku tetap tak bergeming, takut dipukul.

“E..e..e.. malah diam aja disitu!”

Mama menusukkan sapunya ke arah perutku yang kosong. Aku mulai ambil ancang-ancang utnuk berlari, menghindari Mama yang siap menghajarku.



Ketika mama menundukkan kepalanya ke bawah meja, aku sudah berlari keluar kearah pintu belakang. Tapi, ah! Terkunci. Mama sudah berdiri di belakangku.



“Plak..Plak… bug..”



Sapu itu mengenai kakiku, aku berjalan pincang kesakitan, ingin sekali berlari, tapi sapu itu tepat sekali mengenai tulang keringku. Mama memukulku tanpa ampun. Aku masih sempat berpikir, seandainya Yoyo di rumah, tak kan dibiarkannya aku disiksa begini.



Setelah puas menghajarku Mengangkatku ke lantai 2 dan mencampakkanku dari atas, aku jatuh se semak belukar dibelakang rumah dengan badan remuk. Mama kembali ke dapur dengan sumpah serapah berterbangan dari mulutku, entah untuk siapa, yang jelas aku tak bisa lagi berdiri, kepalaku rasanya ingin pecah, karena sapu itu tadi juga sempat mendarat dikepalaku. Aku tergolek lemas.



“Meong…meong..” si centil Dayma duduk di pelataran lantai 2. Menatapku iba. Uh, aku tak butuh kasihan darimu. Karena kau lah aku jadi begini. Semenjak kedatanganmu aku diacuhkan Mama. Aku memang hanyalah seekor kucing kampung yang tak layak tinggal dirumah ini. Selamat tinggak yoyo, selamat tinggal semua. Aku akan kembali ke jalanan. Menyusuri pertokoan, mencari makan di tong sampah dan tempat pembuangan. Karena inilah aku, kucing kampung yang terbuang.



*cerita ini di ikutkan iven animal buse untuk Fitri (DL nya udah lewat, jangan ditanya)

dimaksudkan supaya jangan ada lagi kucing yang disiksa, karena kita sama-sama makhluk tuhan.

Daftar akhir peserta GPP di Leutika

Terimakasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti event GPP. Berikut ini daftar peserta GPP terakhir yang ditutup tanggal 24 Juni pukul 00.00 yang lalu. Untuk peserta yang beruntung mendapatkan buku gratis dari leutika akan diumumkan pada tanggal 1 Juli. Jadi jangan diganti dulu PP-nya ya…



Aarth Schafer Hutabarat
Abdullah Husein
Ahmad Nyenyu
Aina Al-Azmi
Aina Naomira
Atho' El-rahman
Bela Belia
Biolen Fernando Sinaga
Boneka Lilin

10. Chilvi Chilibra



11. Danney Dunis

12. Deki Firmansyah

13. Dhea Septiany Asieh

14. Dhia Fajar

15. Dodi Muhammad Hidayat

16. Dyah Apriliani D'backpacker

17. El Fietry Jamilatul Insan

18. Eric Keroncong Protol

19. Eva Dina Chairunisa

20. Fauziah Harsyah Butet



21. Fiikaa Rafika

22. Fitria Nia

23. Fu Da Sudiro

24. Garin 'ririn' Rahma Winanti

25. Ghiyats Ramadhan

26. Heimlichen Verehrer

27. HiLman ElWafie

28. 'Hypoglossus Juni Hurairah (FB prio)

29. Ichsan 'kidnep' Effendi

30. Ina' Sheezma



31. Jheane Anggraini

32. Khaura Nikayla Maezha

33. Kirana Muflima

34. Lisda Meriska

35. Lisna Ismi

36. Loryta Chai

37. Lutfi Shoviana Kesa

38. Mahsunah Binti Muttaqin

39. May Dhea Kudo-chan

40. Maya Ananda



41. Menantang Matahari

42. Mey Zusana

43. Meyla Nurul Hidayah

44. 'Minnie Allycia'

45. Muhammad Husein Lisan Shidqi

46. Muhammad Yunus

47. Murti Yuliastuti

48. Nama Ku Yuyun

49. Nasta'in Achmad

50. Nenk Nurul Ainy Ramadhainy



51. Nenk Rosita

52. Ngekngok Cemen

53. Ngoek Dump

54. Nina Haliana

55. Nuri Darifa Alnur

56. Nurul Aaliyah

57. Oktaviani Ratu Menrosa

58. Peku Mayou

59. Pena Borealis

60. Persewaan Buku Zamie



61. Qotrun Nada

62. Raudhah El Haura'

63. Rihan Alveo

64. Riri Agrimony

65. Risah Icha Azzahra (FB prio)

66. Rivanti Dwi Kahfani

67. Rizky Matumona

68. Rurin Kurniati

69. SaRizta Wati

70. Siami Khadijah Maysaroh



71. Siti Kholifatur Rizkiah

72. Sja-siti Jumaroh Aji

73. Sufi Hidayati

74. Ten Yopi

75. Tona Rose Sitio

76. Vana Pinkerz

77. Viex Mexez

78. Vita Sophia Dini

Daftar akhir peserta GPP di Leutika

Terimakasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti event GPP. Berikut ini daftar peserta GPP terakhir yang ditutup tanggal 24 Juni pukul 00.00 yang lalu. Untuk peserta yang beruntung mendapatkan buku gratis dari leutika akan diumumkan pada tanggal 1 Juli. Jadi jangan diganti dulu PP-nya ya…



Aarth Schafer Hutabarat
Abdullah Husein
Ahmad Nyenyu
Aina Al-Azmi
Aina Naomira
Atho' El-rahman
Bela Belia
Biolen Fernando Sinaga
Boneka Lilin

10. Chilvi Chilibra



11. Danney Dunis

12. Deki Firmansyah

13. Dhea Septiany Asieh

14. Dhia Fajar

15. Dodi Muhammad Hidayat

16. Dyah Apriliani D'backpacker

17. El Fietry Jamilatul Insan

18. Eric Keroncong Protol

19. Eva Dina Chairunisa

20. Fauziah Harsyah Butet



21. Fiikaa Rafika

22. Fitria Nia

23. Fu Da Sudiro

24. Garin 'ririn' Rahma Winanti

25. Ghiyats Ramadhan

26. Heimlichen Verehrer

27. HiLman ElWafie

28. 'Hypoglossus Juni Hurairah (FB prio)

29. Ichsan 'kidnep' Effendi

30. Ina' Sheezma



31. Jheane Anggraini

32. Khaura Nikayla Maezha

33. Kirana Muflima

34. Lisda Meriska

35. Lisna Ismi

36. Loryta Chai

37. Lutfi Shoviana Kesa

38. Mahsunah Binti Muttaqin

39. May Dhea Kudo-chan

40. Maya Ananda



41. Menantang Matahari

42. Mey Zusana

43. Meyla Nurul Hidayah

44. 'Minnie Allycia'

45. Muhammad Husein Lisan Shidqi

46. Muhammad Yunus

47. Murti Yuliastuti

48. Nama Ku Yuyun

49. Nasta'in Achmad

50. Nenk Nurul Ainy Ramadhainy



51. Nenk Rosita

52. Ngekngok Cemen

53. Ngoek Dump

54. Nina Haliana

55. Nuri Darifa Alnur

56. Nurul Aaliyah

57. Oktaviani Ratu Menrosa

58. Peku Mayou

59. Pena Borealis

60. Persewaan Buku Zamie



61. Qotrun Nada

62. Raudhah El Haura'

63. Rihan Alveo

64. Riri Agrimony

65. Risah Icha Azzahra (FB prio)

66. Rivanti Dwi Kahfani

67. Rizky Matumona

68. Rurin Kurniati

69. SaRizta Wati

70. Siami Khadijah Maysaroh



71. Siti Kholifatur Rizkiah

72. Sja-siti Jumaroh Aji

73. Sufi Hidayati

74. Ten Yopi

75. Tona Rose Sitio

76. Vana Pinkerz

77. Viex Mexez

78. Vita Sophia Dini

25 Juni 2011

POSTING COVER BUKU KUMCER "UNFORGIVEN" BERHADIAH

Bismillahirrahmanirrahim.



Salam Semangat!! Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan buku KumCer UNFORGIVEN secara gratis, COBA DEH ikuti ketentuan berikut ini:

Add akun FB EL Kinanti bagi yang belum menjadi teman FB. Klik dihttps://www.facebook.com/home.php?sk=group_165731113482130&id=183074545081120#!/profile.php?id=1785278495
Posting foto/cover sinopsis KumCer UNFORGIVEN di FB masing2 beserta materi lomba.
Tag minimal 25 orang (termasuk EL Kinanti)
Deadline 31 Agustus 2011
Akan diundi 2 peserta yang beruntung untuk mendapatkan Kumcer UNFORGIVEN (tidak memandang hubungan pertemanan/teman dekat).

Pengumuman pemenang pada tanggal 10 September 2011 di note FB EL Kinanti.



ஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜஜ۩۞۩ஜ



Judul Buku : UNFORGIVEN

Penulis: EL Kinanti

Jenis Buku : Kumpulan Cerpen

ISBN: 978-602-9079-34-0

Tebal: iii+85 hlm

Terbit: Maret 2011

Harga: Rp. 38.000 (exclude ongkir)



SINOPSIS



UNFORGIVEN adalah buku kumpulan cerpen buah karya EL Kinanti yang bernama asli Eniya Linda Kinanti. UNFORGIVEN menurunkan tujuh buah cerpen dengan tema yang variatif, yang salah satunya adalah berjudul UNFORGIVEN. Masing-masing cerpen memiliki sisi menarik yang saling berbeda. Penggalian makna dari sebuah kehidupan manusia yang beragam, lengkap dengan episode bahagia, sedih, bête, terlukanya hati atau bahkan konyol.



Setiap kata dan kalimat meluncur deras tanpa dipaksakan, alami dan apa adanya. Justru menimbulkan konflik pemikiran yang sungguh beragam bagi pembacanya. Setiap akhir cerita akan diserahkan kepada sisi pemahaman sang pembaca untuk menyimpulkan sendiri.



UNFORGIVEN menceritakan tentang pencarian jati diri seorang anak terhadap fakta hidup yang dihadapinya. Meski pencarian itu harus ditempuh dengan cara berlayar hingga langkahnya terpuruk di depan mesjid St.Petesburgh (Masjid Biru) di Rusia. Di sanalah semua rahasia terungkap meski segalanya telah terlambat. Namun belum, untuk satu hal yang harus ia kejar…



DAN MASIH ADA LAGI beberapa cerpen lain di dalamnya yang berisi variasi kisah, dengan judul-judul yang mengilik-ngilik rasa penasaran Anda. Dan isi yang juga menarik tentunya. Cobalah temukanUnconditional Love di dalamnya, lalu Dear My TDS alias Titisan Dari Surga, Wajahmu Mengalihkan Duniaku serta The Guy Who Found His Love. Dan beberapa buah cerpen lainnya. Semuanya menarik, enak dibaca dan perlu.



(^_^)/ PS : Ppsssssttt… Buku ini bisa di pesan melalui website Indie Publishing atau klik link inihttp://www.pro.indie-publishing.com/archives/221 dan bisa juga INBOX FB Indie Publishing dengan subjek PESAN BUKU UNFORGIVEN atau SMS ke 0856 9477 1764.



CEPAT MILIKI BUKUNYA, DAN IKUTI LOMBA SELANJUTNYA. LOMBA RESENSI BUKU UNFORGIVEN.

LOMBA EKSPRESIKAN IMPIANMU MENJADI PENULIS: MENGINSPIRASI DUNIA DENGAN MENULIS ....

LOMBA EKSPRESIKAN IMPIANMU MENJADI PENULIS: MENGINSPIRASI DUNIA DENGAN MENULIS ....



Prosedur:

Dalam bentuk kisah atau cerita sejati dari impianmu menjadi penulis untuk bisa menginspirasi dunia.
Setiap peserta hanya boleh mengirim satu tulisan.
Panjang tulisan 200-300 kata.
Cantumkan judul tulisan.
60 Kisah Sejati Pilihan akan dibukukan di LeutikaPrio.
TERBUKA UNTUK UMUM dan Anggota Writing Revolution.
10 Kisah Terpilih BERHAK mendapatkan beasiswa SEKOLAH MENULIS CERPEN ONLINE (SMCO), sertifikat, kartu anggota WR serta berhak ikutan dalam berbagai buku antologi Writing Revolution (WR) dan lomba khusus bagi warga WR lainnya.
Jika dia sudah tercatat sebagai peserta SMCO, beasiswa yang diterimanya bisa dihadiahkan kepada sahabat, saudara, teman atau kenalannya.
Iven ini berakhir sampai 30 Juni 2011 pukul 23.59 WIB.
Tulis Judul Email: Menginspirasi Dunia - Nama Penulis
Tulis Judul File Tulisan: Judul Tulisan - Nama Penulis
Tag informasi ini minimal kepada 20 Teman termasuk Joni Lis Efendi II, dengan mencantumkan Logo Writing Revolution (lihat gambar di bagian bawah info ini)
Tulisan dikirim ke email: AntologiWR@gmail.com
Biodata deskripsi ditulis di bagian bawah tulisan maksimal 88 kata.
Sponsor kegiatan ini adalah SEKOLAH MENULIS CERPEN ONLINE (SMCO) WRITING REVOLUTION.
Info lengkap SMCO klik: www.menulisdahsyat.blogspot.com atau www.writing-revolution.com
Sebarkan informasi ini kepada sahabat, teman dan kenalanmu yang hobi menulis.



Koordinator Lomba:

Shitie Fatimah Maniezz (Warga WR 01)
Risah Icha Azzahra (warga WR 04)

Jika ada pertanyaan tentang lomba ini silakan hubungi koordinator lomba.

Pohon Rambutan (iven Pohon Favoritku oleh KPS)

Aku suka pohon rambutan, karena dengan buah rambutan itulah aku bisa berbagi. Berbagi dengan tetangga, saudara, teman, bahkan pedagang buah agar ia meraup keuntungan lebih.
Aku juga suka pohon rambutan karena buahnya manis, dan karena hanya disebabkan ada pohon rambutan ini dirumahku teman-teman mau berkunjung. kalau tidak ada pohon ini teman-temanku enggan berkunjung meskipun itu hari raya. Alasan mereka karena rumahku jauh. Memang benar, tapi apabila Rambutan berbuah, mereka tak segan-segan datang meramaikan rumahku untuk panen rambutan. membuatku senang riang gembira.
Aku suka pohon rambutan, karena aku pun bisa membawa pacarku ke rumah dan mengenalkannya pada orangtuaku, dengan alasan awal panen rambutan.



*************************************************************************

Event : Pohon Favoritku

Bismillahirahmanirrahim
Menyambut kelahiran Kumcer Perdana KPS “Pohon Keberuntungan”, Komunitas Pena Santri didukung LeutikaPrio mengadakan Event Pohon favoritku berhadiah buku dan Pulsa. Simak ketentuannya:
1. Sebutkan pohon favorit Anda beserta alasannya. Boleh pohon dalam arti sesungguhnya, misal : “Saya suka pohon kelapa, semua bagiannya berguna, dari akar hingga daunnya”. Boleh juga pohon dalam makna kias, misal : “Aku suka pohon rindu. Di bawah rimbun daunnya aku selalu menunggu sinar harapan, takzim!”
2. Lampirkan (Copy-Paste) info event ini beserta Hot News dan Cover “Pohon Keberuntungan” (Pilih salah satu cover).
3. Posting di catatan FB atau Blog. Untuk catatan FB tag minimal 15 teman, kemudian tautkan link catatan anda di dinding Grup KPS (Komunitas Pena Santri). Untuk Blog, daftarkan (registrasi) ke inboks akun FB Komunitas Pena Santri dengan menyebutkan, a. Nama Asli. b. Nama di Facebook. C. Alamat Blog (Link Blog).
4. Event ini berlangsung sampai 30 juni 2011.

Hadiah :
1. 5 Orang yang beruntung (3 catatan Fb dan 2 blog) berhak mendapat masing-masing satu buku terbitan Leutika Publisher (Judul Boleh Memilih).
2. 4 orang lain (2 Fb, 2 Blog) Berhak mendapat voucher pulsa @ Rp. 10.000.

Dinding Grup KPS (komunitas Pena Santri) :
http://www.facebook.com/group.php?gid=237432105401

Akun Fb Komunitas Pena Santri :
http://www.facebook.com/profile.php?id=100000760083208
Nb : Salah satu aspek penilaian adalah keunikan jawaban.

Mari Berpartisipasi. Salam Pena.
Komunitas Pena Santri, www.pena-santri.blogspot.com & LeutikaPrio, www.leutikaprio.com
Ssssttt! InsyaAllah nanti akan ada event khusus untuk pembeli dan pembaca Kumcer “Pohon Keberuntungan” ini , so… jangan ragu, beli bukunya ya!

****
HOT NEWS

Telah terbit di LeutikaPrio!!!
Judul : Pohon Keberuntungan
Penulis : Akhi Dirman Al-Amin, Prito Windiarto, Dkk
Tebal : vii + 91 hlmn
Harga : Rp. 27.700,-
ISBN : 978-602-8597-89-0

Sinopsis
Pohon Keberuntungan
Pohon keberuntungan? Sebuah judul yang mungkin membuat penasaran, apa maksudnya? Seperti apa alur cerita? Apakah berkisah tentang pohon berdaun uang, dan memberi keuntungan finansial? Ah… rupanya bukan. Cerpen ini berkisah tentang cinta, cinta yang kembali tumbuh (setelah layu) “berkat” Pohon Keberuntungan. Cerpen bersetting Jogja ini mengajak kita memahami cinta dan harapan.

Pohon keberuntungan adalah satu dari sebelas cerpen dalam Kumcer Komunitas Pena Santri. Didalamnya terdapat dua batang pohon : Pohon Cinta dan Pohon Kehidupan.
Pohon Cinta yang terdiri dari enam cerpen mencoba menghadirkan warna cinta. Keriangan, kebahagiaan, kesetiaan, keharuan, kehampaan bahkan kehancuran karena cinta.
Pohon Kehidupan yang terdiri dari lima cerpen mencoba memotret ragam hidup. Hidayah, Optimisme, Keserakahan, kegalauan, prahara, bahkan kesendirian menyiksa yang dibalut dalam alur apik nan unik.
Ps : Buku ini sudah bisa dipesan sekarang via website www.leutikaprio.com, inbox Fb dengan subjek PESAN BUKU, atau SMS ke 0821 38 388 988. Untuk pembelian minimal Rp 90.000,- GRATIS ONGKIR seluruh Indonesia. Met Order, all!!

Sebagian Royalti akan digunakan untuk pengembangan Komunitas Pena Santri.
Info lebih lanjut, silakan klik www.pena-santri.blogspot.com

18 Juni 2011

suka gosipin seleb/ yuk ditulis, hadiahnya keren-keren loh

LOMBA MENULIS SELEB INDONESIA INSPIRATIF





Dunia seleb/public figure memang tak akan pernah habis untuk dibicarakan. Ada-ada saja ulah mereka. Yang dimaksud seleb disini, tidak hanya terbatas pada kalangan artis yang biasa menghiasa layar kaca dengan peran-perannya. Bisa juga olahragawan, atlet, komedian, politikus, penyair, penulis, presenter, sineas, atau tokoh masyarakat biasa yang memberikan kontribusi positif bagi bangsa sehingga menjadikannya terkenal di Indonesia.

Kadang kita dibuat geram dengan ulah para selebritis yang aneh-aneh seperti para koruptor yang tega menghabiskan uang rakyat, atau para selebritis yang hanya mencari sensasi tak bermutu belaka. Akan tetapi tidak sedikit pula seleb/public figure yang memberikan inspirasi bagi bangsa dengan prestasinya.

Oleh karena itu, saya mengajak siapapun anda untuk berpartisipasi dalam lomba menulis seleb inspiratif.



Syarat dan Ketentuan:

-Syarat Seleb

Seleb yang dijadikan inspirator bebas dari kalangan apapun bisa olahragawan/atlet (Susi Susanti, Bambang Pamungkas,Denny Sumargo, Chris John, Irfan Bachdim, Taufik Hidayat, dll), atau juga dari kalangan politikus (Tantowi Yahya, Angelina Sondakh, Marissa Haque, Bambang Soesatyo, Taufik Kiemas), penulis (Asma Nadia, Andrea Hirata, Habiburrahman El-Shirazy),musisi (Yovie Widianto, Melly Goeslaw, Ariel Peterpan, Dewiq), sineas (Hanung Bramantyo, Mira Lesmana, Deddy Mizwar), aktor & aktris (Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Desy Ratnasari, Tamara Blezinsky, Inneke Koesherawati, Didi Petet), penyanyi (Agnes Monica, Anggun, Ari Lasso), news presenter (Tina Talisa, Putra Nababan, Najwa Sihab), Miss / Putri Indonesia (Artika Sari Devi, Kamidia Radisti, Nadine Chandrawinata, Alya Rohali, Sandra Angelia), atau public figure lain dari kalangan apapun yang paling menginspirasi hidup anda.

Syarat Peserta

Peserta Warga Negara Indonesia tidak dibatasi usia, baik laki-laki ataupun perempuan, dari berbagai profesi yang memiliki kepedulian terhadap public figure Indonesia agar menjadi panutan yang benar-benar layak dicontoh

Syarat naskah

Ditulis dalam Ms. Word (rtf, docx, doc), jenis, ukuran, spasi, margin bebas asal artikel memuat 1000-1500 kata. Tidak lebih dan tidak kurang.
Di akhir naskah cukup tuliskan nama lengkap dan alamat (sesuai tanda pengenal KTP, SIM, Kartu Pelajar) dan no kontak yang bisa dihubungi diutamakan no handphone pribadi

Syaray Khusus

Peserta tidak perlu berteman dengan penyelenggara/panitia
Peserta tidak perlu membuat sinopsis
Peserta tidak perlu memtag info lomba di notes facebook, namun bagi yang mau beramal untuk menyebarkan informasi ini dipersilahkan. (atau copas di blog anda pun boleh)
Tidak perlu like FanPage atau gabung di grup apapun cukup follow twitter penyelenggara di @r4dzML

Syarat Wajib

Peserta membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 15.000, - ke rekening Bank Muamalat Cabang Cikeas Bogor 012 805 4 723 atas nama Martua Raja Lubis
Dengan uang pendaftaran tersebut peserta bisa mengirimkan maksimal sebanyak 3 naskah, apabila peserta menghendaki paket unlimited, peserta bisa mengirimkan sebanyak-banyaknya naskah hanya dengan membayar pendaftaran menjadi Rp. 25.000,
Naskah dikirim ke e-mail raja.goldenboy@gmail.com / lomba.seleb@hotmail.com beserta scan bukti transfer pembayaran
Untuk mempermudah pengiriman naskah juga bisa dikirim via pos ke alamat Jalan R.A Kosasih Gg. Pangkalan RT 6/14 Desa Cisarua Kec. Cikole Kota Sukabumi Jawa Barat 43115, dengan amplop tertutup beserta uang pembayaran. Tuliskan di depan amplop LOMBA MENULIS SELEB INDONESIA INSPIRATIF.
Naskah paling lambat diterima panitia pada 31 Juli 2011 pukul 15.00 WIB (bukan tengah malam lho, jadi jangan saat deadline ya, ngirimnya...)



Hadiah yang diperebutkan

MP3 PLAYER, FLASHDISK, CD LAGU INDONESIA, BUKU BUKU INSPIRATIF, JAM TANGAN dan MERCHANDISE MENARIK





Khusus untuk 2 orang pengirim pertama akan mendapat merchandise menarik dari panitia



Akan dipilih juga 1 orang pemenang favorit mendapatkan merchandise menarik dari panitia yang ditentukan berdasarkan banyaknya jumlah artikel yang masuk ke 100 besar (makanya kirim artikel sebanyak-banyaknya)



Bonus : Insya Allah 100 besar akan dibukuan

Sertifikat elektronik sedang diusahakan (menunggu designernya)



Tunggu apalagi, ayo pilih seleb yang menjadi inspiratif kamu, dan bagaimana dia menginspirasi hidup kamu



Contoh : Jika anda seorang ibu rumah tangga, anda bisa memilih Maia Estianty sebagai seleb inspiratif anda, anda bisa tuliskan bagaimana ketegaran dia menjadi seorang ibu demi anak-anaknya dan lain-lain. Atau seorang jiwa muda yang tak patah semangat, anda bisa memilih Agnes Monica sebagai selebinspiratif , kamu, bagaimana semangat go Internasionalnya Atau anda yang bercita –cita ingin megubah wajah film Indoensia lebih berkualitas, tidak dipenuhi film horror seks, anda bisa memilih Hanung Bramantyo, Nia Dinata, atau Mira Lesmana Atau anda yang bercita-cita duduk di Senayan, anda bisa memilih para tokoh politik Dan lain-lain



Ayo Buruan, jangan sampai ketinggalan, Jadilah warga bangsa yang peduli terhadap public figure agar terus berprestasi dan menjadi inspirator bagi semua kalangan.



http://www.rajaml.co.cc/2011/06/lomba-menulis-seleb-indonesia.html

16 Juni 2011

Sarung Kompi malang

semenjak ada Leppy di rumah. kompi gua nggak ke urus. keyboard nya rusak, mouse nya menggantung tak berdaya. dan yang paling miris. debunya. setelah minggu lalu gw opname ni kmpi butut. akhirnya bisa di pake lagi. dengan kecepatan yang masyaallah! cepat disini maksudnya bisa menghemat waktu. waktu kita make nih kompi, sambil nunggu, bisa sambil ngopi-ngopi. baca novel. saking cepetnya. hebatkan?
yah walaopun gitu-gitu mayan lah buat di gerayanagin adek-adek gw maen game. dari pada leppy gw yg jaDI Korban. eh karna kagak bisa di pasangin modem (saking leletnya). adek-adek gw jadi bosen, yah di anggurin lagi deh tu kompi. berdebu lagi.
oleh karena itu, dengan keprihatinan gw yang sangat dalam. gw berniat bikin sampul kompi biar nggak berdebu dan kusam. sebenarnya ada sih sampulnya, tapi udah berubah warna jadi coklat, padahal aslinya putih. gua buang aja! seperti kata pepatah : ada yang baru buang yang lama. haha

maka gua bekerja keras ngumbek-ngubek lemari jahit ummi gw. nyari kain perca. sian amat yak? yah lumayan lah, dari pada kagak ada sampulnya. dan mulailah gw bekerja keras, gabungin kain perca yang pecah-pecah (namanya juga perca) jadi satu. ini adalah tahap awal proyek gw





setelah berpusing ria nyatuin tuh kain, gw berhasil membuat sebuah SAMPUL KOMPI yang sangat tidak berprikekainan. karena apa? warna nya beda-beda. dan karna susya banget nyatuin dan bikin cengkoknya (baca: sudut) gw asal-asalin aja. asal timpuk, asal sambung. secara tempat bertanya nggak ada. ummi lagi ke imigrasi ngurus paspor. yah dengan ilmu kesotoyan deh gw kerja. maka setelah perjuangan gua 2 jam, jadilah sampul kompi yang sadis seperti ini :



soak pinggirnya. hahaha...
gw udah mulai putus asa dan capek... bingung cara nyatuinnya. gw bawa bertawakal pada allah. sholat dan makan, setelah isi perut kenyang. baru gw lanjutin.
setelah ummi pulang liat ruang tengah ancur lebur dengan kain perca bertebaran dia ngakak. gw heran. ternyata ummi ngakak liat cara gw jahit. duduk jongkok. soalnya gw nggak pake ukur-ukur, langsung tenpelin tu kain ke kompi, sambung pake pentul, jahit. ada yg salah, buka jahitan, ulang tempel ke kompi , jahit. begitu seterusnya. unutng lokasi mesin jahit bersebelahan ama kompi, dipisahkan tembok. waktu umi gw nasehatin, gw baru nyadar. KENAPA DARI TADI GW NGGAK PAKE METERAN? gubrak! udah hampir selesai baru kepikiran.
untuk menyelesaikan pinggiran yang sompeng, baru deh gw bikin pola nya di kertas, dan ngukur kain yang kurang. dan akhirnya selesain juga.
start jam 10.30 berakhir jam 14.30.
dan inilah hasilnya. taraaa......





15 Juni 2011

Andah "si cewe transformasional"

banyak seleb-seleb yang buak tutup jilbab. heran. apa nggak risih ya. kadang alim. kadang pake sexi.. bikin geram..
eh ngemeneg-ngemeng kok aku hobi banget ya ngomongin artis. haha.. berbakat jadi wartawan infotaiment nih. ah ogah. banyak dosa. langsung aja cekidot

kadang-kadang adem banget liat begini



eh tapi kadang-kadang malah begini


kita sih nggak boleh sewot ato apa gitu. hehe.. itu murni HAK AZAZI Mereka. tapi mbok ya jangan mempermainkan jilbab to nduk


sumber :yahoo

14 Juni 2011

Rainie Yang dan Acha

waktu aku nonton film taiwan 'the evil beside you', pertama liat pemeran ceweknya langsung aku inget seorang artis indonesia si Acha.
coba deh liat


ini si Acha

si Rainie Yang

Ai Mei by Rainie Yang Ost' devil beside you taiwan drama

Ai Mei



Ai Mei Rang Ren Shou Jin Wei Qu
Zhao Bu Dao Xiang Ai De Zheng Ju
He Shi Gai Qian Jin
He Shi Gai Fang Qi
Lian Yong Bao Dou Mei You Yong Qi

Zhi Neng Pei Ni Dao Zhe Li
Bi Jing You Xie Shi Bu Ke Yi
Chao Guo Le You Qing
Hai Bu Dao Ai Qing
Yuan Fang Jiu Yao Xia Yu De Feng Jing

Dao Di Gai Bu Gai Ku Qi
Xiang Tai Duo Shi Wo Hai Shi Ni
Wo Hen Bu Fu Qi
Ye Kai Shi Huai Yi
Yan Qian De Ren
Shi Bu Shi Tong Yi Ge Zhen Shi De Ni

[Chorus]
Ai Mei Rang Ren Shou Jin Wei Qu
Zhao Bu Dao Xiang Ai De Zheng Ju
He Shi Gai Qian Jin
He Shi Gai Fang Qi
Lian Yong Bao Dou Mei You Yong Qi

Ai Mei Rang Ren Bian De Tan Xin
Zhi Dao Deng Dai Shi Qu Yi Yi
Wu Nai Wo He Ni
Xie Bu Chu Jie Ju
Fang Yi Han De Mei Li
Ting Zai Zhe Li

from ; www.leoslyrics.com

10 Juni 2011

Biodata Marga T (Seorang penulis Misteri)

ini dia biodata penulis 'BADAI PASTI BERLALU".
karya nya cetak ulang berkali-kali dan 2 kali di filmkan. inget kan film badai pasti berlalu yang di perankan Raihanum dan Vino G bastian?

aku suka banget sama tulisan-tulisannya. diantara yang udah aku baca "SEKUNTUM NOZOMI". bukunya tebel buanget.. ukurannya juga besar. persis diktat ekonomi gitu deh! makanya aku nggak beli, tapi pinjem dari pustaka wilayah. lagian aku ragu buku itu masih ada yang jual. hehe.
juga ada KARMILA. suka banget.
aku juga nggak tau kenapa di panggil "penulis misteri" emang sih cerita-ceritanya nggak bisa ditebak. atau mungkin juga beliau memang pernah menulis cerita misteri (mistik). tau deh.
aku kira beliau itu cowok.setelah nyari fotonya di mbah google eh ternyata cewek. yang aku salut beliau dokter tapi masih sempat menulis. di dalam tulisannya juga banyak ilmu kedokteran. oh iya 1 lagi. di beberapa tulisannya juga sedikit hoooot...hehe. eh, barusan aku nemu bio nya dari fb kak Tova Zein. maaf ya nggak izin dulu. kelamaan sih bales nya. ^_^


untuk Anda penggemar cerita misteri layak membaca biografi seorang penulis misteri Indonesia yang sudah cukup mumpuni dan akrab. Beliau adalah Marga T. Marga Tjoa (lahir di Jakarta, 27 Januari 1943; umur 68 tahun), yang lebih dikenal dengan nama Marga T., adalah salah seorang pengarang Indonesia yang paling produktif. Namanya mulai dikenal pada tahun 1971 lewat cerita bersambungnya, Karmila yang kemudian dibukukan dan difilmkan.

Sejak kecil Marga telah banyak menulis. Karangan-karangannya mula-mula dimuat di majalah sekolahnya. Pada usia 21 tahun, ia menghasilkan cerita pendeknya yang pertama, Kamar 27, yang kemudian disusul oleh bukunya yang pertama, Rumahku adalah Istanaku, sebuah cerita anak-anak, yang diterbitkan pada 1969.

Sebagai penulis, Marga adalah seorang pekerja keras. Ia dapat menghabiskan waktu empat hingga lima jam sehari dalam mengarang. Kedisiplinannya juga tampak dari kegiatannya membaca apa saja. "Masyarakat berhak memilih bacaan yang disukainya, tapi penulis tidak. Ia harus membaca tulisan siapa pun," begitu prinsip Marga. Karena itu ia rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli novel.

Novelnya yang paling mutakhir, "Sekuntum Nozomi", buku ketiga, yang terbit pada 2004, mengangkat kisah seputar tragedi Mei 1998 yang menelan banyak korban khususnya di kalangan kaum perempuan keturunan Tionghoa.


* Hingga kini Marga telah menerbitkan 128 cerita pendek dan 67 buku (untuk anak-anak, novel serta kumpulan cerpen).
* Marga tidak ingin terlalu dikenal masyarakat karena khawatir bahwa ia tidak bisa lagi bebas naik bus atau pergi ke bioskop.
* Marga adalah seorang dokter lulusan Universitas Trisakti, Jakarta. Karena itulah dalam banyak novelnya Marga memperlihatkan pengenalannya yang cukup dalam terhadap dunia medis.
* "Karmila" telah dicetak berulang kali sehingga ia dapat mengumpulkan uang untuk mengunjungi Eropa, suatu pengalaman yang ingin didapatkannya sebelum ia terikat sebagai dokter. Namun dalam kunjungannya ke Eropa itulah ia bertemu dengan seorang insinyur teknik kimia, sesama alumnus Trisakti, yang kemudian menjadi suaminya.

[sunting] Bibliografi

Daftar berikut ini memuat sebagian dari karya Marga Tjoa:

* Sekuntum Nozomi (buku satu hingga keempat) - (2002-2006)
* Dibakar Malu dan Rindu (2003)
* Dipalu Kecewa dan Putus Asa (2001)
* Amulet dari Nubia (1999)
* Dicabik Benci dan Cinta (1998)
* Didera Sesal dan Duka (1998)
* Matahari Tengah Malam (1998)
* Melodi Sebuah Rosetta (1996)
* Dikejar Bayang-bayang (1995)
* Sepagi Itu Kita Berpisah (1994)
* Rintihan Pilu Kalbuku (1992)
* Seribu Tahun Kumenanti (1992)
* Berkerudung Awan Mendung (1992)
* Sonata Masa Lalu (1991)
* Bukan Impian Semusim (1991)
* Namamu Terukir di Hatiku (1991)
* Istana di Kaki Langit (1990)
* Petromarin (1990)
* Waikiki Aloha: kumpulan satir (1990)
* Kobra Papageno: Manusia Asap dari Pattaya (1990)
* Kobra Papageno: Rahasia Kuil Ular (1989)
* Di Hatimu Aku Berlabuh (1988)
* Ketika Lonceng Berdentang: cerita misteri (1986)
* Kishi: buku kedua trilogi (1987)
* Batas Masa Silam: Balada Sungai Musi (1987)
* Oteba: buku ketiga trilogi (1987)
* Ranjau-ranjau Cinta (1987)
* Sekali dalam 100 tahun: kumpulan satir (1988)
* Tesa (1988)
* Sembilu Bermata Dua (1987)
* Setangkai Edelweiss: sambungan Gema Sebuah Hati (1987)
* Untukmu Nana (1987
* Saskia: sebuah trilogi (1987)
* Bukit Gundaling (1984)
* Rahasia Dokter Sabara (1984)
* Saga Merah (1984)
* Fatamorgana (1984)
* Monik: sekumpulan cerpen (1982)
* Sebuah Ilusi (1982)
* Lagu Cinta: kumpulan cerpen (1979)
* Sepotong Hati Tua (1977)
* Bukan Impian Semusim (1976)
* Gema Sebuah Hati (1976)
* Badai Pasti Berlalu (1974)
* Karmila (1971, dibukukan (1973)
* Rumahku adalah Istanaku (1969)

Sudakah Anda mengoleksi buku beliau di bifet lemari buku Anda?







03 Juni 2011

Trik Sederhana Menulis Alur dan Plot Cerita

oleh Joni Lis Efendi

www.menulisdahsyat.blogsot.com



1. Alur Cerita

Alur adalah pergerakan cerita dari waktu ke waktu, atau rangkaian peristiwa demi peristiwa dari awal sampai akhir cerita. Ada alur progresif yang bergerak runtut dari awal sampai akhir (A-B-C). Alur kilas balik (flash back) yang dimulai dari akhir cerita kemudian bergerak ke awal cerita (C-B-A). Dan, ada alur percampuran antar kedua alur yang disebutkan di atas.

Alur dibangun oleh narasi, deskripsi, dialog, dan aksi/laku (action) dari tokoh-tokoh cerita. Alur yang baik akan sangat membantu pembaca untuk menangkap gambaran utuh dari cerita yang disuguhkan dalam novel. Bagi penulis, penguasaan alur cerita sangat menolong agar nggak kehilangan jejak, atau mentok di tengah jalan.



Sebaiknya sebelum mulai menulis dibuat terlebih dahulu draf alur ceritanya. Hal ini untuk memudahkan kita saat menulis nanti. Walaupun begitu, kita nggak diharuskan terlalu kaku memegang draf awal dari alur tersebut. Karena biasanya ketika menulis, pergerakan alur cerita akan berkembang dengan sendirinya.



Kamu bisa menulis draf awal sebuah alur cukup dengan beberapa kalimat aja, paling banyak lima kalimat. Tentunya nggak terlalu ribet, kan. Berikut ini contoh alur dari cerpen "Rindu Banjir" yang dimuat di Majalah Ummi edisi Februari 2010.



Contoh Alur:

Salmah selalu merindukan datangnya banjir.
Salmah mendapatkan haid pertama saat musim banjir tiba.
Emak melarang Salmah bermain sama anak laki-laki.
Marlan, sahabat baik Salmah, kaget dengan perubahan sikap Salmah.



2. Plot

Plot adalah hubungan yang mengaitkan satu kejadian dengan kejadian lainnya sehingga saling berhubungan yang memicu terjadinya krisis dan menggerakkan cerita menuju klimaks (puncak konflik). Dengan kata lain, adanya suatu peristiwa dibenturkan dengan peristiwa lain, yang saling bergesekan sehingga memantik konflik. Plot inilah yang sesungguhnya menggerakan cerita dari awal sampai akhir yang menghiasinya jalannya cerita tersebut dengan ketegangan, konflik dan penyelesaian (ending).



Di dalam plot inilah persoalan-persoalan yang dihadapi para tokoh cerita saling digesekkan, dibenturkan satu sama lain menjadi persoalan baru yang lebih kompleks, diseret ke puncak krisis, lalu dicari pemecahan (penyelesaian)-nya menuju akhir cerita (ending). Plot digerakkan oleh tokoh cerita, gesekan yang timbul karena pergerakan plot inilah yang melahir ketegangan (suspend) yang menyulut api konflik. Kemudian plot yang mengkondisikan tokoh cerita berusaha untuk mencari jalan keluar dari konflik yang terjadi tersebut untuk menurunkan tensinya sampai pada ending.



Contoh plot dalam cerpen "Rindu Banjir"

Salmah mendapatkan haid pertamanya bersamaan dengan datangnya banjir sehingga Emak melarang Salmah bergaul dengan laki-laki termasuk main hujan dan bersampan dengan Marlan. Karena sekarang dia sudah gadis dewasa yang harus menjaga adab pergaulan.
Keinginan Salmah untuk main sampan selama banjir sirna dengan adanya larangan Emak.
Salmah dikurung di rumah selama haid dan tak boleh ke mana-mana.
Marlan, sahabat baik Salmah, heran dengan perubahan sikap Salmah yang terkesan menjauhinya. Sikap Salmah menjadi dingin kepada Marlan, dan Marlan pun akhirnya menjauhinya.

Nah, sekarang timbul pertanyaan, apa beda alur dengan plot?

Beberapa perbedaan antara alur dan plot:

Alur berisi kronologis cerita, walau susunannya bisa maju, kilas balik atau gabungan.
Alur hanya rangkaian cerita dari awal sampai akhir.
Alur bisa dijabarkan dengan gaya narasi, deskripsi, eksposisi dan narasi. Sedangkan plot sebagian besar dengan narasi dan dialog.
Plot adalah pergerakan cerita dari satu kejadian demi kejadian yang saling berkaitan, bahkan terkadang sengaja dibenturkan untuk menimbulkan adanya ketegangan, klimaks (puncak konflik), antiklimak (penurunan konflik) sampai ending.
Alur adalah badan cerita sedangkan plot adalah ruh yang menggerakan cerita.
Alur ada pada jenis tulisan lain seperti feature dan esai. Sedangkan plot khusus ditemukan dalam cerpen dan novel.



Sekarang giliran kamu untuk menulis alur dan plot. Tema kali ini adalah tentang gadis hujan yang selalu merindukan hujan, karena hujan selalu mengingatkannya pada kenangan cinta pertamanya. Walau terkadang dia benci hujan, lantaran cinta pertamannya pun hanyut diseret hujan lebat hatinya.

Nama tokoh dan setting sesuai dengan keinginanmu masing-masing:



Selamat menulis.

calon antologiku. ahay

pengumuman ini aku copas dari kampung wr 04. (grup tertutup)

Assalamualaiakum,

Alhamdulillah, Antologi Asiknya Menulis – Fantasy Fiesta akhirnya selesai juga.

Sesungguhnya kami tidak ingin menceritakan bagaimana sulitnya merampungkan antologi ini, karena di balik kesulitan itu ada sebuah rasa yang sungguh tak bisa diungkapkan. Membaca banyak karya dari penulis-penulis muda seperti teman-teman semua, itu sungguh sebuah kenikmatan tersendiri.



Untuk yang penasaran dengan nama-nama siapa saja yang akan bergabung dalam Antologi perdana WR04 tersebut, silahkan berkenalan dengan para kontributornya ya.



1. Ben Santoso (Kata tak Memilih Siapa)

2. Danny Hendarto (Bidadari Fixie)

3. Danny Hendarto (Sayap Langit Biru – Terbang ke Negeri di Atas Awan)

4. Dhoifurrohmaniyah Thelonelyfairy (Eterna)

5. Dhoifurrohmaniyah Thelonelyfairy (Gaun Merah Kelopak Bunga Ishtarku)

6. Dianna Firefly (Dianna dan Apel Emas)

7. Endang Ssn / Penulis Tamu (Siluet Realitas Cinta)

8. Erlinda Jilly Madhan (Catatan Mimpi)

9. Erlinda Jilly Madhan (Spring Princess)

10. Erlinda Jilly Madhan (Treeshrew)

11. Fatih Faith (Mentari Palsu)

12. Hendro Prawidianto (Menulis Adalah Ibadah)

13. Hylla Shane Gerhana (Draconian Gerhana Biru)

14. Jacinda Malya Zita Daksayini (Jangan takut, Menulislah!)

15. Jihan Bamualim (Mimpi itu Nyata)

16. Jioo Erhyra (Energi Cinta By. Linda)

17. Jioo Erhyria (Sayap Hijau Erhyria)

18. Lentera Al Jazhiran (Siluet Lentera)

19. Levana Surya (Memulihkn Bintang Redup)

20. Lily Husain (Salju di Violet Aurora)

21. Lily Husain (Semangat Menulis)

22. Menghapus Jejakmu (Menulislah, Agar Kau Ada)

23. Petra Shandi (Bukit Semesta Jingga)

24. Rahma Esti (Pensil dan Setrika)

25. Reza Irwansyah (Catatan Hitam)

26. Ria Rahmatika (Cara Gila Menulis di WR)

27. Risah Icha Azzahra (Aku Ingin Menjadi Penulis)

28. Sabil Ananda (Tak Sekedar Inspirasi)

29. Surip Riyanti (Putri Sayap Merpati Biru)

30. Surip Riyanti (Suka Menulis)

31. Teguh Kyuuichi (Curhat Calon Penulis)

32. Yusuf Ichsan Ats Tsaqofy (Menulis vs Bekerja)



Puisi Pilihan :

1. Endang Ssn (Catatan Hati Pejuang Kecil)

2. Fatih Faith (Sajak Persembahan)

3. Hylla Shane Gerhana (Di Empat Sudut Merah Putih)

4. Jacinda Malya Zita Daksayini (Juara Tinta sang R.A)

5. Lily Husain (Putri Sejati Pahlawan Kami)

6. Yusuf Ichsan Ats Tsaqofy (Cerita Pahlawanku)



Untuk melengkapi Antologi kita, kami telah mengajak beberapa orang untuk memberikan Endorsment, lay out dan kata pengantar untuk Antologi perdana kita. Naskah Antologi tersebut saat ini sudah ada pada mereka dan sesegera mungkin pemberitahuan ini akan kami update untuk memeberitahukan siapa saja para pemberi endorsment untuk Antologi kita.



Akhir kata ; kami Aparatur RT dan Segenap Tim Kreatif dan Penanggung jawab, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala sumbangan karya dari teman-teman yang telah sabar menunggu terbitnya antologi ini, juga terima kasih atas dukungan dari semua pihak dan mohon maaf bila dalam proses penerimaan naskah, pemilihan naskah dan penentuan naskah yang akan terbit terdapat kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja kami lakukan.





Salam pena dan semanggi untuk seluruh warga kampung WR04 tercinta. Teruslah berkarya dan jadikanlah karyamu menjadi sebuah hadiah untuk bangsa dan agama, yang bisa membuatmu dan keluarga bangga atas karya tersebut dan membuat Indonesia bangga telah memilikimu.



Wassalmualaikum Wr. Wb.





Wakesi Kreatif, mewakili

Aparatur WR04 dan PJ Antologi AM-FF

di gosipin = mau nangis

di kelas aku ada beberapa temen yang non muslim, di antaranya si Erwin yang beragama budha. tapi kalau belum kenal, tak akan pernah terlintas dipikiran kita kalau dia nonmuslim. wajahnya memang sedikit kecina-cinaan. tapi bahasanya sehari-hari yang sering mengucapkan 'subhanallah, alhamdulillah, insyaallah dan beberapa kata lain yang hanya muslimlah yang tau artinya. semua itu di ucapka dengan fasih olehnya. dulu aku sudah mengira ia anak cina masuk islam yang nyasar kuliah di PGSD. eh ternyata waktu aku kebagian tugas mengumpulkan biodata dari seorang dosen, ia beragama hindu. sedikit kaget karena sehari-hari dia sering menggoda ku kalau aku sedang marah.
"Istighfar Ris.." katanya

kadang ia juga tak segan memakai peci atau berdiskusi masalah agama dengan beberapa teman-teman.

akhir-akhir ini bisa dibilang aku sedikit banyak (?) berinteraksi dengannya. berawal dari minta buatkan tugas, sampai ke room karaoke bersama 6 orang taman lainnya. baru 3 hari yang lalu ia lagi-lagi mentrkatir kami.

yang membuatku sedikit ilfil padanya, ia cerewet sekali. banyak juga temen-temen cewek yang bilang "mulut erwin kayak cewek" abis bawel banget, kalau berdebat sama dia nggak akan ada habisnya deh. belum lagi dia suka nempel-nempel nggak jelas gitu sama cewek-cewek. beberapa temanku mengaku sering di elponnya malam minggu. Ih genit. belum lagi mata duitannya. sebenanrnya bukan sih, dia bendahara di kelas, jadi memang sudah tanggung jawabnya menagih uang kas ataupun jika ada duitduit lainnya. tapi imej mata duitan sudah melekat didirinya. haha.. kasian deh.


nah, tadi pagi sebelum ujian. di kelas ribut bin heboh banget. si Fitri yang bawel abis baru tau kalo foto profil FB nya erwin itu foto berdua denganku. alamak! aku nggak nyadar dia make foto itu. foto itu di ambil sebelum drama, waktu itu ada adegan ibu bawang merah menikah dengan ayah bawang putih. aku sedang mencoba bunga-bungaan dan datnaglah erwin ke ruang make-up, ia memakai peci punya Roza (berperan sbg ayah) dan berdiri disampingku. ia meminta Leyla mengabadikannya. dengan sigap leyla membidikkan kamera HP ku. dan bodohnya aku pun sempat berpose. dan taraaa... jadilah foto kami berdua.



















pelakunya adalah












kira-kira seminggu yang lalu erwin meminta foto itu padaku, tak tanggung-tanggung, ia minta dikirim via email. maka aku yang friendly ini pun mengirimnya. eh... ternyata dijadikan foto profil FB nya. alamak.. anak-anak di kelas pun heboh. dalam beberapa waktu sebelum ujian akupun di jadikan bulan-bulanan. cinta terlarang lah, cinta terpendam lah, dan banyak celotehan lainnya yang membuat aku tersudut dikursi. untung cengengku nggak kumat, yang mengompori kan fitri, biasalah dia memang bawel.
sudah kusuruh erwin menghapus foto itu, atau potong saja hanya bagian dirinya, tapi ia berkilah "aku nggak ngerti".

seumur-umur baru kali ini nemu anak cina yg gaptek

waktu ujian pun ia duduk di dekatku, anak-anak bertambah riuh.

ujian berlangsung. soal pilihan ganda 90 dengan obtion A-F. waktu setengah jam. gila nih dosen. meras otak banget. tapi mungkin beliau ngawas 2 lokal segkaligus, jadilah ujian ajang diskusi antara aku dan adek (maya). sedangkan erwin duduk di antara kami berdua. otomatis mendengar dan tinggal menulis hasil diskusi kami. tiba-tiba aku nyeletuk
"Si erwin tinggal nulis aja" maksudku aku dan adek yang capek-capek diskusi nyari jawaban, si erwin tinggal nguping. eh taunya si mimi nyeletuk

"Perhatiannyaaaaa..."

kontan seisi kelas heboh..
aaaa.....
erwin......

si erwin hanya cengar-cengir tak berdosa. dasar!

Bahasa Indonesia VS Malaysia

Maha Besar Allah yang telah menjadikan manusia berbangsa dan bersuku dengan warna bahasanya masing-masing.

Seperti Jepang, Korea, dan Jepang yang serumpun namun memiliki keragaman bahasa. Indonesia dan Malaysia pun memiliki keragaman bahasa yang menarik untuk dibandingkan.
Cekidot..!

INDONESIA : Kementerian Hukum Dan HAM
MALAYSIA : Kementerian Tuduh Menuduh

INDONESIA : Kementerian Agama
MALAYSIA : Kementerian Tak Berdosa…

INDONESIA : Angkatan Darat
MALAYSIA : Laskar Hentak-Hentak Bumi

INDONESIA : Angkatan Udara
MALAYSIA : Laskar Angin-Angin

INDONESIA : ‘Pasukaaan bubar jalan !!!’
MALAYSIA : ‘Pasukaaan cerai berai !!!’

INDONESIA : Merayap
MALAYSIA : Bersetubuh dengan bumi

INDONESIA : rumah sakit bersalin
MALAYSIA : hospital korban lelaki

INDONESIA : telepon selular
MALAYSIA : talipon bimbit

INDONESIA : Pasukan terjung payung
MALAYSIA : Aska begayut

INDONESIA : belok kiri, belok kanan
MALAYSIA : pusing kiri, pusing kanan

INDONESIA : Departemen Pertanian
MALAYSIA : Departemen Cucuk Tanam

INDONESIA : 6.30 = jam setengah tujuh
MALAYSIA : 6.30 = jam enam setengah

INDONESIA : gratis bicara 30menit
MALAYSIA : percuma berbual 30minit

INDONESIA : tidak bisa
MALAYSIA : tak boleh

INDONESIA : WC
MALAYSIA : tandas

INDONESIA : Satpam/sekuriti
MALAYSIA : Penunggu Maling

INDONESIA : Aduk
MALAYSIA : Kacau

INDONESIA : Di aduk hingga merata
MALAYSIA : kacaukan tuk datar

INDONESIA : 7 putaran
MALAYSIA : 7 pusingan

INDONESIA : Imut-imut
MALAYSIA : Comel benar

INDONESIA : pejabat negara
MALAYSIA : kaki tangan negara

INDONESIA :bertengkar
MALAYSIA : bertumbuk

INDONESIA : pemerkosaan
MALAYSIA : perogolan

INDONESIA : Pencopet
MALAYSIA : Penyeluk Saku

INDONESIA : joystick
MALAYSIA : batang senang

INDONESIA : Tidur siang
MALAYSIA : Petang telentang

INDONESIA : Air Hangat
MALAYSIA : Air Suam

INDONESIA : Terasi
MALAYSIA : Belacan

INDONESIA : Pengacara
MALAYSIA : Penguam

INDONESIA : Sepatu
MALAYSIA : Kasut

INDONESIA : Ban
MALAYSIA : Tayar

INDONESIA : remote
MALAYSIA : kawalan jauh

INDONESIA : kulkas
MALAYSIA : peti sejuk

INDONESIA : chatting
MALAYSIA : bilik berbual

INDONESIA : rusak
MALAYSIA : tak sihat

INDONESIA : keliling kota
MALAYSIA : pusing pusing ke Bandar

INDONESIA : Tank
MALAYSIA : Kereta kebal

INDONESIA : Kedatangan
MALAYSIA : ketibaan

INDONESIA : bersenang-senang
MALAYSIA : berseronok

INDONESIA : bioskop
MALAYSIA : panggung wayang

INDONESIA : rumah sakit jiwa
MALAYSIA : gubuk Gila

INDONESIA : dokter ahli jiwa
MALAYSIA : Dokter Gila

INDONESIA : narkoba
MALAYSIA : dadah

INDONESIA : pintu darurat
MALAYSIA : pintu kecemasan

INDONESIA : hantu pocong
MALAYSIA : hantu Bungkus



"Unyil... eh... unik kaaan?"

"Betul... betul...betul!"

[Sumber:http://www.beritaunik.net/berita-lucu/perang-kata-kata-indonesia-vs-malaysia.html]
annidaonline.com