14 September 2014

When Your Birthday in Papua

Ini adalah Minggu ke dua ku di Wamena. Minggu pagi yang lengang seperti biasa. Hari minggu adalah hari Tuhan, dan semua masyarakat yang mayoritas kristen sangat menghormati hari Tuhan. Semua kegiatan dihentikan, pasar juga toko-toko di larang berjualan. Tukang becak, angkot, ojek dan taksi dilarang beroperasi. Karna hari minggu adalah hari Tuhan. Saatnya umat kristiani beribadah. Bahkan kalau di Kabupaten Lanny Jaya (kabupaten yang bertetangga dengan kota Wamena) dilarang melakukan kegiatan apapun di rumah, menyapu halaman juga tidak boleh. Pokoknya minggu pagi di Papua itu ibarat kota mati. Kosong melompong kayak kuburan..

Hari ini mungkin adalah hari yang special buat partner ku, ibu Guru Hotmauli Gultom S.Pd. tapi mungkin tidak se spesial tahun-tahun sebelumnya. Karna tahun ini, doski harus melewati hari ulangtahunnya di Papua… tidak ada kue ulangtahun dari vanhollano, tidak ada lilin yang akan di tiup, tidak ada kado, dan tidak ada teman yang tiba-tiba datang rame-rame ngasi surprise… karena kami saat ini ada di atas gunung desa Hitigima. Jauh dari kota, jauh dari teman-teman… sedihnya hotma...

Untuk menumpas rasa sedih dan kecewa adikku yang hobi memanggilku Eonniee (kakak dalam bahasa korea) ini, pagi-pagi aku udah rempong di dapur. Aku membuka lemari stok makanan kami. Hasilnya nihil, tidak ada sesuatu yang bisa di jadikan kue. Akhirnya ide brilian aku muncul, dan setelah setengah jam berkutat di dapur, , jadilah kue ulangtahun ala hitigima…


Here is.. birthday cake from friedrice… hahahha
si Hotma kadang di panggil Uli
Komposisi :
Nasi goreng
Telur dadar
Selada dari anak murid
Jeruk bali dari anak murid juga
cabe merah dari anak Murid
Saos beli sendiri

Waktu aku lagi bikin kue, hotma lagi rempong prepare ke gereja. Doski lagi nyetrika di ruang tamu, begitu aku selesai, aku langsung bawa kue nya kedepan dan nyanyiin lagu selamat ulangtahun pake versi bahasa korea (kami berdua itu korean addict loh..)

Saengi chukkaa hamnida.. saengi chukka hamnidaa…
sarangaaneul uri Hotma… saengi chukka hamnida… horeeee….
 
si Uli dengan senyum sumringah pagi-pagi di kasi suprise abal-abal
selfie bertiga doloo...
Abis nyanyi-nyanyi gaje, Hotma make a wish sebentar dan tiup lilin yang dari tadi aku usahakan supaya apinya nggak mati. Lilin ini aku buat dari lidi dan di atasnya lapisi kapas, setengah mati menahap supaya api nya nggak lari di bawa angin. Senangnyaaa akhirnya ada acara tiup lilin. Pake make a wish segala lagi.. hahaha..

Si Bapak Wetipo yang tinggal serumah dengan kami bertugas memegang handycam untuk merekam reaksi hotma saat aku kasih surprise… tapi reaksinya agak mengecewakan, aku kira dia bakal nangis-nangis dan kami berpelukan kayak teletubbies, ternyata dia malah ketawa ngakak liat kue ultah abal-abal ala aku. jiaaahh…… 

“uu maak lekk… kakak… jadi dari tadi kakak sibuk di dapur bikin ini kah?” tanya nya dengan logat kalimantan.

Aku mengangguk-anggukan kepala kayak burung pelatuk.

Huaaa… unnniiiieeee… kamsahammidaa…. Unniiee.. sarangee,,” alay versi koreanya kumat. Aku geleng-geleng, bapak geleng-geleng, anjing yang menonton pun geleng-geleng.

Sampe siang, Hotma pulang dari gereja, nasi goreng masi belum tersentuh. Katanya sayang dan nggak tega ngerusak hiasannya.. padahal aku nyiapin nasgor itu biar dia bisa sarapan dulu sebelum ke gereja. ujung-ujungnya aku deh yang nyicip dikit-dikit, tapi lama-lama tinggal setengah.. muehehehe.. abis laper sih… hihihihi…
HAPPY BIRTHDAY HOTMA SAYAAAANNKK....

Semoga Tuhan beri kami kesabaran mengarungi bahtera kehidupan selama setahun bersama ku #udah kayak laki bini ini.. iuuu...

Semoga target-target yang kita harapkan bisa tercapai...
Semoga sehat selalu, karna kalo mu sakit, aku yang repot. Hahaha
Dan semoga semua yang terbaik Tuhan beri padamu.

God Bless You chinggu.. muach!


2 komentar:

  1. Selamat ultah atau hari Jadi ya. Selamat Milad
    Salam kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat

    BalasHapus
  2. www.dolabuy.ru replica bags prada read this replica bags south africa here zeal replica bags reviews

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)