16 Februari 2015

Kisah Seorang Paman Yang Tega Membakar Tangan Keponakannya


Cerita ini aku dapat dari Mario Maurer, temen SM3T UNESA (Universitas Negeri Surabaya) yang ketemu selama liburan natal dan tahun baru di kotaa. Kebetulan doski dan temen-temannya pernah nginap di Megapura, posko kedua ku, karna saking seringnya aku nginap disana.

Si Mario ini tugasnya di Papua juga, tapi beda kabupaten. Tempat tugasnya di Kab. Membramo tengah itu lebih terisolir dan masyarakatnya masih sangat terbelakang. Selain itu akses nya susah, makanya harga-harga muahal banget, bayangkan aja beras 50kg harganya Rp. 1.750.000. gilakk apa.. mending makan ubi aja deh. Harga lain jangan di tanya. Bikin mulut menganga dengernya.

Tulisan ini aku culik dari memo HP nya. Karna dia nggak berniat mempublish cerita ini, aku pikir mubazir  banget. Jadi lumayan deh utuk menambah postingan di blog ini. hihihi

Pagi ini saat aku duduk di dapur ada seorang bapak2 paruh baya yg bertamu di dapur kami. Beliau dari Pak dokter untuk berobat, sayang sekali Pak dokter masih ada di wamena, belum pulang ke illuga.

Dari sinilah perkenalan kami di mulai. Beliau Top Gombo. Beliau cerita panjang lebar tentang Papua. Yg menarik perhatian ku, beliau cerita tentang berbagai macam pemakaman di Papua. Yg paling ekstrem adalah pemakaman di suku pedalaman hutan di daerah Distrik megambilis, kab. Membramo Tengah, Prov Papua. Suku pedalaman tersebut apabila ada warganya yg meninggal, mayatnya di gantung saja di pepohonan. Lama kelamaan kalau sudah busuk organ2 dalamnya akan jatuh di tanah, yg tersisa hanya tulang brlulang yg menggantung di pohon.

Jadi jangan heran kalau ada tulang belulang yg bergelantungan di pohon2 hutan Papua. Organ dalam yg berjatuhan di tanah, di kubur dan di tanami pohon sebagai tanda.
Oke kembali ke Pak Top. Sedikit cerita tentang Pak Top Gombo. Beliau adalah orang tua murid dari totius kelas XII Ipa dan totianus VII.

Berbeda dg orang pada wajarnya, Pak Top memiliki kelainan fisik pada tubuhnya. Pergelangan dan jari jemari tangan Pak Top yg sebelah kiri tidak ada, dan tangan yg sebelah kanan terdapat luka bakar. Miris sekali melihatnya. Setelah panjang lebar kami bercerita, beliau menceritakan kisah bagaimana tangannya bisa seperti itu.

Kisahnya bermula saat beliau masih kecil, kisaran masih kelas 3 SD. Pak Top kecil main2 ke hutan sama teman2nya, untuk cari makanan. Ketika berjalan kedalam hutan, beliau menemukan pohon kelapa yg berbuah. Karna kondisi perut lapar dan dahaga, akhirnya memutuskan tuk memetik buah kelapa tersebut. Apa lagi Pak Top tau kalau kelapa tersebut adalah milik om nya sendiri. Jadi beliau fikir petik dulu,nanti baru izin ke om nya. Di pohon tersebut ada 7 butir kelapa. Pak Top petik semua, 2 beliau makan, dan yg 5 beliau bawa untuk di taruh di dapur om nya (pemilik kelapa).

Setelah memakan buah kelapa, Pak Top dkk pulang ke rumah lewat jalan atas bukit. Naas sekali om Pak Top marah sekali melihat tak ada satu butir kelapa pun di pohon kelapanya. Dalam keadaan emosi yg meluap2 om Pak Top mencari siapa yg telah mencuri kelapanya. Setelah tau yg mencuri kelapanya tersebut adalah keponakannya sendiri yg tidak lain adalah Pak Top kecil, malamnya om Pak Top mendatangi rumah Pak Top.

Dengan emosi yg tak terbendung lagi, om Pak Top memukul kepala Pak Top sampai Pak Top tak sadar diri. Setelah itu kedua tangan Pak Top di bakar. Karna dalam kondisi tak sadar diri, Pak Top tak merasakan apa2. Setelah sadar Pak Top menangis dg sekeras2nya. Bukan karena perih terbakar, tapi karena kaget melihat kedua tangannya telah hangus. Keluarga yg tau kondisi Pak Top kecil, langsung membawanya ke Pak mantri. Tapi sudah terlambat, hanya tangan kanan Pak Top yg terselamatkan, sedangkan tangan kiri beliau harus diamputasi, karena tingkat kebakaran yg sudah terlalu parah.

Tangan kanan Pak Top memang masih ada tapi tidak seperti kondisi tangan orang normal pada umumnya, luka bakar masih membekas jelas. Luka tersebut masih terasa sampai sekarang, bahkan seumur hidupnya pun gak bakalan bisa sembuh. Ironis sekali, gara2 7 butir kelapa seorang om tega membakar kedua tangan keponakannya. Semoga kisah Pak Top bisa menjadi pelajaran buat kita..


Ngeri kan pemirsah?? Bayangin aja si Mario harus jadi guru di tengah-tengah masyarakat yang fikirannya masih terbelakang gitu. Semangat buat Mario dan teman-teman SM3T UNESA Lainnya.fighting! 


6 komentar:

  1. Wahahah tidak ada rotan, yang bukan rotan pun jadi. Heiheiheiiee. Foto pak Tom tidak ada jadilah foto adminnya aja heiheiheie. Uhuyyyyyyyyy

    Selamat Tahun Baru 2015 ya
    Semoga di tahun 2015 ini kita semuanya diberikan kemudahan dari Allah SWT dalam mencapai cita cita dan asa yang belum terealisasi di tahun sebelumnya. Amin Amin Ya Robbal Alamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. kemaren lupa minta foto pak Top nya ama si Marrio..
      amin...amin... ya robbal alamin.. makasih kang asep..

      Hapus
  2. Oiiiiii.....
    Ada Nong Nam dan P' Shone di akhir entry :v

    Kejem banget Si Paman, ga ada konfirmasi dulu ke Pak Top langsung main bakar aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaa... kebanyakan nonton film thailand ni anak....

      Hapus
  3. Serem amat yah :|

    Beda budaya, itu temennya sempet ngerasa shock culture nggak tuh?

    BalasHapus
  4. Ngeri ya tinggal di papua dengan pemahamannya yang seperti itu. >,<

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)