26 Oktober 2016

INSPIRASI DARI MUSEUM BATAK ,TB SILALAHI CENTER

in front of museum Batak
Baca perjalanan sebelumnya :

Dari zaman dahulu kala, orang Batak itu udah kenal sama budaya yang tinggi. Dulu bahkan ada tulisan aksara Batak, bahasa Batak , Gondang Batak, pakaian Batak (ulos), dan ada penggunaan marga. Tapi zaman kan udah modern ya. takutnya lama-lama nilai budaya makin hilang. Makanya dibangunlah MUSEUM BATAK TB SILALAHI CENTER ini. yang namanya museum pasti isinya barang-barang peninggalan budaya yang bersejarang dong ya. kalo isinya ikan itu mah namanya pasar ikan #gaklucu

Aku baca di brosurnya, museum ini dibangun selain untuk nyimpen barang-barang budaya, juga untuk menyatukan ke 6 etnis Batak yang ada di Sumatera Utara. Ada Simalungun, Mandailing, Angkola, Pakpak dan Karo (CMIIW). Bagunan museum ini dibangun super megah banget. Katanya sih museum ini dapat anugerah Cagar Budaya dan Permuseuman tahun 2014, sebagai Museum swasta Terbaik di Indonesia yang dianugerahkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kerenn…kereenn… #standing applause

ini aku kasi spoiler foto-fotonya. Dikit aja yak, biar penasaran :D
 
dari kanan : Putri, Fitri, Sponsor 1- Sponsor 2- Tika-Risa
replika rumah batak buat nyimpen perahu
Replika Masjid Al-Hadhonah Balige. Diresmikan sejak 1949.
akhirnya ketemu juga sama pahlawan Sisingamangaraja. Opung, Murid-muridku titip salam!

Oh iya. Disebelah museum Batak ini ada gedung TB SILALAHI CENTER. Isinya ya barang-barang milik bapak TB SILALAHI. Sumpah ya, ni orang menginspirasi banget. Dari anak kecil pengembala kerbau sampai menjadi seorang jendral, Birokrat dan Pengusaha Sukses. Beliau udah keliling Dunia dengan prestasi-prestasinya. Masuk ke TB SILALAHI CENTER ini bener-bener memotivasi kita yang masi muda (masih muda nggak sih?) untuk berbuat lebih banyak lagi, untuk bermimpi lebih tinggi lagi. Keren!

Di dalem TB SILALAHI CENTER ini ada panel-panel yang nyeritain sejarah perjalanan TB Silalahi dan perjalanan karirnya. Benda-benda pribadi juga ada. Kayak baju dinas, pangkat-pangkat di kemiliteran, penghargaan-penghargaan yang beliau dapat, bahkan mobil dinas yang digunakan waktu jadi MENPAN  di Kabinet Pembangunan juga ada. (Hayoo tebak siapa presidennya di Kabinet Pembangunan? Kalo nggak tau tanya anak kelas VI SD :P)
mobil dinasnya TB Silalahi
motor dan sepeda ontelnya. saksi perjuangan TB Silalahi
Yang paling menarik dari benda-benda itu menurut aku adalah pakaian-pakaian kehormatan yang diberikan oleh suku lain kepada TB Silalahi. Juga ada tanda kehormatan atas jasanya di kemiliteran dari berbagai Negara. Kayak afrika, arab dll (lupa gua :P)

Prestasi-prestasi TB SILALAHI ini membuktikan bahwa anak miskin sekalipun bisa sukses asal sungguh-sungguh, kreatif, dan kerja keras! Pengunjung jadi termotivasi untuk berkarya lebih banyak. Aku pribad yang tadinya kenal TB Silalahi dari biografi di belakang novelnya doang (Novel "Toba Dreams", bacanya minjem dari Pustaka Wilayah Riau #gakmodal), sekarang jadi tau siapa TB Silalahi dan bagaimana sepak terjangnya. Orang asli Batak yang bener-bener menginspirasi.


Yok luangkan waktumu untuk ke Museum Batak, biar lebih kenal sama Budaya Batak yang ternyata interesting banget! Dan yang paling penting, tempatnya oke banget buat hunting foto! nanti kalo kamu kesana, pasti bakalan takjub banget sama pemandangan di belakang Museum Batak ini. wonderfull! Nambah wawasan, inspratif, murah meriah, bisa dapet foto-foto keren pula! Tunggu apa lagi? Jom ke Museum Batak. #engkolmotor

sala satu spot bagus di belakang Museum Batak. Gak bakal nyesel kesini!
belakang gedungnya sengaja dikasi kaca. kerren!
Big Thanks to ibu Asrama PPG Unimed sebagai sponsor ngetrip ini #hug

MUSEUM BATAK, TB SILALAHI CENTER
Jl. Dr. TB Silalahi NO. 88 Desa Pagar Batu Balige
Toba Samosir, Sumatera Utara.
Tlp. (0632) 21588

Buka setiap :
Selasa-Jum’at : 08.00-17.00
Sabtu-Minggu : 08.00-18.00
Museum Tutup setiap hari senin kecuali tanggal merah

16 komentar:

  1. Itu lho kak... Belakang museumnya kok keren gitu. Maulah ke situ juga. Alhamdulillah deh, udah dapet alamatnya.

    Pange juga mau kenalan sama opung itu. Salam ya pung. Dari Pangeran. XD

    Sejujurnya, Pange paling salut sama yang buat Replika Masjid Al-Hadhonah Balige itu. Keren. Buatnya dari apa ya itu, kak? bambu apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
      beri 4 angka [5398] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI DARSA,,di no (((085-321-606-847)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 770 JUTA , wassalam.


      Hapus
  2. Wah, museumnya keren banget pasti nih. Aku suka banget sama sejarah-sejarah di Indonesia, sebagai warga negara Indonesia terutama pemuda Indonesia, aku ingin tau sejarah di penjuru Indonesia, karena negara yang besar adalah negara yang menghargai sejarah bangsanya.

    Oh iya, ternyata banyak ya orang-orang yang memang berawal dari nol dan bisa berada di atas. Intinya, harus semangat dan pantang menyerah. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan :D

    BalasHapus
  3. Keren juga nih museumnya, walaupun kalo dari yg gua lihat berdasarkan foto-fotonya, desain interiornya masih kalah bagus dari negara2 tetangga. Gua kalo traveling juga paling hobi berkunjung ke museum, tapi ya itu, museum di Indonesia masih belum digarap dan dikelola secara maksimal...

    BalasHapus
  4. saya pernah lihat novel dan buku tentang TB silalahi tapi gak pernah nyari tahu tentang beliau. dari blog ini saya tahu TB silalahi seorang yang keren pejuang, pengusaha hebat, dan penulis. saya belum pernah ke sumatra utara semoga suatu saat diberi kesempatan mengunjungi museum yang indah itu amin

    BalasHapus
  5. Huwaaa pemandangan di belakang museumnya bikin ga nahan. Bagus bangeeetttttttt. Keren banget foto mba yang berdiri di sebelah kanan. Latarnya bikin capture-annya makin ciamik deh.

    Dan aku jadi tau kalau ada museum seperti ini. Keren.

    BalasHapus
  6. Udah lama nggak ke museum, sehabis baca cerita kamu ini, jadi pengen berkunjung ke museum. ASik aja gitu kalau sedang ke museum, bisa melihat barang-barang antik penginggalan sejarah, banyak ilmu juga yang bisa di dapat dari sana.

    Bagian belakang museum itu emang keren banget yaa, jadi mupeng pengen foto disana juga wkwk.

    BalasHapus
  7. begitu banyak sekali peninggalan sejarah di museum batak ya mbak. Ahh kalau mengingat kota medan saya jadi teringat dengan keindahan dari danau tobanya. danau yang indah dan penuh dengan ketenangan :D

    BalasHapus
  8. kalau bicara museum, terakhir pas msaih sma itupun ketempat museum di jogja, dan sampai sekarang belum ke sana sana lagi, tapi memang musem tempat yang cukup keren bisa mengenal semua sejarah yang pernah terjadi di indonesia

    BalasHapus
  9. ini jadinya museum batak sama gedung TB silalahi itu beda kan ya?
    ga ceritain apa isinya yang d museum bataknya nih, ca?

    tapi kalo ngeliat gedung TB silalahi terus masang'' segala achivmment yang dipunya, kemudian ada sampai sebanyak itu, nggak d ragukan lagi sih kalo orang itu udah luar biasa. klo gue bikin gedung museum atas diri gue sendiri, apa yg bisa gue pajang ya? hahaha bingung sendiri.
    itu pemandangan belakangnya mantap gitu, ada lautnya

    BalasHapus
  10. wahh miss uweeek jalan-jalan mulu, iri da

    BalasHapus
  11. Kabinet Pembangunan presidennya Soeharto yang otoriter itu kan? ehe.. ehe.. :3
    sering denger nih pak TB Silalahi, cuma kayaknya di zaman presiden SBY juga ada yang marganya silalahi.. apa jangan-jangan anaknya ya. hmm

    kurang nih foto-foto di museum bataknya.. -_-

    BalasHapus
  12. mantap banget bisa berkunjung ke museum. Jadi banyak pelajar yang bisa diambil kan. Saksi sejarah lah! :)))))

    Gue udah lama banget gak ke museum nih. Kapan ya lupa.. :(()(((

    BalasHapus
  13. Ciyeee... yang lagi jalan-jalan... ciyeeeee...

    BalasHapus
  14. Wah itu pemandangannya mantep ya... keren gitu lah...

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)