09 Agustus 2014

Sebatang Batrai Dari Seorang Sahabat

Pernahkah kamu mengalami perpisahan? Kamu harus melanjutkan kuliah ke kota yang berbeda, kamu berpisah dengan teman-teman SMA mu, kamu harus kerja di tempat yang jauh, pasti ada teman-teman kuliah yang kamu tinggalkan. Itu dia yang namanya perpisahan.

Terkait dengan keberangkatanku ke Ppaua yang tidak lama lagi, Dalam beberapa minggu ini aku jadi disibukkan dengan yang satu itu. Perpisahan dengan teman ini-teman itu, senangnya, ada beberapa sahabat yang memberikan aku kado perpisahan (agak menyedihkan namanya)

Salah satu kado perpisahan yang unik adalah dari sahabatku selama ngajar di SD An Namiroh 3. Dia ini temen yang paling longor (dia sendiri yang ngaku dirinya longor), temen paling ngaco, paling error dan paling jengkelin.  Tapi dia ini yang paling suka memuji. Apa aja pasti dia puji, mau datang ke sekolah pake baju lecek, dia pasti tetap bilang aku cantik! Mau lipstikku harganya murahan, dia pasti tetap muji warna lipstikku bagus, dia selalu memuji aku pintar, aku is the best dan lain-lain yang kadang kalau lagi nggak sadar, bisa bikin lupa daratan.


Selain suka memuji, ni anak juga rajin banget. Kalo nyapu suka nggak pake mikir, setiap ada sampah pasti di sapu. Kalo dateng ke kelasnya, pasti seringnya dia lagi nyapu. Bahkan kalo dia main-main ke kelasku, kelasku juga ikut di sapuin sama dia. Rajin banget kan? Kalo di ajak bertamu  kemana-mana  juga berguna banget. Dia pasti langsung mencuci piring sebelum pulang. Dan yang pasti dia cewek paling cantik di sekolah. #ini beneran nggak bohong, nggak gombal.
Kenalkan, namanya Astri. High quality Jomblo! Hahaha
waktu aku take picture ini di kelasnya, dia lagi bagi-bagiin kue lebaran ke anak2 muridnya ba'da sholat dhuha. baik banget kan ni anak.. ckck
selesai sholat dhuha. nunggu suapan kue dari bu guru nya yang cantik! :D

Ceritanya waktu tadi halal bi halal ke rumah-rumah guru, waktu sampe di rumah aku, dia meninggalkan map. Ada tulisannya yang acak-acakan di depan kado. Aku nggak sempat buka karna setelah rombongan guru-guru dari rumah aku, masih ada rumah yang harus aku kunjungi. Pulang dari ajojing sana-sini dengan Sari, Astrid an Kak Nana dengan dua buntut nya, baru deh aku buka kadonya.
entah surat model apa ini -__-
baru kali ini dapat kado yg di bungkus pake amplop. udah gitu ditulis pake tulisan "bagus" banget kek gini :D

Mau tau isinya apa?
woww....!!! Sebuah jilbab cantik!
                 dan benda imut ini....
Iya bener banget. Ini batrai merek A*C
Aku langsung seudzon. Jangan-jangan ni anak pernah nyolong batrai jam di kelas aku, dan sekarang dia baru sadar dan mengembalikannya. Aku juga sempat  mikir, ini batrai buat di pake di Papua karna disana nggak ada jual batrai. Ternyata rasa penasaran aku terjawab karna di dalam map ada surat dengan tulisan yang sama berantakannya dengan tulisan di depan map. Perasaan di papan tulis tulisan astri nggak sejelek ini deh. Dengan kening berkerut berusaha mengeja tulisannya dan  napas yang memburu karna penasaran, aku mulai membaca suratnya….

Tulisan dibawah ini sgt membuat sakit mata, DON’T TRY THIS AT HOME ya. (Kata-kata awalnya aja udah keliatan eror nya nih anak)
Sukses terus aja buatmu….
Maju terus, jangan pantang goyah…
Entah apa yang mau aku tulis,, tak pandai merangkai kata-kata aku dow. Kek nya perlu wejangan dari ustazah Haritsah Salim, S,Pd. Hihihi
At least, mu harus tetep semangat and pantang menyerah and ikhtiar trus and musti semangat rela berkorban and bla..bla..bla.. (aku masih nggak tau ini surat macam apa -___-)
Hebat mu, mantap mu pokoke the best lah buat mu, udah mantap buat keputusan untuk nentuin pilihan hidup mu yang lebih baik kedepan. (nah kan, liat aja tuh dia hobi banget muji orang)
  1. Jilbab itu untuk identitas kita, orang yang patuh, taat dan berpendidikan.. walaupun kita SARJANA, (dia emang hobi banget membesar2kan kata SARJANA INI, karna ngedapetinnya susah katanya) kita nggak lupa sama ALLAH.
  2.   BATRAI Ini analoginya hidup itu ibarat batrai pada jam. Kalau nggak ada salah satu komponennya gak bakal bisa dipakai. (ya iyalah oon ) maksudnya gini, Cin. Walopun mu mijak tanah Papua, gak mempengaruhi kualitas hidup kalo Cuma Omdo and kebanyakan mikir tanpa aksi. Harus kita sempurnakan kewajiban kita barulah kita bakal dapat hak kita yang sempurna pula (red, kualitas diri)
  3. Point ini dan selanjutnya tidak bisa ditulis di blog ini. Biarlah antara aku dan Astri, biar romantis #eaaaa

Jadi guru cantik satu ini ngasi batrai ternyata ada filosofi nya. Di sms dia juga bilang mu bilang sama orang papua, batrai itu bisa menghidupkan benda mati kayak jam. Sama kayak kita. Harus punya semangat, rela berkorban, baru bisa buat hidupkan hidupmu supaya lebih cerah lagi (ini si astri ngomong apaan siiii… -___-)

 Aku jadi terharu deh… walaupun tulisannya jelek, acak-acakan, tapi surat ini membakar semangatku untuk tetap mengabdi di tanah Papua. Batrai ini ibarat pemompa semangatku. Aku nggak akan biarkan batrai ini habis, aku akan manfaatkan dan jaga batrai ini baik-baik. Batrai ini adalah power bank diri aku untuk terus survive.

Terimakasih teman, terimakasih sahabat, dengan batrai ini akan ku daki gunung, akan ku sebrangi sungai, akan ku tapaki jalanan terjal, demi mencerdaskan anak-anak penerus bangsa di tanah Papua.

Doaku selalu mengiringi langkahmu, Sob. Cewek pekerja keras sepertimu harus sukses dimasa depan. Sukses karir, sukses percintaan. Hahaha..


Overall makasih banget, Beb! Makasih atas pinjaman lipstik pink yang mahal. Aku sering pake nggak bilang-bilang, maaf ya. Hahaha. Makasih udah maksa-maksa aku untuk daftar SM3T ini, padahal kamu yang ngajakin aku daftar,  kamu yang pengen banget bisa lolos dan ikut program ini, malah mu yang belum lolos tes. Kalau orang lain mungkin akan marah, benci atau iri. Tapi kamu enggak, Beb. Kamu malah terus support aku tiap hari tanpa henti, dan kasi aku batrai ajaib ini. Makasih beb. Makasih bangeett… #jadi terharu nih. Huhuhuhu…

22 komentar:

  1. Balasan
    1. kata-kata ini bagus mbak "sempurnakan kewajiban kita barulah kita bakal dapat hak kita yang sempurna pula

      Hapus
  2. wah gilaak, udah lama ga main ke blog ini. hahah
    seru banget ya, punya temen, sekaligus sahabat yg selalu support diri lo.
    dan beruntung banget, karena lo udah nemuin itu. gue sendiri, masih proses pencarian sih. hahah. ngenes banget

    klo smua hal yg disebutin bener, temen lo itu cocok jadi istri idaman. hahah. suka muji, baek. coba tambahin bisa masak, dan jagain anak. hahahha.
    walaupun pergi jauh, haati kalian bkalan ttep nyatu. yah, namanya juga sahabat. sahabat itu, ga hrus yg selalu berdekatan, dan komunikasi tiap jam atau tiap hari, karena sahabat itu, ga ad duanya.

    sukses terus yaak, buat perjalanannya semangat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya zi.. gue juga udah lama nggak main ke blog elu, baru aktif nge BW lagi ini karna lagi ada wifi di hotel. haha


      iya itu bener semua tau bukan fiksi. kalo masalah masak belum pernah nyobain masakan dia..

      bener banget. gue udah pernah kehilangan satu sahabat, gue nggak mau kehilangan sahabat lagi. makasih zi :)

      Hapus
  3. hahahaha kocak ya itu :D

    tapi justru itu yang paling berkesan. ga masalah barangnya gak mewah atau gimana, yg penting makna dari kado itu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagian gue udah bosen juga dikasi kado barang mewah dari fans gueh. wkwkwk #ngayal

      Hapus
  4. Wah, filosofis.. tapi kok batu batrei-nya cuma satu ya..
    kirain batu batreinya satu kardus mie instan, jadi kan buat persediaan listrik kalo di papua gak ada..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klao banyak-banyak nggak unik lagi dong jadinya.... :D

      Hapus
  5. mayan juga teman kakak haha :v
    keren aja rasanya punya sahabat seperti dia kak, menasehati dan menyemangati
    kalo dia batre, nanti aku kasih kakak botol sirup

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslinya lebih cantik dari di foto. dia nggak fotogenic anaknya

      botol sirup? filosopinya apaan tuh?

      Hapus
  6. lumayan dapet batre ya bu ustadzah :)
    btw pasti pada kangen semua tuh ank anak yang disana T_T
    dan bersyukur punya temen seperti kak Astri ...
    dia udah kasi semangat , juga guru2 yang lain loh jadi semangat yah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti, walaupun baru bentar doang jadi wali kelas. pada nangis aku tinggalin. muhehehe

      iya, seneng punya temen kayak dia :)

      Hapus
  7. Kadonya unik ya, ada filosofinya juga. Bendanya sederhana tapi sarat makna :')
    Beruntung banget punya temen n sahabat yang kayak kak Astri, tetap nyemangatin kak risa walaupun sebenarnya dia yang pingin lolos
    Kapan kak berangkat k papuanya ? atau memang udah d papua ini?
    Kita berada di ujung indonesia :D Aku dibarat, kakak di timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. unik banget. makanya aku posting di blog :)

      itulah, jarang2 ada temen kayak gitu kan? ikhlas banget dia.

      tanggal 29 insyaallah, sekarang lagimasa karantina nih... makanya bisa ngeblog, manfaatin wifi di hotel nya kenceng.:)

      Hapus
  8. Batrenya cuman sebiji gitu? Kirain sedus hhe

    Di papua pasti ada batre, yang jadi masalah itu harganya. Setau gue harga-harga barang di papua itu bisa beberapa kali lipat di banding di jawa, kan gak lucu beli batre doang harganya seratus ribu misalnya hha

    BalasHapus
  9. emang! harga di sana 100 kali lipat. mie instan di sana 6000 kang! minyak goreng sekilo 100rebu.

    aqua gelas aja sebiji 5.000. kalo disini mah kan cuma 500 perak...

    BalasHapus
  10. cieee dpt BATRAI NIY yhee,,,CAKEP batrai ny,,,kya Risahh :). (jg batrai ny,, pasangan ny ud ak pakai d jam tangan ALBA ak hihihi,,)

    BalasHapus
  11. aseekkk tuh, pasti ga bakalan terlupa hadiah baterenya... ehhehe

    ntar kalo dah nyampe papua apa masih ngeblog juga kak?

    BalasHapus
  12. ada typo tuh pas nulis Papua.. artinya longor apa ya? kok aku nggak tau sih hahaha..

    ciyee perpisahan dengan astrinya syahdu banget. oh iya.. itu filosofi baterainya keren juga ya hahaha

    BalasHapus
  13. temen kamu so sweet banget Risah, sampe ngasih surat dan barang barang yang mengandung filosofi, keren dah pokoknyaaaa... :D

    jadi kamu segra mau ke Papua donggg Risah...hati hati yaaa..and have an amazing lifeeeee!!! OWh, jangan lupa juga yatetep jadi blogger keceh :)

    BalasHapus
  14. Hahaha,, keren tulisannya tuh ada gambar orangnya lagi,, tapi, terkadang justru hadiah berupa tulisan tangan lho yang paling berkesan. Entah kenapa.

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)