12 Oktober 2013

Perpisahan dan Rencana Masa Depan

*Disarankan menyiapkan cemilan, atur posisi biar nggak pegal.
 Karna postingan ini cukup serius dan panjang*

Ada pepatah basi yang bener-bener basi banget bilang : “Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan”. Walaupun pepatah ini basi, tapi waktu kita rasakan luamayan bikin sesak. Antara mau sedih dan seneng.

Sedih karna satu persatu teman, sahabat mulai pergi.
Senang, karna satu persatu teman dan sahabat memulai langkah baru dalam hidupnya. Memasuki dunia kerja. Kata orang, lulus kuliah itu bukan akhir. Ini justru awal hidup kita bermula. Dan inilah kami. Para mantan mahasiswa yang baru selesai wisuda seminggu yang lalu. Berkumpul di taman kota Pekanbaru. Mungkin inilah ngumpul terakhir kalinya, karna salah seorang sahabat kami akan pergi memulai hidup barunya (bukan nikah lo ya!) he is Roy!

Besok Roy bakal berangkat kembali ke kampung halamannya. Di Kepri (Kepulauan Riau) sekitar 4 jam naik mobil dan 15 jam kalau naik kapal. Cukup jauh. Untuk itu Roy mungkin nggak balik-balik lagi ke Pekanbaru. Kecuali ada hal-hal penting mungkin.


Selamat Jalan Royyy.......... -____-

Di kampungnya, tepatnya Tanjung batu. Roy bakal memulai hidupnya. Statusnya sebagai mahasiswa sudah copot sejak seminggu yang lalu. Saatnya menghasilkan uang dengan bekerja!
Acara ini terlaksana akibat idenya Dila. Kalau Dila dan Qisty nggak maksa-maksa kami yang sok sibuk ini buat ngumpul, mungkin nggak akan pernah ada acara pertemuan terakhir dengan Roy. Walaupun emang agak susah nyari waktu buat ngumpulnya, tapi akhirnya kami bisa hadir di taman kota sore tadi. Inilah dia sohib-sohibku di kampus.
 
dari kiri : Rahmad, Dila, Aku, Ori, Qisty, Roy
Akan aku perkenalkan satu persatu di lain episode. Kalau di ceritain disini kepanjangan.
Sebenarnya sahabat-sahabat aku di kampus bukan Cuma mereka. Dan mereka juga punya banyak teman dan sohib lagi selain kami berenam. Tapi di penghujung kuliah, aku rasa aku paling dekat dengan mereka-mereka ini.



Selain acara foto-foto, kami juga bikin acara semacam time kapsul. Tapi karna idenya dadakan (idenya dari aku dong. Berterima kasihlah kalian sama aku :p) jadi nggak ada botol dan kertas. So, kami bikin via video dan blog ini yang akan menyimpan sejarahnya! (wah keren ya blog ini)
Jadi ceritanya kami menceritakan / merencakan apa yang bakal kami lakukan setelah lulus ini. apa rencana beberapa tahun kedepan, mau kerja di mana. Dan apa aja yang harus dicapai. Setiap orang harus mengawali dengan mimpi, bukan?

Blog ini akan mencatat mimpi-mimpi kami. Dan kita akan lihat, beberapa tahun kedepan. Mimpi siapa yang sudah terwujud. Yuk kita Simak planning masa depan sohib-sohib terkece ini

Rahmad Maulana

Si Rahmad yang Handsome ini sampai sekarang masih penganguran kelas berat. Artinya sama sekali belum kerja apapun. Kecuali kerjaan mulianya di Musholla tempat tinggalnya. Dalam minggu ini Rahmad baru saja selesai wawancara di Bank Danamon. Keinginannya jadi Teller. Belum ada kepastian dipanggilnya.
Rencana masa depan Rahmad adalah.
  1. Melanjutkan S2 ke UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung dengan beasiswa.
  2. Melamar dan bekerja sebagai guru di sekolah swasta yang gajinya jutaan, biar bisa nabung.
  3. Ikut program SM3T (yang dia sendiri nggak tau apa kepanjangannya) SM3T adalah program Sarjana mendidik di kota terpencil, terpinggir, terberbelakang. Beberapa kakak tingkat kami sudah ada yang mengabdi di Papua, aceh dst. Gaji cukup besar. 6 bulan mengabdi disana, pulangnya dapat priorotas untuk beasiswa PPG (yang kabarnya biaya PPG 2014 adalah 60 Juta) dan setelah itu di priOritaskan menjadi PNS. Tawaran yang cukup menarik. Tapi jauhnya nggak nahaannnn
  4. Rahmad juga pengen ikut MDI (Majlis Dakwah Indonesia) ituloh.. yang kalau bulan puasa memenuhi setiap masjid untuk ngasi ceramah. Rahmad memang ada bakat jadi ustad.
semoga kesampean semua ya mad.. god luck!


Roy Shaddam

Waktu wawancarin Roy, dia ngasi perumpamaan. Kami pun nyimak dengan serius. Ujung-ujungnya…….. arhg…. #kalo penasaran liat aja di video yang bakal di rilis di Youtube :p
Meskipun jebolan FKIP. Roy nggak pengen jadi guru, kayaknya dia lebih tertarik berbisnis dan jadi pengusaha. Dia pengennyaa…
  1. Bangun tempat futsal yang sekaligus ada cafenya. Jadi abis main futsal  bisa ngopi-ngopi dulu.. dia bakal bikin tempat futsal itu join dengan temannya di Batam
  2. Membangun akademi sepakbola untuk anak-anak di Tanjung Batu, Kepri. Kampung halamannya
  3. Tak tanggung-tanggung. Roy juga pengen bikin SPBU di kampungnya. Karna menurutnya SPBU adalah aset yang nggak bakal ada habisnya. 
Wow, keren ya planingnya! Bukan hal yang mudah loh Roy. Tapi tetap semangat dan semoga berhasil!

Ori Boy

Saat ini Ori punya titel PENGACARA (Pengangguran Banyak Acara) meskipun dia nggak punya kerjaan tetap. Tapi dia punya banyak murid les privat yang ngantri di ajarin tiap sore dan malam. Jadwal les nya cukup banyak. Tapi kalau soal diajak ngumpul dan have fun bareng kami. Jangan ragukan dia. dia bakal datang secepat kilat. Hahaha

Ori yang sejak bulan lalu getol banget ngurus pendaftaran buat jadi PNS. Disaat kami masi berleha-leha dirumah nungguin jadwal wisuda, dia udah terbang kemana-mana buat ngurus itu. Dan syukur banget dia lulus ADM. Saat ini sedang mempersiapkan diri untuk tes PNS tanggal 3 November. Ori nggak pengen lanjutin S2. Nggak hobi katanya (emang lu kira mainan) Ori punya target :
  1. Of course LULUS CPNS dan jadi guru yang baik di sebuah SD di Siak.
  2. Setelah itu dia bakal cari pasangan buat nikah. Oh my god! Setau aku Ori selama kuliah memang nggak pacaran sama sekali. chaeresso chinggu…!
  3. Impian dia sejak kecil: pengen jadi komikus. Menerbitkan komiknya yang udah banyak buanget gituh…

Gitu deh impian dan taget Ori. Semoga tercapai yaaa…

Aldilla Tyas Aulia

Dila mengaku ada yang marah karna dia sampai saat ini masih aja ngadem di rumah. Sama sekali belum masukin lamaran kemanapun. Katanya dia bakal banyak masukin lamaran keman-mana. Ketika di wawancara, mau masukin lamaran kemana aja, Dila jawab :
“Ke para pria-pria sejati”
Gubrak! Itu mah lamaran beda lagi Dilaaaaaaaaaa….

Setelah ditanya serius, Dila ngakunya nggak pengen jadi guru. Karna dari kecil dia nggak pernah bercita-cita jadi guru. (nah lo, kenapa masuk FKIP? Korban salah jurusan kayaknya ni anak). Dila pengennya kerja diperusahaan. Jadi bisnis women. Dila lebih tertarik menciptakan lapangan kerja dari pada harus jadi guru. Soal asmara, Dila berencana bakal mengakhiri masa lajangnya sebelum tahun 2014 selesai. OMG..! taun depan dong dil? Wah melangkahi aku nih kayaknya. Di doain deh, semoga terkabul.. J

Millati Qisty

Qisty yang namanya pernah aku culik dalam cerpenku, saat ini masih belum wisuda karna ada beberapa msalah di KHS nya kemaren. Qisty pengennyaa….
  1. Menyelesaikan skripsi biar bisa Cepet nyusul kami wisuda (Amin…. Pasti didoakan Qis).
  2. Cari kerja, cari duit banyak-banyak biar bisa S2 bareng-bareng kami.
  3. Bantuin Ibunya bisnis Tas. Yang sekarang udah mulai jalan.
  4. Rencana merid belum pasti, karna cowoknya masih semester 5. Hahahha…. Tapi Qisty minta di doakan dia jodoh dan langgeng-langgeng aja sama indra.


Qisty and her Boyfriend
Tolong dibatu doa ya teman-teman.. semoga semuanya terkabul.

And the last.. it’s me…!

Aku saat ini juga sama PENGACARA nya. 3 kali seminggu ngajar les anak kelas VI  di rumah. Gantiin ummiku. Kadang-kadang ikut pelatihan, kadang-kadang ngerjain skripsi orang, kadang-kadang jadi tukang ojek orang rumah. Nganterin Buyaku berobat rutin ke RS, ikut agenda FLP, menghadiri acara komunitas, Ikut seminar bisnis MLM. Hahahha.. dan 3 kali seminggu aku juga ngajar les computer untuk anak SD. Lumayan pengacara kan. Hehehe..

Tapi kalau belum punya pekerjaan tetap. Ya tetap aja namanya pengangguran. Bangun jam 10, tidur jam 10. Hihihi. Nah tadi sore, cerita planing aku adalah..

Plan A :
Ngajar dan menjadi guru professional dan di sayang murid di SD IT. Di Pekanbaru cukup banyak SD- SD swasta yang islami. Gajinya juga lumayan. Bisa di tabung atau di belanjakan untuk renovasi rumah yang sejak dibangun belum kelar-kelar pembangunannya. Aku pengen keluarga aku tinggal di rumah yang nyaman.

Di bulan April 2014. Aku ikut tes untuk lanjut S2. Pengen ambil jurusan pendidikan matematika. Kampus pilihan ada 2. Antara UPI bandung dan UPM Malaysia. Aku punya alasan yang cukup kuat untuk kuliah di antara 2 kampus ini. Hanya Allah yang tau aku bakal di lempar kemana, atau nggak sama sekali.

Di tempat aku S2. Misalnya di UPI. Aku nggak mau ngekos. Karna kayaknya aku belum siap hidup sendiri dan kesepian. Jiwaku udah terbiasa hidup di asrama selama 8 tahun mondok dulu. Jadi kalau aku lanjut s2. Aku bakal tinggal di lingkungan pondok. Jadi santri kalong. Pagi kuliah, sore dan malam mondok. Semoga aja aku menemukan pondok yang berada di dekat kampus dan menerima santri kalong. Hihihi

Soal merid, bukannya nggak aku pikirkan. Aku pengennya ketemu jodoh di pondok itu..  amin. Hihihihi.. tapi aku selalu ingat kata2 dalam film  My Valentine. Kenapa dia bisa langgeng nikah berumah tangga bertahun-tahun. jawabnya “Because I’m Marrie My Bestfriend”. So, aku juga punya harapan suamiku besok adalah seorang sahabatku, teman, mantan teman atau minimal orang yang sudah sangat aku kenal. Ngiri banget sama pasangan yang nikah dengan temannya. Seperti pasangan mbak Sugi dan bg Alam. Ketua FLP Riau dan ketua FLP Pekanbaru.
Itu adalah Planning A. kalau yang A tidak tercapai, mari kita pindah ke Plan B.

Plan B disini bukan lari / kabur kayak film PLAN B nya Bi Rain. Plan B aku kalau nggak diterima di sekolah swasta, nggak jadi S2 (mungkin karna biaya dan hal lainnya) aku bakal ikut program SM3T yang sudah aku jelaskan di point Rahmad. Sampai saat ini orangtua aku belum mengizinkan aku untuk ikut program itu, tapi kalau PLAN A gagal. Nggak mungkin aku terus2an jadi PENGACARA di rumah. Aku akan meyakinkan orangtuaku dengan segala cara untuk mengizinkan aku ikut program itu. jiwa petualang aku terpanggil untuk ke daerah2 terpencil sekalipun.

PLAN C, D Sampai Z masih banyak. Seperti membangun bisnis online. Ngeblog serius biar bisa dapat duit, bikin aplikasi biar bisa di pajang di Playstore kaya abang2 di Blogger Bertuah. Buka BIMBEL Resmi. Dan masih banyak lagi, yang kalau diceritain bisa 1001 malam. #oke ini agak lebay
Tu kan bener udah kepanjangan…
Itulah dia rencana, impian dan target kami untuk beberapa tahun kedepan. Semoga semuanya terwujud. Atau kalau tidak bisa semua, minimal 1 jaDilah.. #hopeless. Doakan kami sukses berjuang dikerasnya kehidupan setelah kuliah. Doakan mimpi-mimpi dan rencana yang kami rancang sore ini tidak sia-sia.

Untuk sahabat-sahabatku, Blog ini mencatat sejarahnya dan kitalah yang akan berjuang mencapainya! Jangan pernah menyerah, karna disinilah hidup bermula.  Buktikan kita bisa!


Menerawang Masa Depan
Terakhir, foto-foto narsis kami.. hihihi…
tos dulu dong...
kongkow di taman




nggak tau juga ni anak lagi ngapain


maap pemirsa, yang 2 ini emang agak autis




Ori merusak formasi -___-

Foto Jadul waktu semester 6. tema : KDRT. 
setiap liat foto ini aku nggak berenti ketawa. apalagi liat kemolekan badan roy. hahaha

34 komentar:

  1. Semoga plan-plan kalian terkabul. Ya ampun akhir-akhir ini lihat ekspresi Ica baru

    BalasHapus
  2. lu emang sohib sejati guh.. elu doang yang nyadar sama perubahan ekspresi gua. hahahha... sejak foto wisuda jadi gitu mulu kalo foto. gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertahankan, eh tp setelah dipikir ulang jgn keseringan dah, ntar banyak yg naksir lg hahahahaa

      Hapus
    2. Wahahahahaa... Ada indikasi teguh cembokurrr.. Yes..yesss...! :p

      Hapus
  3. Amiiiin, semoga terkabul.... Serahkan semuanya pada Tuhan, biar DIA yang arahkan jalannya.... :)

    BalasHapus
  4. Waaah kak, aku jadi gamau pisah sama temen - temen SMK ku jadinya -_- bentar lagi unas, bentar lagi lulus dan memulai hidup baru :D

    BalasHapus
  5. Kalo lulusan sekolah kamu masi bakalan nemu lagi temen baru di kampus. Nah klo kami? Klo dpt kerja sih mending, nah klo nganggur. Hhuhuhu.. Eh tp masa SMA/SMK itu yg paling indah, nikmatilah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak gue.... hehehehe tapi gue udah kerja di pabrik walaupun title nya SPd hehehhe

      Hapus
  6. Hidup baru coy,.. baru sarjana nich.. alhamdulillah, aku juga ikut senang. Apalagi bisa ngelanjutin S2, wow.. keren banget..!!

    Aku turut berbahagia sekali,. Semoga plan-plan ini kalian baca lagi suatu kelak nanti. Ketika kalian semua sudah berkeluarga dan memiliki anak. Nanti ceritakan kepada anak-anaknya yang baru masuk bangku perkuliahan, “nak, ini saat mama atau papa sedang kuliah?”.

    BalasHapus
  7. aduuuuh aku mala baru mau lulus smk kaa... jalan bener2 masi panjaaaaang :)

    BalasHapus
  8. sama kaya ridho, aku juga baru mau lulus SMK..
    cita citanya mulia sekali. mudahan tercapai ya. mudahan bisa nulis ginian ketika udah sukses nanti :')

    BalasHapus
  9. [erpisahan selalu menyisakan kesedihan,,tapi melihat cita-cita yang kan berpisah dengan kita,,hanya doa yang terus mengiringi perpisahan ini dan berharap satu saat nanti dapat berkumpul kembali dengan suasana yang lebih indah :))

    salam EPICENTRUM
    mampir ya kakaaak :))

    BalasHapus
  10. Ngak ada yang mau nanya planningku apaan ya?
    Hhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok kalo kamu udah lulus kuliah, atau baru mau lulus. pasti banyak yang nanyain deh

      Hapus
  11. kayaknya anak BE pantes tuh dijodohin sama temennya..
    siapa tahu cocok...wkwkwkwkw

    seru banget punya teman akrab...saya?
    saya juga punya banyak ding....dan pengen selalu akrab seperti itu

    BalasHapus
  12. waaah..
    semoga semua planningnya terkabul yaa kak :))
    nanti aku juga pasti bakal ngerasain hal yang sama..
    insya Allah 2016 aku menyusul bikin tulisan kayak gini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus bikin dong... nyimpan tulisan di blog ini awet banget loh.. #asal jgn sampe ada yg iseng aja ngehack blog geje ini

      Hapus
  13. sedih, merinding bacanya. cepat atau lambat aku bakal merasakannya kak. semoga kakak-kakak sekalian mendapatkan apa yang kalian impikan. teruslah berkuang, persiapkan semuanya dari dasar banget! aku juga sedang nyiapin dari sekarang, kak. hehe

    BalasHapus
  14. Risah...... gila postingannya panjang banget, untung tadi pas baca aku udah siapin cemilan.... ups kan puasa ya hehehe
    oooh Roy... jangan tinggalkan Risah please hehe
    Semoga rencana2 kalian tercapai yaaa...keren tuh temenmu ada yg dapt beasiswa ke UPI. ejh tapi tak selamanya kerja di sekolah swasta itu gajinya gede lho Sah, serius, contohnya aku hehee
    sukses yaaa
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaa.. ya maap Mei.. ini sebenernya yg bikin panjang karna banyak fotonya..

      ya kan swasta apa dulu mei.. klo ngajar di sekolah swasta yg bergengsi gajinya emg lumayan mei..

      nggak gede karna nggak di syukuri aja kali mei. hehehe

      Hapus
  15. semoga doa dan harapannya terkabul. nanti apa yg Allah kasih, semoga itu memang yg terbaik. aamiiiin

    ahh.. foto2nya kereeenn.. :)

    BalasHapus
  16. lulus kuliah bukan akhir dari belajar. tapi awal untuk belajar....
    belajar nyari duit sendiri, belajar mandiri, belajar sosialisasi, dan ehem, belajar nyari pacar (lagi)....

    keinginanya pada bagus semua. semoga pada tercapai, apalagi yg mau bikin pom bensin, itu cerdas banget. sekalian bikin pos satpam ya, buat jaga pom bensinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt mas ichsan..

      malah nambah banyak yg harus di pelajari di dunia after kuliah ini..
      hahaha.. iya deh nanti di sampein sama Roy..

      Hapus
  17. Wah yang cita-citanya kakak yg pen bikin aplikasi biar bisa tayang di playstore itu keren! ;)

    BalasHapus
  18. Wah yang cita-citanya kakak yg pen bikin aplikasi biar bisa tayang di playstore itu keren! ;)

    BalasHapus
  19. Wah yang cita-citanya kakak yg pen bikin aplikasi biar bisa tayang di playstore itu keren! ;)

    BalasHapus
  20. waaahhh keren sebelum berpisah masih sempat meninggalkan jejak kenangan.. dan sejarahnya di abadikan di blog ini... yaaa saya doakan semoga cita-cita ataupun impian kak Risah dan ke lima sahabatnya terwujudm aamiin^^

    BalasHapus
  21. iya zhie, biar bisa di baca2 lagi nanti kal udah beranan cucu :)
    Amin...amin....

    BalasHapus
  22. perpisahan emang terkadang nggak enak dirasakan. Tapi memang harus terlaksana. Nanti diadakan reunian akbar aja. Nanti pasti pada sukses semua kak.

    BalasHapus
  23. Ada sebuah kutipan yg sesuai sama cerita lu di atas =)
    "The most beautiful discovery true friends make is that they can grow separately without growing apart."

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)