31 Oktober 2011

FTS Spesial Ultah WR-MIMPI ITU TERWUJUD DISINI

Pernahkah kalian bermimpi ingin bisa punya buku? Ingin di halaman terakhir tercantum biodata dan foto kalian dengan judul “biodata penulis”, ingin buku yang berisi tulisan kalian dibaca orangtua dan mereka tesenyum bangga?

Kalau jawabannya Ya, kalian punya mimpi yang sama denganku, dan sedikit-demi sedikit aku telah mewujudkannya. Ingin tahu caraku?

Tanggal 15 Maret aku memutuskan untuk bergabung di Writing Revolution. Jujur saja, yang membuatku tertarik adalah namanya “SEKOLAH MENULIS CERPEN ONLINE” dan fasilitas pemegang kartu anggota bisa gratis ikut seminar menulis selama 3 tahun yang diadakan oleh WR di seluruh indonesia. Keren bukan?

Setelah melakukan proses pendaftaran, aku mendapatkan 4 modul dan tergabung dalam beberapa grup penulis yang membuat gairah menulisku menggebu-gebu. Aku pun segera menuliskan ide yang sudah lama bertengger di kepala lalu dengan PD aku mengirimkannya untuk di koreksi. Ternyata apa yang aku terima? Cerpenku jadi warna-warni, jumlah halamannya pun bertambah dengan selipan-selipan perbaikan. Sempat tertawa dan bingung harus mulai memperbaikinya dari mana. Tapi aku terus belajar hingga kini cerpen tersebut sudah terbit dalam sebuah buku kumpulan cerpen berjudul “Ketika Cinta Membiru” bersama empat orang sahabat FB lainnya.

Masih ada lagi dua buku yang memuat tulisanku di dalamnya, seperti di buku “senarai Tarian Imaji” terdapat ceritaku mengawali menulis, berharap siapa pun yang membaca tulisanku dapat terinspirasi untuk mulai menggoyangkan penanya.

Tujuh bulan berlalu, aku masih terus belajar disini. Mengikuti berbagai program yang ada di Writing Revolution, seperti bedah cerpen, bedah puisi dan masih banyak lagi program menarik lainnya. Dan saat ini aku telah di daulat menjadi Sekretaris yang mengurusi bagian pendaftaran. pekerjaan yang membuatku bangga, karena setiap hari ada saja calon anggota yang bertanya tentang WR, setiap hari pula ada saja bebagai kalangan ikut mendaftar di WR. Bahkan imigran yang bekerja di luar negri, dosen, perawat, dokter dan banyak lagi mereka yang sibuk tapi masih ingin belajar menulis. Kenapa kita tidak?

Belajar menulis tidak harus tatap muka dan duduk dikelas, belajar menulis bisa dimana saja kapan saja. Kita punya fasilitas internet yang mendukung untuk bisa belajar dan berkarya. Bergabunglah di WR, dan kau akan merasakan sensasi gairah menulis yang luar biasa. HAPPPY BIRTHDAY WR!



DL: 05 November

1. Tema: Menggapai Impian Menjadi Penulis Hebat Bersama Writing Revolution.
2. Khusus hanya untuk anggota Writing Revolution (SMCO, SMPO, SMAO dan SMNO).
3. Semua FTS Spesial Ultah WR yang menarik dan menginspirasi akan dibukukan secara indie sebagai kado istimewa ultah WR. Semua royalti dari hasil penjualan buku dipergunakan untuk hadiah iven lomba WR selanjutnya.
4. Kriteria penulisan naskah: maksimal 350 kata, biodata narasi 80 yang ditulis di bagian bawah tulisannya.
5. Naskah WAJIB dipublikasikan/ditulis di Note/Catatan FB atau Blognya dengan mencantumkan logo WR. Untuk mendapatkan logo WR silakan klik link ini lalu klik kanan gambarnya (pilih Save Image As... untuk memindahkan ke laptop/komputernya): http://2.bp.blogspot.com/-R3_-y3czC5I/Tpes1UviplI/AAAAAAAAAoI/F9Bksquj354/s1600/Logo+Writing+Revolution.jpg
6. Tulis di judul Note atau Blog kamu: FTS Spesial Ultah WR-Judul Tulisan
7. Dewan juri akan memilih 5 FTS paling inspiratif yang akan mendapatkan hadiah buku antologi FTS Spesial Ultah WR dan e-sertifikat.
8. Copas link Note/catatan FB atau Blog kamu ke bagian komentar (Dokumen ini) untuk didata.
9. Cantumkan informasi ini di bagian bawah Catatan FB atau Blog kamu.
10. Koordinator: Anung D'Lizta dan Fransiska S Manginsela.

---------------------------------------------
Alhamdulillah, Writing Revolution (WR) genap berusia 1 tahun pada tanggal 10 November ini. Berawal dari keinginan berbagi pengalaman dan teknik menulis cerpen bagi adik-adik FLP Riau waktu, tercetus ide untuk membuka sekolah menulis online (mulai berjalan 19 Desember 2010). Antusiasme yang di luar dugaan, 12 hari sejak dibuka pendaftaran pertama tercatat ada 64 peserta SMCO. Mereka ini angkatan sulung sekolah menulis online WR, dan subhanallah mereka sungguh telah menunjukkan sebagai kakak tertua yang hebat dengan berderet prestasi yang mereka ukir termasuk sebagai pemenang pertama dan ketiga Lomba Cerpen Remaja I WR. Luar biasanya, pada pembukaan pendaftaran angkatan kedua, Januari 2011, ada 210 orang yang mendaftar. Sungguh sambutan yang begitu dahsyat yang rata-rata mereka adalah penulis pemula yang bersemangat untuk mengasah keterampilan dan kemampuan menulisnya.

Memasuki bulan kesepuluh sejak pembukaan sekolah menulis online WR, sudah ada 1100 orang peserta. Sebuah kebanggan dan prestasi bagi semua warga WR yang semakin eksis dalam memberikan sumbangsih untuk membangun peradaban Indonesia lebih maju. Dalam umur yang masih sangat belia ini, warga WR sudah dan akan terus memberikan sumbangan pemikiran dari tulisan-tulisannya untuk memberikan inspirasi bagi pembaca di Tanah Air.

Semoga visi dan impian kita untuk bisa melahirkan 1 juta penulis hebat berkarakter kuat bisa terwujud untuk membangun peradaban demi menjadikan Indonesia lebih bermartabat di mata dunia.

Salam Penulis...!

4 komentar:

  1. wah..pengalaman yang sungguh menginspirasi banget.
    selamat yah,mimpinya sedikit banyak udah kewujud.
    pengen dah mengikuti jejak kamu, tulisan gue dimuat dibuku..
    btw, link WR apa?
    kalo genre tulisan komedi kira" diterima nggak ya??
    :)
    tenkyu cerita inspiratifnya..
    tenkyu jg dah mampir ke blog gue dan comment..
    :p

    BalasHapus
  2. makasih... hihi.. jadi malu aye.. hehe..

    linknya klik aja blog resmi writing revolution di daftar link ane. lirik <<<<

    komedi disana mah laku banget. udah ada 1 buku antologi komedi yang terbit, 1 lagi masih proses terbit..

    BalasHapus
  3. makin banyak kontes saja. menurut saya keterampilan menulis itu tidak mungkin bisa diajar atau dg teoritis. keterampilan itu hnya satu cara, yaitu mulai membuatya hari ini. jadi walao ikut pelatihan pun indah dan seni menulis tidak akan kita dapatkan

    BalasHapus
  4. betul juga " mulai membuatnya hari ini"
    tapi pendapat orang kan beda-beda mas Rusydi.. :)
    kalau aku malah perlu bimbingan dan teori.. :)

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)