12 November 2011

Training Calon anggota FLP Pekanbaru @ IBS kubang

Kalender digital menunjukkan angka 12-11-11
masih cantik. Tapi nggak secantik hariku hari ini.

Semalem aku udah posting kalo hari ini ada 3 agenda. TOA FLP pekanbaru jam 8 sampai sore. Ujian statistika jam 9 dan pesta temen sekampus jam berapa aja boleh dateng, asalkan jgn malem. Hehe

jam 6.30 hujan masih aja belum berhenti. Padahal sejak tadi malam langit menumpahkan air rahmatnya ke bumi. Karena hujan, suasana masih sama seperti malam. Gelap.

Aku pun bersiap, dengan baju yang 'agak' cantik (nanti kan mau kondangan) berangkat menuju sekolah sofi. Dengan di bungkus mantel plastik melajulah kami di guyuran hujan.. Byurrr... Untung aku sudah siaga dengan celana baju tidur (bukan yang dipakai tadi malem loh ya) dan rok aku amankan di tas.

Sofi sampai dengan selamat di depan sekolahnya. Aku pun bertolak ke kampus.
Ujian masih satu setengah jam lahi. Berharap bisa dapat wifi dulu (kebiasaan) atau duduk santai di lobi sambil nonton TV.
Ternyata.. Oh.. Ternyata...

Kampus belum buka. Aku pun menjadi penunggu pertama parkir. Ku lirik kanan-kiri, depan belakang, kantin. Aaa... Nggak ada orang... Eh tp ternyata ada yang duduk di pos satpam. Ups, ternyata Hesti. Dia masuk ujian jam 8. Alhamdulillah nggak sendirian.

Aku pun berniat ganti kontum, memakai kaus kaki, dan mengganti sendal dengan sepatu yang aku simpan di jok.

Belum sempet aku selesai membuka mantel hesti menunjukkan HP nya dengan sms yang intinya NGGAK JADI UJIAN..

Lha? Aku bingung mau seneng apa lemes.

''yah... Baguslah, kalo gitu aku langsung ke kubang, Hesti gimana pulangnya?''

''Tu lah, gimana nih.''

Si hesti dengan muka kecut bak salah belum siap panen lngsung menuju tepi jalan dan menyetop angkot.

Aku langsung menuju galeri ibrahim sattah tempat ngumpul flp sebelum ke IBS kubang. Berharap masih ada rombongan dan mereka belum berangkat.

Ternyata oh ternyata....

Di galeri nggak ada orang.. Eh ada ding, 2 ibu2 yang sedang ngepel.
''Bu, rombongan FLP tadi udah berangkat yah?''
''belum ada yang datang sejak tadi dek''

walah.. Ini udah jam 08.08 tapi belum ada orang. Sedangkan pengumumannya ngumpul disini dan berangkat rame2 kesana jam 07.30. Apa jangan2 nggak jadi. Hua..

10 menit kemudian datang Said dengan mantel nyentrik nya. Hihi. Asik ada temen nunggu deh.

1 jam..
2 jam..

Baru deh datang beberapa orang (nggak nyampe 10) aku yakin inilah orang-orang yang ounya komitmen tinggi, walaupun masih kalah sih sama aku (sombong).

Dengan motor dan saling bonceng yang nggak tadi datang ngangkot, kami bertolak menuji IBS (Ihsan Boarding School. Tempatnya ternyata jauuuhhh.. banget. Udah masuk Kampar. Bukan Pekanbaru lagi. Ehem.. keluar kota bo’..

Dari jalan raya kubang, masih harus masuk jauh lagi ke dalam. Dan jalannya belum di aspal. Masih tanah kuning. Setelah Tanya sana sini, barulah kami sampai di TKP.

Subhanallah… sebuah pondok pesantren di tengah hutan. Aku kira IBS itu sekolah mirip As-Shofa gitu.. ternyata pesantren. Tampak santri wara-wiri. Dan banyak mobil-mobil mewah parkir, ternyata sedang pembagian rapor MID. Dan mereka dapat jatah libur 1 hari. Pantes banyak ortu yang datang. Aku pun mengenali sosok bapak yang berjalan deengan baju resminya. Bapak itu juga datang (maksudnya sekalian lewat) mengahampiriku. Pak Taufik. Guru BP di sekolahku dulu. Satu-satunya guru yang paling care sama aku dan semua murid, dan tentunya yang ingat namaku sesuai lafal nya. hehe.

“Wah.. Bapak.. bahagia banget Risa jumpa bapak disini” kataku sambil mencium tangan bapak takzim. (soalnya beliau nyodorin. Hehe)

Kami pun ngobrol basa basi sebentar. Bapak mengetahui kiprahku di kepenulisan saat ini, malah minta gratis satu buku antologiku (hehe), dan sangat antusias waktu tau tujuanku kesini training FLP. Dia pun berpesan agar suatu saat aku dan temen2 bisa menggelar sebuah acara kepenulisan di almamaterku. Beliau bersedia memfasilitasi. Insyaallah deh Pak, (woy.. abiturent.. mana nih..)

Suasana yang ditawarkan pondok ini nampaknya alah belajar di alam. Lihat saja, kelas-kelas yang berupa saung atau pedopo yang digunakan untuk belajar. Aku kira itu Cuma tempat penghias, atau tempat terima tamu. Ternyata itu adalah kelas-kelas dimana mereka belajar tiap harinya. Penglihatan jadi tak terbatas tembok lagi. Melihat sekeliling yang terbentang adalah rumput hijau, hutan dan suasana pondok.

Pembangunannya memang belum sempurna, baru berdiri sejak tiga tahun lalu. Tapi aku sangat tertarik dengan konsep alam yang benar2 nyata nya. intuk itu sewaktu sholat zuhur aku mendekati ustazah nya dan bertanya ini itu, ternyata santri disini di fasilitasi makan dan nyuci. Tinggal belajar aja.. uang bulanan pun terjangkau, Rp. 600.000/ bulan.
Eh sebelum acara mulai, tadi aku sempet jeprat-jepret. Hasilnya nggak bagus. Hiks. Pengen banget beli digital dan belajar photographer.


 PonPes Al-Ihsan Boarding School (IBS) Pekanbaru
foto ini nemu di blog nya bang Wamdi yang kebetulan ada aku, dengan baju pink mencolok. lagi ngobrol sama guru di Ponpes lama. nggak nyangka ketemu disana :)



ciisss... aduh sendal nya belum sempet diganti. tapi jadi matching ama bajunya :)



saung-saung ini bersebelahan dengan hutan lebat loh

baca puisi nih ye..







Setelah 3 materi, (yang intinya ada 3 tips menulis, 1.menulis, 2.menulis, 3 menulis# tips dari kak Wamdi, ketua FLP RIAU) kami pun pulang. jam sudah menunjukkan pukul 17. 15. Belum lagi urusan antar mengantar rombongan bengkalis, salute aku sama perjuangan mereka dating ke FLP. Dari bengkalis bo’.. 3 jam dari Pekanbaru. Malam ini mereka nginap disini karena besok masih ada agenda di taman kota.

Aku meluncur ke kosan temen sofi karena dari tadi dia nebang disana. Kasihan tuh bocah udah pulang dari jam 3 tapi baru pulang jam 6. Sampai di rumah, ternyata 15 menit lagi jam 7. Belom sholat magrib. Langsung saja ku ke kamar mandi dan sholat. Sempat ku lirik wajah ummi. Dingin. Duh gawat. Besok-besok bisa-bisa aku nggak diizinin lagi keluar ikut acara begini. Okkeh.. aku mau carmuk dulu. Mo nyuci, dan beres2in meja kerja ummi. Biar nggak kena marah, soalnya ini baru awal, masih ada 3 bulan lagi aku akan seperti ini setiap hari minggu. Terimakasih sudah mau baca ceritaku. ^_^
See you ^_^

Yang selesai membaca, di komen yah.. aku sangat ingin tau siapa aja yang udah baca ceritaku ^_^

11 komentar:

  1. kyaknya ntar kepincut ikhwan flp neeh?

    BalasHapus
  2. kyaaa... elu seudzon mulu guh... :P
    aku kan mo jadi alimah, sholehah, hafizah dan soimah.. huaaa

    BalasHapus
  3. Setuju ama si Aje, pasti ujung-ujungnya kepincut deh!

    Ntar cerita ya kalo dah jadian. hahaha

    BalasHapus
  4. jiaaahh... gitu deh ya padaan.... ssstt... penulis semuanya pendiem2. bukan tipe aku bangett....

    BalasHapus
  5. Belajar di alam terbuka kayaknya asik tuh sambil menikmati indahnya ciptaan tuhan. :)

    BalasHapus
  6. iyah emang asyik banget loh Feb..
    pemandangan nggak terbatas tembok :)
    bisa liat monyet-monyet nangkring di pohon. hehe

    BalasHapus
  7. di ibs itu kita diwajibkan hafiz juga?

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)