23 Desember 2013

A Journalist Wanna Be #Part 4 ; *Mengais berita bersama Leyla


cerita sebelumnya :

A journalist Wanna Be part #1
A journalist Wanna Be part #2
A journalist Wanna Be part #3

Minggu ini adalah minggu pertama aku liputan sendiri. Sebelumnya,seperti yang udah aku ceritain dipostingan yang Part #3, aku masih ngekor-ngekor ama reporter senior. Aku udah ngebuntutin kak Eza liputan di DPRD Kota, ngikutin bang Firman liputan di Gedung Walikota, Ikut Bu Martalena yang posnya ada di DPRD Provinsi dan terakhir ngikut kak Deby yang mengisi halaman berita bisnis. Jadi kami keluar masuk hotel kemaren.

Dan minggu ini saatnya aku ''dilepas'' untuk liputan sendiri. Pos aku adalah halaman bisnis. Hari senin kemaren aku ditugaskan ngeliput pameran-pameran yang ada di mall. Aku pun dengan PD nya jalan2 ke beberapa mall di Pekanbaru. Hasilnya nihil. Ga ada pameran atau apapun yang bisa aku angkat jadi berita. Yang ada duit aku abis buat parkir sana-sini #ngenes

Hari ini aku liputan lagi. Tapi kali ini aku nggak sendiri. Ada Leyla yang aku ajak. Soalnya dia pengen jadi wartawan juga di tempat aku, mungkin karna kau terlihat keren kali ya jadi wartawan #kibas poni. sebelum masukin lamaran dia pengen tau cara kerjanya gimana. Makanya dia ikut aku seharian. Eh enggak seharian ding, kami mulai start jam 12. Sambil nunggu Leyla, aku malah sempet numpang blogging dulu di Pustaka Soeman HS. Internetnya kenceng dan ruangannya adem.hehe..

Destinasi pertama kami adalah Ramayana pasar bawah. Target narasumber kali ini adalah pedagang emas. Mau nyari tau harga emas.
Setelah keliling2 nyari toko emas dan pilih-pilih tampang penjaga tokonya, kami dapat seorang bapak berjanggut yang kayaknya nggak mau diajak salaman.
Wawancara bentar dan pamit. Hal yang sama juga kami lakukan ditoko emas lain untuk memperkuat berita.
sesi wawancara dengan pedagang emas


keluar dari ramayana yang parkirnya paling mahal sepekanbaru (motor kena Rp.2500 bo'..) kami ke WIGO center. Udah ada yang tau WIGO? Itu loh salah satu penyedia layanan internet yang baru eksis.. Karna aku pernah di undang dinner bareng blogger bertuah sambil promoin produknya WIGO, jadi aku lumayan banyak tau tentang WIGO.
Kami pun cap cusss ke kantornya di jln Hasanudin. Ternyata PR ataupun Markomnya lagi ga ada di tempat. Mbak2 di FO nya minta no.HP aku dan janji menghubungi aku lagi klo markom nya udah balik ke kantor.
So, aku and Leyla pun meluncur ke target selanjutnya. Kantor region telkomsel. Kemaren aku udah ke kantor nya, katanya cari aja bu Hani Haerani, ibu itu yang biasanya kasi info ke wartawan. 
 
Setelah muter2 nyari kantornya, yang ternyata ada di depan mata. Kamipun nekat masuk kedalam ruangnya. Dan nyasar kemana-mana. Sampai salah masuk ruangan yang orang lagi pada rame, ternyata lagi pada meeting proyek. Salah kamar. Hehehe... Abisnya Aku main terobos masuk sih..
Setelah tanya satpam, ternyata bu Hani itu lagi di hotel Premiere. Ada Iven. Aku pun dengan girangnya langsung cap cus ke hotel premiere, untung aku satu motor sama Leyla. Motor aku ditinggal di puswil. Kebetulan Leyla beli motor baru jadi gak ribet. #apa hubungannya
Sampe di Hotel Premier. Ternyata ini bukan iven seperti yang di bilang pak Satpam, tapi ini meeting. Ruangan meetingnya tertutup untuk umum. Wartawan pun gak boleh masuk. Daripada ke sana nggak ada hasil. Aku ama Leyla ngaso dulu di mushollanya yang bener-bener adem. Kami sholat zuhur sambil istirahat.
Keluar dari Premiere, aku bingung mau kemana. Orang di WIGO belum nelpon. Aku jadi inisiatif sendiri aja datang kesana. Kali aja mbak FO nya lupa atau nggak ada pulsa mau kasi tau aku. 
 
Dan bener aja, nyampe WIGO center orang Markom (Marketing Kominukasi) nya udah dateng. Namanya Pak Iwank. Kami langsung di ajak masuk dan wawancara dalam ruangannya. Karna Leyla banyak diemnya waktu wawancara bapak yang juga berjenggot itu nanya. Aku kenalin aja dia sebagai anak magang. 
 
Oh lagi magang, jadi sementara ikut dan belajar sama senior dulu lah ya” katanya sok tau. Padahal aku yang lagi magang. Leyla nyengir kuda.
Aku ketawa aja sambil jawab “Saya juga masih magang coret belajar, Pak”
Inilah berita pertama yang aku tulis sendiri dari hasil wawancara di WIGO.
Berita WIGO

Kelar dari WIGO aku dan Leyla ke Matahari, Cuma buat makan di Texas. FYI Di texas ada paket manis. Paket ini adanya setiap hari senin-jum’at jam 14.00-16.00. Harganya 15K aja (udah naik, dulu Cuma 9k), udah dapet ayam, nasi dan pepsi. Jadilah kami makan paket manis ini.
menu paket manis di texas chicken @Plaza Citra . 15k aja
Sambil makan Leyla mikir-mikir mau masukin lamaran apa enggak. Karna baru sehari ikut aku udah kelling-keliling. Aku nyaranin Leyla coba nulis berita dulu dari yang udah di wawancara hari ini. nanti dibandingkan dengan tulisanku. Aku pakai cara kak eza. Inget yang di bilang pak Iwang di WIGO, Sekarang aku yang senior dan Leyla adalah anak magang. Hahahaa…
Doain aja leyla bisa nulis beritanya dan dia jadi kerja di tempat aku. Biar ada temen lagi yang sama-sama baru di dunia jurnalis. ^_^
 dan inilah penampakan berita yang aku tulis. nggak nyangka, beritanya jadi HL (Headline) di halaman bisnis. ajibbb.... thank's Leleee.... saranghae 
yang pake bau pink itu leyla. nampak punggung jadilah..
#kalau mau kepoin siapa Leyla, baca aja postinganku "Tentang Sahabat", dia juga pernah aku ceritain DISINI dan disini
 

11 komentar:

  1. Waaaah... Sepertinya menarik jadi jurnalis.... Hahahha.... Tetep sharing yah journalist life-nya. Gue banyak belajar nih soal dunia jurnalistik dari lu. Hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha masa siii?? belajar jadi reporter gadungan sih iya. hahha

      okey. I Will :)

      Hapus
  2. saya juga jurnalis mbak :D
    masih baru belajar juga, jurnalis di pers mahasiswa unmul dan lagi ikut pelatihan kaltimpost (koran terbesar di kaltim)

    BalasHapus
  3. baru sadar, ternyata jadi jurnalis itu penuh perjuangan ya mbak? pokoknya terus semangat! cari berita yang banyak dan lebih banyak lagi!! :D

    BalasHapus
  4. wuouo...
    ternyata jurnalis si Mbak yang satu ini. pasti seneng banget beritanya masuk headline.
    awalnya emang ngekor tapi entar lama-lama juga punya ekor. buktinya Leyla jadi ekornya Risah.

    BalasHapus
  5. waaaah ngakunya jurnalis wanna be tapi udah masuk koran aja.. aku pengen juga kayak gitu :3 pasti seneng ya liat tulisan kita dimuat di koran...

    BalasHapus
  6. liat pengalamannya kayaknya enak jadi jurnalis._. ..tap cita2 ku bukan jadi jurnalis xD

    BalasHapus
  7. aaaa...pengenn...
    kereen banget ya kerjaannya...apalagi klo bisa kerja bareng sahabat...duh bikin makin ngiri nih km sa...

    BalasHapus
  8. jadi jurnalist itu enak gak sih kak ? :o
    tapi kalo dipikir-pikir enak juga, bisa ngelatih public speaking *halah* biar bisa adaptasi dalam lingkungan dan orang-orang baru. Dan selamat yak beritanya jadi HL :D Kapan - kapan wawancarain aku ye :P

    BalasHapus
  9. Muehehe. Coba gitu kak nulis di blognya pake gaya-gaya jurnalis gitu :D pasti keren hahaha...

    Eh btw semoga karir sebagai jurnalisnya berkembang keranah media-media nasional atau internasional ya kak Risah :D love what you do!!! spirit!!

    BalasHapus
  10. Waaah Risah keren, kerjanya di dunia kepenulisan. Pasti asyik tuh ya..
    Ah gue jadi makin envy..
    Beritanya bisa jadi Headline bagi seorang pemula itu prestasi banget looh...

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)