11 Januari 2012

Pelatihan naik angkot untuk Sofi

Nggak tau deh, harus ketawa apa marah. Gue (sekarang pake gue. Monas pindah woy) baru aja ngasih pelajaran sama adek gw yang manja dan penakutnya minta ampun!
Btw sebelumnya udah sering gw bahas juga kan disini, tentang adek gw yg pindah sekolah dan bener-bener bikin hidup gw menderita karan ngurusin dia!

Oke, flashback sedikit.

Tiap pagi, tepatnya jam 06.30 Wib. Gw udah harus stanbye nganter dia ke sekolah, yang jaraknya 30 menit dari rumah. Berarti pulang balik kurang lebih 1 jam (kalau nggak macet). Itu kalau gw nggak ngampus. Ataupun kalo gw ngampus masuk jam 7.30. aman terkendali.

Nah kalo gw ngampus masuknya jam 9 / jam 10. Abis nganter dia, gw pulang lagi k erumah, dan sekitar jam 9 baru gw berangkat lagi ke kempus, perjalanan bolak-balik ini udah makan waktu 2 jam..! gempor pinggang gw naik motor.

Belum lagi sorenya, jemput dia pulang sekolah. kalo gw pulang jam 16.00 9 (a.ka jam 4 sore) it’s Ok, gw langsung meluncur ke sekolahnya dari kampus. Nah kaaalloo.. gw pulang jam 12.00, gw pulang dulu ke rumah, dan ntar sore gw jemput dia lagi. Aargghh.. kebayang kan capeknya. Kalau jarak tempuhnya deket sih nggak apa-apa, ini setengah jam perginya doang!

Kebayang kan betapa menderitanya hidup gw? Seharusnya kalo jam kosong pagi gw bisa tidur nyenyak, atau minimal gw bisa bersih-bersih lah di rumah. Eh ini malah jadi tukang ojek. Kadang abis ngampus gw males pulang, so, gw nunggu dia di kampus. Menggembel.

Flashback selesai, saatnya cerita pelatihan hari ini.

Tadi gw sedikit ngasih pelajaran ke anak *sok* manja ini. abisnya BT banget, udah nunggu dia pulang sekolah 1 jam, tiba2 dateng sms nya nyuruh gw pulang duluan, soalnya dia mau nyablon (ga tau apaan) dan nanti dia pulang pake oplet. Gw langsung kegirangan. Oh god. Ini lah akhir penderitaan gw, mungkin ni anak udah dapet hidayah dan nggak bakal nyusahin kakaknya lagi. Oyeaa.. betapa girangnya hati gw..

Sampe di rumah, sms nya masuk ke no Ummi, nanyain angkot apa buat pulang. udah di jelasin rutenya. Eh dia sms lagi dengan merdunya

“Mi, jemput ajalah, temen opi Cuma bisa ngantar same alamayang”

GUBRAK! Alamayang itu udah deket dari rumah gw, kira-kira 10 menit lagi lah.. naik angkot dikit lagi nyampe kok.

Ummi takut gw esmosi, langsung bilang “biar lah ummi yang jemput”

Ah, nope! Biar gw aja yang jemput1 sekali-kali tu anak perlu dikasih pelajaran!


Dengan gemez nya gw langusng bertindak jemput dia ke TKP. Sampe disana dia masih ngobrol sama temennya yang entah kenapa mau aja nungguin dia di jemput. Tanpa curiga Dia langsung naik ke atas motor.

“Kenapa nggak naik oplet?” tanya gw. angkot disini biasa di panggil oplet.

“Nggak ada opletnya do”

“yang ke dalam sini mana adalah, ambil oplet putih, nanti turun di simpang. Tuh banyak lewat-lewat”

Dia diem. Gw berhenti di tepi jalan. Nyuruh dia naik oplet! Ya..!!! dengan teganya gw suruh dia turun dan nyetop angkot buat dia.

“Naik lah oplet disini, nanti turun di simpang. Kakak iringi dari belakang” suruh gw

“Eee.. abis-abisin duit aja” alesannya.

“cepat ajalah, kapan lagi kau bisa naik oplet, belajar sekarang!”

Gw pikir dia bakal langsung turun dari motor, dan berdiri di tepi jalan, lalu nyetop angkot yang lewat. Ternyata?? Dia tetep duduk di belakang gw. Dan angkot-angkot lewat begitu saja.

“Turun lah, tegak di tepi jalan tu! Macam mana pula kau ni!” mulai esmosi gw

“………”

“tu banyak oplet tu a, stop lah, tegak situ ha” titah gw sambil ninjuk tepi jalan. Tapi ni bocah tetap bergeming.

“kalau nggak sekarang kapan lagi kau mau belajar, kalau misalnya tadi kakak belum pulang gimana? Kalau di rumah nggak ada motor gimana?”

“…………” gw lirik mukanya yang udah pucet banget. Sesekali dia mengalihkan pandangan, matanya berkaca-kaca. Bentar lagi bakal ada cewek mewek di tepi jalan. Tapi utung nggak sampe terjadi.
Beberapa angkot berisi anak-anak berseragam lewat gitu aja di depan kami.

“Cepatlah! “ titah gw untuk yang kesekian kalinya

“E..e.. takut opi” jawabnya dengan muka pucat dan mata berkaca-kaca. Woy.. aada cewek di suruh naik angkot mau nangis.. nggak ngerti deh gw nih keturunan siapa, gw aja dulu seumuran dia udah berani jalan2 naik angkot di Jakarta, bolak balik pekanbaru bangkinang sendirian. Lah iini di pekanbaru, ada kakaknya lagi bakal ngiringin, takut apa coba! Seandainya dia donat, udah gw telen bulat-bulat dari tadi! Sumpe deh!

Esmosi gw mulai naik lagi

“Cepatlah..!! anak SD aja berani naik oplet. Belajar lah naik oplet! Kalau aku MATI giamana kau hidup, Hah??” bener-bener esmosi gw di buatnya. Apa reaksinya?

“Berentikan lah opletnya..” alamaakk… bener-bener minta di tampol ni anak.


Dengan sabar gw setop angkot yang lewat. Dia langsung masuk dang w ngekor di belakangnya. Mungkin penumpang di dalam pada heran. Ah bodo’. Yang penting si sofi bisa belajar naik oplet!
Nggak sampe 5 menit, nyampe di simpang. Disitu udah ada ngkot biru yang bakal bawa dia sampe ke depan rumah. dia turun dan sempet tanya sama gw.

“naik ini lagi kak?” katanya sambil nunjuk oplet biru. Gw jawab dengan anggukan. Disitu gw pengen ketawa. Sumpah! Mampus lo! Haha.. ups!

Gw pun lanjut jalan di depan nya. kalo di belakang keliatan banget ama penumpang yang lain, ntar pada mikir yang aneh-aneh. Jadi gw jalan di depan, nah. Pas nyampe di jalan seroja (biasanya angkot Cuma berenti disini, kalo penumpangnya dikit, dia bakal balik arah, jadi penumpang di turunin disitu) gw liat anum, anak tetanggak belakang rumah yang lagi nunggu oplet. Mungkin tadi di turunin di situ. Seperti biasa, kalo ketemu anak2 sekolah yang se arah, gw langsung berhenti dan tebengin. Jadi kebayang kan gimana si sofi di dalam angkot bau penuh sesak ngeliat gw. Kakaknya yang nyuruh dia naik angkot, sedangkan kakaknya sendiri boncengin orang lain. Sumpah, yang ini gw pengen ketawa juga!

Sampe di rumah, datang lag isms nya ke HP ummi (pasti nggak berani sms gw) kalo dia di turunin di seroja. Jemput dia di sana. Alamaakkk… nggak di tanya dulu apa tadi sama supirnya minta turun dimana. Di turunin disitu kok mau aja!

Dan terpaksalah gw jemput dia kesana lagi. Sore hampir gelap. Baru deh nyampe rumah. Dia langsung masuk kamar, hidupin kipas angin dan baring sambil mejamin mata. Bentar lagi pasti mewek tuh. Sedangkan gw langsung mandi dan pura-pura nggak tau apa-apa. Ummi juga nggak mau ngebahas, males kali nambah ribet aja.


Gw juga males bahas. Yang penting sore ini gw *sedikit* berhasil ngajarin dia buat naik angkot. Semoga pelajaran ini bisa berlanjut ke lesson berikutnya, yaitu naik angkot dari sekolah sampe rumah. Bisa nyampe dengan selamat nggak tuh anak! Liat aja besok!
Btw kepanjangan nih, yang bersedia komen, tolong ya di komentari, sikap gw ini udah bener belom? Apa salah total????

#jawaban dari tantangan matematika, bakal gw koreksi malam ini, dan akan di posting setelah ada 10 komentar disini. sabar ya...

10 komentar:

  1. angkottt.....
    mampir aja yah....
    masih belum ada kata" kak

    BalasHapus
  2. wew ada pelatihan juga ya naek angkot?sukses gak latiannya ?

    BalasHapus
  3. Hahaha.. Baru tau ada pelatihannya juga.. Masa' sih? kok gue gak tau ya.. :D

    BalasHapus
  4. @All : ada.. pelatihan buat orang2 penakut..

    BalasHapus
  5. wah asiik kayanya ya :D
    bisa explore explore kayag gitu :)

    BalasHapus
  6. haha, latihan naek angkot , asyik yaa ..
    salam kenal :)
    coment and follow blog saya :)
    http://peluru-tajam.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Izin singgah dan menambah komentar Mba risa.. salam kenal..
    wah Mba risa galak banget ngajarin adik sebegitunya... Tapi setuju, itu untuk kebaikan dia juga ko.. hebat-

    BalasHapus
  8. @Tiyo : sipp... TKAPEH

    @Choirun : wah ini dia komen yang di tunggu-tunguu.... makasih.. :)

    BalasHapus
  9. Buka kursus "Naik Angkot untuk Anak-anak" aja Ka :D
    Laku keras tuh kyknya :P
    Hihihiiiii...

    BalasHapus
  10. Awas nanti ketabrak newng,

    heheheh uniq yagh

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)