30 Oktober 2013

Blogger Bertuah Adakan Kopi Darat Di Hari Blogger Nasional


Komunitas Blogger Bertuah sebagai komunitas blogger di riau paling aktif baru-baru ini mengadakan temu ramah para blogger atau yang kerap kita kenal dengan kopi darat. Iven kali ini selain bertujuan memperingati hari blogger nasional pada tanggan 27 Oktober dan juga di tujukan untuk melaksanakan beberapa iven Bertuah. Diantaranya adalah mengumumkan pemenang giveaway ke 6.

            Giveaway 6 kali ini mengusung tema sumpah pemuda dan perempuan penulis. Sebelum di umumkan, masing-masing peserta diminta menyampaikan opini mereka mengenai kaitan sumpah pemuda dan perempuan penulis. Attayaya sebagai Bapak Blogger Riau menjelaskan,

22 Oktober 2013

Geng PENGACARA (Pengangguran Banyak Acara)

Selama dua minggu jadi pengangguran (yang semoga aja sementara) aku mati gaya banget deh! Minggu pertama sih fine-fine aja. Rempong sana-sini. Apa aja kegiatan komunitas aku ikutin. Kalo lagi nggak ada acara di luar, aku ke rumah tante aku yang ada wifinya dan download reality show K-POP sampe puas. Dan akhirnya bosan juga. Hohoho..
senasib sepenanggungan sama temen-temenku ini. mereka juga belum dapat kerjaan tetap. kalo sampingan sih ada.. tapi kerjaan tetap belum dapat. oia, mereka ini udah pernah aku ceritain di postingan tentang Yudisium dan post tentang Perpisahan dan Rencana Masa Depan. kali aja mau tau, tinggal di klik. :)

Untunglah kemaren si Dila SMS buat ngadain acara masak-masak di kos nya Mami. Mami ini udah pernah aku certain di post sebelumnya. Kami panggil Mami karna memang sosoknya kayak Mami beneran, kalo kekampus dulu sering bawain makanan. Dan kali ini dia mau masakin kami. Pokoknya yang berhubungan dengan makanan serahkan ke Mami. Semua pasti beressss..!

12 Oktober 2013

Perpisahan dan Rencana Masa Depan

*Disarankan menyiapkan cemilan, atur posisi biar nggak pegal.
 Karna postingan ini cukup serius dan panjang*

Ada pepatah basi yang bener-bener basi banget bilang : “Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan”. Walaupun pepatah ini basi, tapi waktu kita rasakan luamayan bikin sesak. Antara mau sedih dan seneng.

Sedih karna satu persatu teman, sahabat mulai pergi.
Senang, karna satu persatu teman dan sahabat memulai langkah baru dalam hidupnya. Memasuki dunia kerja. Kata orang, lulus kuliah itu bukan akhir. Ini justru awal hidup kita bermula. Dan inilah kami. Para mantan mahasiswa yang baru selesai wisuda seminggu yang lalu. Berkumpul di taman kota Pekanbaru. Mungkin inilah ngumpul terakhir kalinya, karna salah seorang sahabat kami akan pergi memulai hidup barunya (bukan nikah lo ya!) he is Roy!

Besok Roy bakal berangkat kembali ke kampung halamannya. Di Kepri (Kepulauan Riau) sekitar 4 jam naik mobil dan 15 jam kalau naik kapal. Cukup jauh. Untuk itu Roy mungkin nggak balik-balik lagi ke Pekanbaru. Kecuali ada hal-hal penting mungkin.


Selamat Jalan Royyy.......... -____-

Di kampungnya, tepatnya Tanjung batu. Roy bakal memulai hidupnya. Statusnya sebagai mahasiswa sudah copot sejak seminggu yang lalu. Saatnya menghasilkan uang dengan bekerja!
Acara ini terlaksana akibat idenya Dila. Kalau Dila dan Qisty nggak maksa-maksa kami yang sok sibuk ini buat ngumpul, mungkin nggak akan pernah ada acara pertemuan terakhir dengan Roy. Walaupun emang agak susah nyari waktu buat ngumpulnya, tapi akhirnya kami bisa hadir di taman kota sore tadi. Inilah dia sohib-sohibku di kampus.
 
dari kiri : Rahmad, Dila, Aku, Ori, Qisty, Roy
Akan aku perkenalkan satu persatu di lain episode. Kalau di ceritain disini kepanjangan.
Sebenarnya sahabat-sahabat aku di kampus bukan Cuma mereka. Dan mereka juga punya banyak teman dan sohib lagi selain kami berenam. Tapi di penghujung kuliah, aku rasa aku paling dekat dengan mereka-mereka ini.



Selain acara foto-foto, kami juga bikin acara semacam time kapsul. Tapi karna idenya dadakan (idenya dari aku dong. Berterima kasihlah kalian sama aku :p) jadi nggak ada botol dan kertas. So, kami bikin via video dan blog ini yang akan menyimpan sejarahnya! (wah keren ya blog ini)
Jadi ceritanya kami menceritakan / merencakan apa yang bakal kami lakukan setelah lulus ini. apa rencana beberapa tahun kedepan, mau kerja di mana. Dan apa aja yang harus dicapai. Setiap orang harus mengawali dengan mimpi, bukan?

Blog ini akan mencatat mimpi-mimpi kami. Dan kita akan lihat, beberapa tahun kedepan. Mimpi siapa yang sudah terwujud. Yuk kita Simak planning masa depan sohib-sohib terkece ini

Rahmad Maulana

Si Rahmad yang Handsome ini sampai sekarang masih penganguran kelas berat. Artinya sama sekali belum kerja apapun. Kecuali kerjaan mulianya di Musholla tempat tinggalnya. Dalam minggu ini Rahmad baru saja selesai wawancara di Bank Danamon. Keinginannya jadi Teller. Belum ada kepastian dipanggilnya.
Rencana masa depan Rahmad adalah.
  1. Melanjutkan S2 ke UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung dengan beasiswa.
  2. Melamar dan bekerja sebagai guru di sekolah swasta yang gajinya jutaan, biar bisa nabung.
  3. Ikut program SM3T (yang dia sendiri nggak tau apa kepanjangannya) SM3T adalah program Sarjana mendidik di kota terpencil, terpinggir, terberbelakang. Beberapa kakak tingkat kami sudah ada yang mengabdi di Papua, aceh dst. Gaji cukup besar. 6 bulan mengabdi disana, pulangnya dapat priorotas untuk beasiswa PPG (yang kabarnya biaya PPG 2014 adalah 60 Juta) dan setelah itu di priOritaskan menjadi PNS. Tawaran yang cukup menarik. Tapi jauhnya nggak nahaannnn
  4. Rahmad juga pengen ikut MDI (Majlis Dakwah Indonesia) ituloh.. yang kalau bulan puasa memenuhi setiap masjid untuk ngasi ceramah. Rahmad memang ada bakat jadi ustad.
semoga kesampean semua ya mad.. god luck!


Roy Shaddam

Waktu wawancarin Roy, dia ngasi perumpamaan. Kami pun nyimak dengan serius. Ujung-ujungnya…….. arhg…. #kalo penasaran liat aja di video yang bakal di rilis di Youtube :p
Meskipun jebolan FKIP. Roy nggak pengen jadi guru, kayaknya dia lebih tertarik berbisnis dan jadi pengusaha. Dia pengennyaa…
  1. Bangun tempat futsal yang sekaligus ada cafenya. Jadi abis main futsal  bisa ngopi-ngopi dulu.. dia bakal bikin tempat futsal itu join dengan temannya di Batam
  2. Membangun akademi sepakbola untuk anak-anak di Tanjung Batu, Kepri. Kampung halamannya
  3. Tak tanggung-tanggung. Roy juga pengen bikin SPBU di kampungnya. Karna menurutnya SPBU adalah aset yang nggak bakal ada habisnya. 
Wow, keren ya planingnya! Bukan hal yang mudah loh Roy. Tapi tetap semangat dan semoga berhasil!

Ori Boy

Saat ini Ori punya titel PENGACARA (Pengangguran Banyak Acara) meskipun dia nggak punya kerjaan tetap. Tapi dia punya banyak murid les privat yang ngantri di ajarin tiap sore dan malam. Jadwal les nya cukup banyak. Tapi kalau soal diajak ngumpul dan have fun bareng kami. Jangan ragukan dia. dia bakal datang secepat kilat. Hahaha

Ori yang sejak bulan lalu getol banget ngurus pendaftaran buat jadi PNS. Disaat kami masi berleha-leha dirumah nungguin jadwal wisuda, dia udah terbang kemana-mana buat ngurus itu. Dan syukur banget dia lulus ADM. Saat ini sedang mempersiapkan diri untuk tes PNS tanggal 3 November. Ori nggak pengen lanjutin S2. Nggak hobi katanya (emang lu kira mainan) Ori punya target :
  1. Of course LULUS CPNS dan jadi guru yang baik di sebuah SD di Siak.
  2. Setelah itu dia bakal cari pasangan buat nikah. Oh my god! Setau aku Ori selama kuliah memang nggak pacaran sama sekali. chaeresso chinggu…!
  3. Impian dia sejak kecil: pengen jadi komikus. Menerbitkan komiknya yang udah banyak buanget gituh…

Gitu deh impian dan taget Ori. Semoga tercapai yaaa…

Aldilla Tyas Aulia

Dila mengaku ada yang marah karna dia sampai saat ini masih aja ngadem di rumah. Sama sekali belum masukin lamaran kemanapun. Katanya dia bakal banyak masukin lamaran keman-mana. Ketika di wawancara, mau masukin lamaran kemana aja, Dila jawab :
“Ke para pria-pria sejati”
Gubrak! Itu mah lamaran beda lagi Dilaaaaaaaaaa….

Setelah ditanya serius, Dila ngakunya nggak pengen jadi guru. Karna dari kecil dia nggak pernah bercita-cita jadi guru. (nah lo, kenapa masuk FKIP? Korban salah jurusan kayaknya ni anak). Dila pengennya kerja diperusahaan. Jadi bisnis women. Dila lebih tertarik menciptakan lapangan kerja dari pada harus jadi guru. Soal asmara, Dila berencana bakal mengakhiri masa lajangnya sebelum tahun 2014 selesai. OMG..! taun depan dong dil? Wah melangkahi aku nih kayaknya. Di doain deh, semoga terkabul.. J

Millati Qisty

Qisty yang namanya pernah aku culik dalam cerpenku, saat ini masih belum wisuda karna ada beberapa msalah di KHS nya kemaren. Qisty pengennyaa….
  1. Menyelesaikan skripsi biar bisa Cepet nyusul kami wisuda (Amin…. Pasti didoakan Qis).
  2. Cari kerja, cari duit banyak-banyak biar bisa S2 bareng-bareng kami.
  3. Bantuin Ibunya bisnis Tas. Yang sekarang udah mulai jalan.
  4. Rencana merid belum pasti, karna cowoknya masih semester 5. Hahahha…. Tapi Qisty minta di doakan dia jodoh dan langgeng-langgeng aja sama indra.


Qisty and her Boyfriend
Tolong dibatu doa ya teman-teman.. semoga semuanya terkabul.

And the last.. it’s me…!

Aku saat ini juga sama PENGACARA nya. 3 kali seminggu ngajar les anak kelas VI  di rumah. Gantiin ummiku. Kadang-kadang ikut pelatihan, kadang-kadang ngerjain skripsi orang, kadang-kadang jadi tukang ojek orang rumah. Nganterin Buyaku berobat rutin ke RS, ikut agenda FLP, menghadiri acara komunitas, Ikut seminar bisnis MLM. Hahahha.. dan 3 kali seminggu aku juga ngajar les computer untuk anak SD. Lumayan pengacara kan. Hehehe..

Tapi kalau belum punya pekerjaan tetap. Ya tetap aja namanya pengangguran. Bangun jam 10, tidur jam 10. Hihihi. Nah tadi sore, cerita planing aku adalah..

Plan A :
Ngajar dan menjadi guru professional dan di sayang murid di SD IT. Di Pekanbaru cukup banyak SD- SD swasta yang islami. Gajinya juga lumayan. Bisa di tabung atau di belanjakan untuk renovasi rumah yang sejak dibangun belum kelar-kelar pembangunannya. Aku pengen keluarga aku tinggal di rumah yang nyaman.

Di bulan April 2014. Aku ikut tes untuk lanjut S2. Pengen ambil jurusan pendidikan matematika. Kampus pilihan ada 2. Antara UPI bandung dan UPM Malaysia. Aku punya alasan yang cukup kuat untuk kuliah di antara 2 kampus ini. Hanya Allah yang tau aku bakal di lempar kemana, atau nggak sama sekali.

Di tempat aku S2. Misalnya di UPI. Aku nggak mau ngekos. Karna kayaknya aku belum siap hidup sendiri dan kesepian. Jiwaku udah terbiasa hidup di asrama selama 8 tahun mondok dulu. Jadi kalau aku lanjut s2. Aku bakal tinggal di lingkungan pondok. Jadi santri kalong. Pagi kuliah, sore dan malam mondok. Semoga aja aku menemukan pondok yang berada di dekat kampus dan menerima santri kalong. Hihihi

Soal merid, bukannya nggak aku pikirkan. Aku pengennya ketemu jodoh di pondok itu..  amin. Hihihihi.. tapi aku selalu ingat kata2 dalam film  My Valentine. Kenapa dia bisa langgeng nikah berumah tangga bertahun-tahun. jawabnya “Because I’m Marrie My Bestfriend”. So, aku juga punya harapan suamiku besok adalah seorang sahabatku, teman, mantan teman atau minimal orang yang sudah sangat aku kenal. Ngiri banget sama pasangan yang nikah dengan temannya. Seperti pasangan mbak Sugi dan bg Alam. Ketua FLP Riau dan ketua FLP Pekanbaru.
Itu adalah Planning A. kalau yang A tidak tercapai, mari kita pindah ke Plan B.

Plan B disini bukan lari / kabur kayak film PLAN B nya Bi Rain. Plan B aku kalau nggak diterima di sekolah swasta, nggak jadi S2 (mungkin karna biaya dan hal lainnya) aku bakal ikut program SM3T yang sudah aku jelaskan di point Rahmad. Sampai saat ini orangtua aku belum mengizinkan aku untuk ikut program itu, tapi kalau PLAN A gagal. Nggak mungkin aku terus2an jadi PENGACARA di rumah. Aku akan meyakinkan orangtuaku dengan segala cara untuk mengizinkan aku ikut program itu. jiwa petualang aku terpanggil untuk ke daerah2 terpencil sekalipun.

PLAN C, D Sampai Z masih banyak. Seperti membangun bisnis online. Ngeblog serius biar bisa dapat duit, bikin aplikasi biar bisa di pajang di Playstore kaya abang2 di Blogger Bertuah. Buka BIMBEL Resmi. Dan masih banyak lagi, yang kalau diceritain bisa 1001 malam. #oke ini agak lebay
Tu kan bener udah kepanjangan…
Itulah dia rencana, impian dan target kami untuk beberapa tahun kedepan. Semoga semuanya terwujud. Atau kalau tidak bisa semua, minimal 1 jaDilah.. #hopeless. Doakan kami sukses berjuang dikerasnya kehidupan setelah kuliah. Doakan mimpi-mimpi dan rencana yang kami rancang sore ini tidak sia-sia.

Untuk sahabat-sahabatku, Blog ini mencatat sejarahnya dan kitalah yang akan berjuang mencapainya! Jangan pernah menyerah, karna disinilah hidup bermula.  Buktikan kita bisa!


Menerawang Masa Depan
Terakhir, foto-foto narsis kami.. hihihi…
tos dulu dong...
kongkow di taman




nggak tau juga ni anak lagi ngapain


maap pemirsa, yang 2 ini emang agak autis




Ori merusak formasi -___-

Foto Jadul waktu semester 6. tema : KDRT. 
setiap liat foto ini aku nggak berenti ketawa. apalagi liat kemolekan badan roy. hahaha