19 September 2016

Festival Danau Toba di Muara. Negeri Indah kepingan Surga

pose gak jelas di FDT
Cerita sebelumnya : Hai, Danau Toba!
Seger banget abis SPA di Pemandian air panas Sipoholon, perjalanan pun di lanjutkan ke Muara. Dan kami berempat masih belum tau mau dibawa kemana. Waktu di pinggir jalan liat spanduk-spanduk bertebaran baru deh kami tau kemana arah dan tujuan perjalanan jauh ini.

SELAMAT DATANG DI FESTIVAL DANAU TOBA
MUARA NAULI- TAPANULI UTARA

Aku pun langsung kegirangan. Ternyata kami bakal diajak ibu nonton FESTIVAL DANAU TOBA! Ivent yang diadakan Cuma setahun sekali! Gilaakk… gilaakk… festival dayung sampan di taluk kuantan, Riau aja seumur-umur belum pernah. Lha ini di ajak nonton Festival Danau Toba di Tapanuli Utara. What a lucky I am.
Sepanjang perjalanan menuju kampung Muara Nauli itu pemandangannya luar biasa indah! Melintasi bukit-bukit, dari atas bisa kita lihat komposisi antara rumah-rumah penduduk khas Batak, sawah, kebun dan pastinya Danau Toba. Muara Nauli ini hampir mirip Lembah Baliemnya Papua. Bedanya kalau di Lembah Baliem nggak ada pemandangan Danaunya, Cuma aliran sungai Baliem. Ngeliat Muara Nauli yang bener-bener indah banget ini jadi kangen Papua. Kami semua gak berenti-berenti mengagumi keindahannya dari mobil. Macet parah pun hampir tak terasa karena pemandangan kanan-kiri bener-bener Masya Allah banget!
Muara Nauli, Taput. from pariwisata.taputkab.go.id

Jalan naik turun gunung menuju Muara Nauli, Taput
Hampir deket TKP, si Febri, temen satu asrama di PPG tetiba nelpon. Nanyain posisi kami. Ternyata doski mau ngajak nginep di rumahnya, dari pada nginep di penginapan pasti repot nyari penginapan sana-sini. Karena lokasinya padat banget. Kayaknya semua manusia se Taput kumpul disana.

Awalnya aku heran, kok Febri bisa tau kami mau nonton Festival Danau Toba. Begitu kami nyampe pun langsung disambut sama dia dan jadi guide dadakan. Ternyata sebelumnya ibu udah bilang ke Febri kalo mau nonton Festival Danau Toba dan kami 4 orang penumpang ini nggak tau apa-apa. What a surprise!

Begitu masuk ke arena festival yang ada di pinggiran Danau Toba, kami langsung cari cemilan. Ada banyak banget stan makanan dan minuman dari berbagai daerah di Taput. Semua gratis! Tapi ujung-ujungnya kami cuma makan pop mie. Ya gitu deh… minoritas muslim di tengah mayoritas Kristen. Masih ragu mau nimbrung makan. Jadinya.  kami keliling2 stand dan nyobain bikin ulos. wohoooo...


ajarin adek bikin ulos untuk menyelimuti hati abang #eaak
Sok paham aja dah
Sore itu, di pinggir Danau Toba menjelang sunset. Kami makan pop mie dengan tiupan angin sejuk. Sedangkan di panggung utama lagi nampilin aksi-aksi khas Batak. Ini bener-bener enjoying moment banget deh pokoknya! 
rombongan dari Medan

Groufie di tepi Danau Toba!
Kami keliling-keliling stand dan nontonin festival kebudayaan Batak yang ditampilkan dari berbagai daerah, kayak dari Samosir, Taput dll. Dari sore sampe malem. Acara Fstival ini berlangsung selama 4 hari, tapi kami datan pas penutupan doang. itu pun udah seru banget acara dan atraksinya. Aku liat dari brosur ada banyak banget agenda-agenda selama 3 hari sebelumnya. Baca di brosurnya langsung deh ya
sumber : pariwisata.taputkab.go.id
Di hari penutupan, giliran Samosir yang tampilkan aksi-aksinya. Penampilan dari Samosir keren banget. Anak-anak muda yang mainin alat-alat musik Batak. Juga ada tariannya, keren banget! Malemnya ada MARSADA BAND. Band asal Pulau Samosir yang udah go International. Keren binggooo…

Kapan kita ke Samosir?
HORAS TOBASA dan FDT 2016 dari ULOS. biki request tulis nama juga loh

Udah jam 11 malem tapi belum ada niat beranjak dari arena Festival. Waktu ada stand up comedy dari comedian Batak, semua penonton pada sakit perut ketawa. kami juga ketawa sih, ketawa ngeliat penonton lain ketawa. hahaha.. apaan sih. Waktu itulah kami putuskan untuk pulang. Karena udah nggak ngerti orang di panggung ngomong apa. Wong semuanya bahasa Batak! :D
Pulang langsung ke rumah Febri. Yang lain naik mobil di pandu adiknya Febri yang cantik banget. Sedangkan aku dan Febri pake motor. Sumpah dingin banget! Mana nggak bawa jaket. Udah gitu dikerjain ama Febri, katanya perjalanan sekitar 40 menit. Aku keder dong. Bisa-bisa gua beku di jalan. Ternyata 5 menit doang udah sampe rumahnya. Asem si Febri.
Kami bobo di rumah Opungnya (kakek) Febri yang bener-bener khas Batak banget. Tapi versi mewahnya. Kamar mandi aja pake wc duduk dan ada banyak, kamarnya juga banyak. Tapi karena lagi ada FDS dirumah Opung juga lagi rame anak-anaknya pada pulkam. Kami pun bobok rame-rame di ruang tamu, sedangkan iBu’ Nur dan kakaknya ibu’ bobo di kamar. Kami dapet kasur empuk dan selimut yang tebel banget.  Bener-bener nyaman di rumah ini.
Sebelum bobok, opungnya Febri ngomong sesuatu pake bahasa Batak. Kami Cuma bengong-bengong sambil manggut-manggut kayak ayam makan beras. Untung ada tantenya Febri yang jadi translator. (si Febri lagi sibuk di dapur). Tantenya Febri bilang, opung nawarin kalau mau sholat jangan segan. Opung dan opung boru udah biasa nerima tamu di rumah ini. jadi anggap aja rumah sendiri. Aku jadi berasa lagi di film TOBA DREAM. Rumahnya yang mirip, lokasinya, dan juga adegan mempersilahkan sholat. Waahh… makasih opung. Makasih Febri dan keluarga yang udah “menampung” kami di Muara 
I HEART YOU BALIGE
Paginya kami nggak sempat sarapan, langsung lanjutin perjalanan ke Balige. mau ngejar Sholat Iedul Adha disana. Pagi jalanan masih sepi. Berbanding terbalik dengan jalan masuk kemaren. Nyampe di Balige kami sarapan di Pasar Balige yang bangunannya bener-bener khas Batak banget. Makanannya enak tapi super pedes banget! Bibir gue sampe mau dower! Pedesnya nggak ilang-ilang. Masakan minang kayaknya masih kalah pedes deh.

bangunan pasar di kota Balige. Khas Batak bangeeett,,,

Selamat Iedul Adha dari Balige :)

Puas belanja belanji buah di pasar Balige, kami lanjut mau ke Danau Toba nya balige. FYI Danau Toba ini di kelilingi oleh 7 kabupaten. Jadi kalau mau enjoying Danau Toba bisa dari kab. Samosir yang paling terkenal, Kabupaten Karo, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Simalungun, Kab. Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Tapanuli Utara yang lagi kami jejaki. Di Balige ada kayak pantainya gitu. Disitulah aku baru liat dan merasakan air Danau Toba. Ternyata airnya super jernih banget! Pemkab nya bener-bener oke dalam menciptakan perda-perda demi menjaga kebersihan dan keindahan danau. 
Muka Happy finally bisa main air Danau Toba. dari kanan : Aku, Putri, Tika, Bu' Nur, dan Fitri
Konser di Danau Toba
Saking melted nya sama keindahan Danau Toba, kami tetiba nyiptain lagu. Aku sempat share di instagram. Beginilah liriknya.
Hari Libur yang singkat
Kita jalan-jalan
Ke festival Danau Toba
Di Taput, Muara

Negeri indah kepingan surga
Gunung sekelilingnya
Pulau samosir yang indah
Tuhan Penciptanya

Lagu ini kami nyanyikan pake nada dari salah satu lagu Pramuka. Karena mau di rekam, syutnya sampe berulang-ulang karna kadang lupa lirik. Bu’ Nur Cuma geleng-geleng kepala ngeliat kelakuan kami yang super alay ini. hahaha. Maafkan ke narsisan kami yang tidak bisa dicegah ini buk. :D
BERSAMBUNG

Big Thanks to:
Bu' Nur sebagai sponsor trip Gratis
Kakaknya Bu Nur yang membawa kami pulang pergi dgn selamat
Febrina Manalu sekeluarga di Muara

 -Risah-
Still melted and wanna swim in Lake Toba

4 komentar:

  1. Gue ada keturunan darah batak nya gitu jadi udah gak asing dengan danau toba.Walaupun begitu,gue belum pernah ke medan.

    Itu jalan nya nelok belok gitu ya ? Jadi inget film fast and furious 7 gue . Hahaha.

    Pemandangannya itu bagus banget ya ... cocok buat refreshing gitu 😊.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
      beri 4 angka [5398] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI DARSA,,di no (((085-321-606-847)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 770 JUTA , wassalam.


      Hapus
  2. Wahh pemandangan Yg Indah hhehe Maklum Belum Pernah Ke Danau Toba :)

    Sejujurnya Aku ngga tau Apa itu Ulos Ka? hhehe Wajar Wawasannya Masih Minim

    BalasHapus
  3. Wah seru ya nonton festival danau toba. Tapo foto fotonya kurang menampilkan suasana festivalnya kak. Kebanyaka foto narsis yang punya blog hehehe.
    Namanya di medan ya pasti pada pake bahasa batak hehe.

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)