13 Juli 2014

Apa itu SM3T?


Semenjak aku pulang interview tadi, dan ngejadiin komennya si Dori ini jadi DP di BBM. Meluncurlah berbagai pertanyaan, baik itu di chat BBM yang bertubi-tubi (gitu deh kalo seleb), di FB dan IG yang sempat aku posting foto ini
Sebelum interview. Follow ig aku @risah_icha ya. Haha
Oleh karena itu,ada baiknya aku jawab pertanyaan yang bertubi-tubi dan membabi buta itu di postingan ini. Jadi nanti kalau ada yang tanya-tanya lagi, aku tinggal sodorin link postingan ini. Sekalian promo blog. Muehehe

Apa itu SM3T?
SM3T adalah singkatan dari Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Dari namanya aja udah kebayang kan? Sarjana bakal ngajar di daerah-daerah termarginal di Indonesia. Daerah yang bahkan listrik aja nggak ada, daerah yang semua penduduk nya buta huruf, daerah yang nggak berilmu pengetahuan, taunya perang doang angkat senjata. Di daerah-daerah seperti itulah peserta SM3T di tempatkan. Contohnya Aceh, Papua, NTT, Natuna dll.

Tagline program yang di taja DIKTI ini adalah “Maju Bersama mencerdaskan Indonesia”. Jadi Dirjen Kementrian Pendidikan bekerja sama dengan DIKTI dan 17 LPTK Se Indonesia untuk membantu daerah 3T supaya bisa maju bersama. Jangan ada lagi daerah yang tertinggal dan hidup dalam kebodohan. 17 LPTK yang di tunjuk bertugas menyeleksi sarjana-sarjana kependidikan yang baru lulus 3 tahun terakhir, utnuk dberangkatkan ke daerah 3T dan mengabdi disana selama 1 tahun.

Apa keuntungan ikut sm3T?
SM3T ini hampir sama keadaanya kayak KKN atau yang sekarang di kenal dengan KUKERTA (Kuliah Kerja nyata). Bedanya kalau KKN kita harus bisa survive sendiri, biaya keluar dari dompet orangtua sendiri, cari tempat tinggal sendiri, dll. Sedangkan program SM3T ini di kelola oleh pemerintah,  jadi semuanya disediakan oleh pemerintah,  mulai dari biaya transport PP ke lokasi,  tempat tinggal / posko sampai ke bahan makanan pokok, seperti beras. Dan tentu saja ada bonus nya berupa uang gaji. Kalau menurut aku uang gajinya cukup besar, cukuplah buat traktir temen makan bakso, sisanya buat beli rumah. Hehehe. Tapi besar kecilnya gaji kan relative, ada yang bilang satu juta/bulan itu udah gede kok, ada juga yang gajinya 40 juta/ bulan tapi masih merasa kurang, jadi nggak bakal aku sebutin disini. Hehe
Selain ada bonusnya, setelah satu tahun ikut SM3T kita juga bakal otomatis mendapatkan beasiswa kuliah PPG (Pendidikan Profesi Guru). Kuliah PPG ini selama 1 tahun juga lamanya dan biayanya tidak sedikit, belasan juta persemester. Jadi sangat beruntung kalau bisa mendapatkan beasiswa kuliah PPG.

PPG itu apa?
PPG itu adalah program dari Kementrian Pendidikan untuk mempersiapkan lulusan  S-1 Kependidikan dan S-1 / D-IV Non Kependidikan agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan (Permendiknas No. 8 Tahun 2009 tentang PPG)
Nah lulus dari PPG, maka kita mendapatkan sertifikat PPG, yang nilainya sama dengan sertifikat PLPG guru yang sertifikasi, dengan sertifikat PPG itu, kita akan di prioritaskan menjadi Pegawai Negri Sipil dan bisa langsung ikut sertifikasi guru setelah satu tahun bertugas mengajar. Enak? Enak bangeeettt…. Cepet kayaa nih kalau jalannya mulus. Hahaha

Kenapa harus kuliah PPG?
Karena kabarnya, beberapa tahun ke depan, setiap guru harus mengikuti kuliah Profesi Guru dulu, barulah dinyatakan layak bertugas mengajar.  Kemendikbud akan membuka kelas kuliah Profesi ini tahun depan. Tapi yang namanya rencana ada yang berjalan dan ada yang nongkrong di tempat, alias cum sekadar wacana. Kita sebagai rakyat Cuma bisa menjalankan .
Buat yang berada di bidang selain FKIP, mungkin agak bingung dengan penjelasan ala aku ini. Kalau masih kepo alias penasaran apa itu SM3T, PPG, PLPG dan sertifikasi guru, silahkan main-main ke rumah mbah google. muehehhe
artikel tentang PPG:

Sekarang pertanyaannya, apakah aku ikut jadi peserta SM3T?
jawabannya YA.
Bagaimana ceritanya? Bagaimana proses pendaftarannya? Apakah orangtua mengizinkan?  Apakah aku akan mengajar dan mengabdi di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal? Apakah aku siap diberangkatkan ke Papua? Apakah aku akan bertahan?? Apa saja suka dan duka mengikuti program SM3T?
Semua jawaban ada di postingan selanjutnya.
Stay tune terus di blog ini yaaaaaa ^_^


87 komentar:

  1. hai risah!
    salam manis dari sm3t angkatan 1 :)
    semangat yaaa!
    you can.

    BalasHapus
  2. hah?? kamu ikut SM3T Angkatan 1 na? pantessss gak pernah nongol di BE. ah udah lama gak main2 ke blog mu.. meluncuuurrrrrrrr

    BalasHapus
  3. Saya mengucapkan terima kasih atas informasi yang sangat berharga ini. Sebelumnya saya memang pernah mendengar program seperti ini beberapa tahun sebelumnya Kalau nda salah programnya Sarjaa turun ke desa, Atau Sarjana penggerak pedesaan, Kalau sekarang mungkin program SM3 ini ya. Masih berkaitan dengan prorgam kementrian pengentasan daerah tertinggal kah? Hmm. Oke saya akan segera meluncur ke Link link yang disebutkan di sini. Sungguh mulia hati mu ikut program ini. Semoga tabah di lokasi tugas, dan ikhlas dalam menjalankannya

    BalasHapus
  4. Good Luck Kak Risaah, salam SM3T dari angkatan ke-10 :p

    BalasHapus
  5. top Mbak. mulia banget. penasaran gimana akhirnya di posting berikutnya

    BalasHapus
  6. Semoga masih ada sinyal di wamena :-)

    BalasHapus
  7. Wah wah SM3T. Palangka Raya termasuk nggak ya?? Btw, blog udah difollow, follback ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di palangkaraya nggak ada LPTK penyelenggaranya, jadi kalo mau ikut harus ke LPTK terdekat.
      nanti semua biaya transport di tanggung pemerintah :)

      oke deh :)

      Hapus
    2. Ampun mba... Nggak paham kek gituan -.-

      Hapus
  8. waah kak Risah keren :) semangat ya kak. semoga jalannya dimuluskan trus oleh Allah dan smoga bisa bertahan di papua.

    BalasHapus
  9. waah kak Risah keren :) semangat ya kak. semoga jalannya dimuluskan trus oleh Allah dan smoga bisa bertahan di papua.

    BalasHapus
  10. Wah,, asik nih program-nya..
    berarti kalo bukan dari FKIP bisa daftar juga gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak bisa mba....
      harus dari FKIP. :)
      kalo dari bukan FKIP da tuh program nya anis baswedan, inonedia mengajar namanya. kontrak 2 tahun. gaji 9 jutaan. tapi setelah itu nggak ada jaminan apa-apa.

      Hapus
  11. wah, mulia sekali profesinya mba, gurdacil ya?
    ayahku juga dulunya guru :)
    semoga profesinya berkah yaaa amiin

    dan anak didik mbak kelak jadi manusia yang berguna, berilmu dan berakhlak mulia,

    semoga dilancarkan semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gurdacil? apaan tuh? guru cilik? hahaha

      amin amin ya allah..

      Hapus
  12. Keliatannya enak ya walaupun masih kurang ngeh sama penjelasannya
    dibayarin pemerintah gitu ?
    Enak Banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjelasannnya masih kurang lengkap ya?
      hehehe

      iya semua ongkos dan akomodasi di tanggung, di gaji juga.. mayan lah nikmati duit pemerintah :)

      Hapus
  13. Program mengajar di daerah pelosok memang pekerjaan yang sungguh mulia, karena banyak guru yang enggan untuk mengajar didaerah pelosok.

    Itu program pemerintah ya? sejenis Indoensia mengajar kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget. apalagi di Riau. minat ikut program ini Sedkit. kontras anget saama daerah daerah lain. yg daftar ribuan. kami yang daftar nggak sampe 200 :)

      iyaa, KEMENTRIAN PENDIDIKAN ITU kan pemerintah. :)
      indonesia mengajar bukan program pemerintah dan tidak ada jaminan kuliah setelahnya. :)

      Hapus
  14. wah bakal meneruskan generasi founder nih :3
    tapi jangan lupain kita kak Icha :3

    semangat buat SM3t nya :D
    enak dong kesananya dibayarin pemerintah :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang si Nico ikut program ini juga ya? pantes aja dia ngilang dari peredaran. kemaren sempet denger juga sih dia tugas ngajar di pelosok.
      andaikan dia tulis di blog nya, betapa indahnya dunia. hahhaa kan yg lain jadi tau dan nambah wawasan juga :)

      Hapus
  15. wah, keren nih jadi guru di perbayasan gitu..
    good luck, kak. ditunggu kelanjutan postingannya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya sih gitu. semoga aja masih ada jaringan disana. heheh

      Hapus
  16. Udah titip,salam ke si teguh belum? #ups #melipir

    BalasHapus
  17. wah, keren banget bisa ngajar, dapet gaji sekalian dapet pahala tuh masuk dalam ilmu yang bermanfaat..lengkap sudah deh kalo kayak gitu Risah...kamu keren!! Aku juga pingin deh,,but I haven't fund the way @.@

    BalasHapus
  18. Oh ini alasan Kak Risah ke Papua. Oh, setahun? Wah jangan-jangan kamu ngilang setahun juga ya? Kan katanya listrik juga susah masuk. Apalagi jaringan internet. Ah tapi semoga lancar ya Kak, semangat!

    Hihihi iya bener kata kamu Kak, besarnya gaji menurut tiap orang beda-beda, tergantung kebutuhan. Ya berapa pun gajinya yang penting berkah dan halal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah disana ada listrik dan sinyal. tapi kalo sinyal internet belum tau deh ya..

      iya bener bgt dek. makasih support nya. doain yaaaa... :)

      Hapus
  19. keren dong, kakak :O
    kan, nggak gampang, setahun gitu di daerah yang 3T itu tadi .-.
    apalagi nggak ada listrik (mayoritas). kalau sinyal gimana yah?
    waah, tapi pokoknya kerreeeennn!!!! pasti pengalamannya ngak sebanding deh, berharga banget >< mau deh, kayak kakak .-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang pengalaman yang mau aku cari kesana ai :)
      karna experience is the best teacher. dan peluang ini nggak semua orang bisa dapatkan. makanya aku mau bersusah-susah hidup serba terbatas disana. aku mau mencobanya :)

      Hapus
  20. akhirnya, selamat menikmati keterbatasan dan mensyukuri apa yang belum sempat disyukuri
    pengalamannya loh yang paling penting
    jujur aja di daerah 3T sangat minim sarana dan prasarana, tapi dari situ kita bisa lebih intropeksi diri
    semangat ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iyalah mas ansor, namanya juga daerah 3T, ya minim fasilitas... insyaallah aku udah siap utnuk itu. mohon doanya

      makasih ya mas :)

      Hapus
  21. Kakakku juga guru, dan kalo nggak salah dulu dia pernah ikutan macam kayak PPG beginian,
    Bagi aku profesi guru itu sangat mulia, apalagi buat seorang wanita, wanita bakal naik level kecantikannya 100kali kalo dia jadi seorang guru....
    hehehehe

    BalasHapus
  22. oya??? wah kalo udah lulus PPG tinggal nunggu pengangkatan jadi PNS aja tuh..

    BalasHapus
  23. Sudah sepatutnya program seprti ini dapet dukungan dari pemerintah pusat sepenuhnya jadi sarjana yang lulus itu benar - benar berguna :) jadi Sesuai Pembukaan UUD45 yang mengatakan bahwa mencerdaskan bangsa itu bisa terwujud :)

    BalasHapus
  24. Hai mbak Risah :) Terimakasih sudah memberi pencerahan. Aku semester 4 nih dan masih bingung besok mau ikut SM3T dulu apa gimana. Mmm boleh dong bagi pengalaman suka duka nya ikut SM3T.

    BalasHapus
  25. Tulisannya bagus, tapi kalimat "daerah yang semua penduduk nya buta huruf, daerah yang nggak berilmu pengetahuan, taunya perang doang angkat senjata. Di daerah-daerah seperti itulah peserta SM3T di tempatkan. Contohnya Aceh, Papua, NTT, Natuna dll." terlalu berlebihan.
    Kalo daerahnya seperti yang anda gambarkan artinya daerah itu tidak ada sekolah, artinya bukan lahannya SM3T.

    SM3T ACEH

    BalasHapus
  26. Mau juga ikut kaya gtu, dikalimantan tengah ada enga ya?? sekarang aja q masih bekerja sebagai guru honorer.

    BalasHapus
  27. Mau juga ikut kaya gtu, dikalimantan tengah ada enga ya?? sekarang aja q masih bekerja sebagai guru honorer.

    BalasHapus
  28. makasih banyak mbak informasinya mengengai SM3T,salam kenal ya

    BalasHapus
  29. makasih banyak mbak informasinya mengengai SM3T,salam kenal ya dari harga Advan S4e

    BalasHapus
  30. assalamu'alaikum ka risah..
    wah pengalaman kaka menarik sekali, oya ka saya dan teman teman saya sedang mendapat tugas penelitian tentang SM3T. saya mau minta ijin kira kira saya boleh mengambil beberapa pengalaman dan foto foto tentang SM3T kaka tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh.... ambil aja, asalkan di cantumkan sumbernya

      Hapus
  31. insya allah,,, sya tertarik untuk mengikutinya,, doakan ya,,,,

    BalasHapus
  32. Penenmpatannya sendiri2 atw berkkelompok??

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu sekolah ada yang sendiri, ada yang berdua. tergantung kebutuhan dan kuota

      Hapus
  33. Kalau boleh tahu SM3T angkatan berapa buk?
    Saya juga pernah lolos seleksi sm3t, biarpun akhirnya mengundurkan diri karena suatu hal.

    BalasHapus
  34. Mff kak,
    Q msh bingung pnjlasan daerah trdepsn,trluar dsn trpencil itu sndri p?
    Tlong pnjlasannya y kak :)
    Mkasih :)

    BalasHapus
  35. @desi : 3T itu ya daerah yg paling ujung di indonesia. terdepan itu artinya daerah yang terletak paling depannya indonesia yang berbatasan dengan negara lain. terpencil ya yang paling pojok letaknya..

    @guru pantura : saya sm3t angkatan IV. kenapa mengundurkan diri? waduh sayang bangettt...

    @nurmala sari : penempatan berkelompok.. nggak ada yang sendiri, minimal berdua. kalaupun beda sekolah, pasti disatukan dalam satu posko. insyaallah aman


    silahkan ambil foto-foto dan mencantumkan sumbernya.

    BalasHapus
  36. Mbak itu hrus lulus dr FKIP dlu ya mbak?trus hbis itu jalurnya gmna?

    BalasHapus
  37. SM3T di Banjarmasin ada ga ya yg ngadain buat ikut daftar, soalnya saya lulusan fkip universita lambung mangkurat kalsel

    BalasHapus
  38. perkenalkan saya hapsari, semester 8 sedang berjuang menyelesaikan skripsi.. info blognya bermanfaat. mau tanya SM3T sdah meluluskan berapa angkatan yh mba Risah ?? kalaupu sdah mengikuti program ini apakah sebagian besar di terima mnjadi pns ?? trimakasih

    BalasHapus
  39. kunjungi juga di www.bismacet.com

    BalasHapus
  40. Mba risah, apa yg disampaikan benar adanya, bagi sarjana yg ikut SM3T mesti bener2 berani berkorban buat segalanya, soalnya perjuangan dengan waktu, tempat, dan suasana yg jelas berbeda dengan tempat atau wilayah perkotaan, namanya juga 3T.
    Kebetulan saudara saya jd peserta SM3T angkatan V dari UPI. Dan sekarang di tempatkan di kab asmat papua.
    Bagaimanapun yg mba sampaikan bahwa akan ada penggantian uang transfor dll. Tetap saja bagi guru itu tepatnya pahlawan tanpa tanda jasa ..

    BalasHapus
  41. Mba risah, apa yg disampaikan benar adanya, bagi sarjana yg ikut SM3T mesti bener2 berani berkorban buat segalanya, soalnya perjuangan dengan waktu, tempat, dan suasana yg jelas berbeda dengan tempat atau wilayah perkotaan, namanya juga 3T.
    Kebetulan saudara saya jd peserta SM3T angkatan V dari UPI. Dan sekarang di tempatkan di kab asmat papua.
    Bagaimanapun yg mba sampaikan bahwa akan ada penggantian uang transfor dll. Tetap saja bagi guru itu tepatnya pahlawan tanpa tanda jasa ..

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Karena saya masih SMA, dengan beginian kurang paham dah. Hehehehe

    BalasHapus
  44. setelah membaca tulisan ini saya menjadi semakin terinspirasi untuk dapat mengikuti program SM3T. kebetulan bulan ini ada pendaftaran acara menyapa negriku, dan acara yang dilaksanakan oleh dikti ini merupakan kesempatan yang sangat berharga dan langka, setelah membaca tulisan di blog mbk ini saya jadi semakin ingin memantapkan niat saya. Do'akan saya ya, apa yang saya dapat dapat beranfaat bagi yang lain juga.. Aamiin.

    BalasHapus
  45. Kak risah aku salah satu adik junior kakak di PGSD UR. Karena sebentar lagi insyaallah aku wisuda februari ini, aku punya planning mau ikut SM3T tapi dengar kabar akreditasi jurusan kita mempengaruhi kelulusan administrasi untuk ikut SM3T. Emang benar gitu ya kak? Kalau memang iya, Aku ragu kak padahal aku pengen banget ikut program SM3T tahun ini kalau dibuka. Semangat terus buat Kak Risah :)

    BalasHapus
  46. bisa ga tamatan UIN masuk SM3T?

    BalasHapus
  47. Sungguh tulisan ini menginspirasi sekali mba. Semoga menjadi amal jariah yang tidak putus putus. Saya masih kuliah semester 8 untuk saat ini. Semoga setelah lulus saya dapat mengikuti jejak njenengan dalam pengabdian sm3t ini.. Sukses untuk kita semua mba :D

    BalasHapus
  48. amin...makasih puguh udah kepoin postingal blog sayaa. semoga jadi ya ikut sm3t nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya mbak saya mau tanya semisal saya lulusan di univ.tidar magelang tapi di un.tidar tidak ada LPTKnya padahal lulusan LPTK termasuk syarat ikut sm3t terus kita ikut ke LPTK UNY apa itu bisa ?

      Hapus
  49. Jadi nggak sabar mbak nunggu pendaftaran SM3T angkatan VI .. :D terima kasih inspirasinya..

    BalasHapus
  50. Wah.. informasi yang berharga sekali.. terima kasih blogger.

    Salam buat para calon pengajar untuk kemajuan bangsa indonesia.

    BalasHapus
  51. Wah.. informasi yang berharga sekali.. terima kasih blogger.

    Salam buat para calon pengajar untuk kemajuan bangsa indonesia.

    BalasHapus
  52. Kak, mau bertanya apakah lulusan UIN bisa daftar SM3T? Mohon responnya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa dek. karena bukan di bawah naungan Dikti. tapi Depag

      Hapus
  53. kak, saya mau tanya...
    saya lihat di internet SM3T uda mulai buka tgl 6 juni- 4 juli 2016.
    tapi, gitu mau log in daftar yg keluar pendaftaran program SM-3T 2015.jadi, cara untuk mendaftar yg tahun 2016 bagaimana kak?
    mohon di jawab, saya takut ketinggalan informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak ikut jg ngak? KLU blh tau dpt tes dmn kak

      Hapus
  54. saya udah daftar nih..trus klo penempatannya itu apa kita yg milih sendiri atau gimana??

    BalasHapus
  55. Terimakasih kak infonya. semoga saya bisa ikut sm3t Setelah saya wisuda nanti, serta lulus PPG. Amin ya Allah

    BalasHapus
  56. Keren, jangan bosen berbagi pengalaman kak.

    BalasHapus
  57. Salam kenal mba, tulisan mba menambah keyakinan saya untuk mengikuti SM3T, tapi sepertinya saya telat cari info. Kalo boleh tahu, kapan lagi ya di buka pendaftarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya telat nih. baru aja 2 bulan yang lalu sm3t Angkatan VI Berangkat ke penempatannya. kalo mau daftar palingan ya tahun depan dah. sekitar bulan maret

      Hapus
  58. Makasih kak Infonya, aku insyaAllah ikut pendaftaran tahun 2017 nanti. BIsmillah

    BalasHapus
  59. program sm3t sudah lama ada ya? dari tahun brp sih program ini dimulainya?

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum
    Saya mau nanya
    Sm3t itu nantinya kita akan menjadi guru tetap disana apa kita bisa pulang ke daerah sendiri ?
    Mohon pencerahanya

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)