21 Mei 2013

Kodangan Sahabatku


Salah satu sohibku, HikManil Kamilah alias Manil akhirnya mengakhiri masa gadisnya.. dan akhirnyaa.. dia menikah dengan cinta pertamanyaa.. bang Eko Hadi Susilo. And I’m behind the scane of all this story.. hahaha.. mak comblang gitu deh..



Manil ini sahabatku di sekolah. Aku dan dia cukup akrab. Selalu sebangku. Dan sering pergi bareng. Awal kami dekat adalah karena kami les B.inggris ditempat yang sama. Aku yang waktu itu anak pindahan belum tau apa-apa di ajaknya ikut kursus, jadilah sampai lulus aku akrab sama dia. Aku  Masih ingat kami sama-sama di hukum karena nggak piket bersihin WC. Hihiihi.. di ceramahin sama Ummi asrama.

 “Yang satu sibuk mayoret, yang satu sibuk menyiar, nggak piket WC kalian ya!”
Rotan pun melayang ke tangan kami. aku dan Manil cengengesan sambil nahan sakit. Hihihi.. 

aku dan Manil masa-masa sekolah

Oa, sejak kelas 5 (Setara kelas 1 SMA) aku udah kenal dengan bang Eko (B.E). Manil yang nyuruh aku ngerjain bang Eko pake HP. Dan ketemu waktu acara perayaan sekolah. Selanjutnya mereka berhubungan melalui aku. B.E sering banget nelpon dan SMS aku ngasi kabar tentang dia, Apa-apa di kabarin ke aku. berharap aku nyampein ke Manil. Aku pun dengan setia melapor ke Manil. Hihi.. Manil pun membalas, melalui aku. Ribet kan? Kenapa mereka nggak langsung SMSan atau telpon ke HP Masing-masing aja sih..

Mereka sempat jadian sebentar dan putus, Waktu kuliah, aku menyatukan mereka lagi, kalo nggak salah waktu itu Manil dan aku mau nonton bareng. Diam-diam aku kabari bang eko. B.Eko senangnya bukan main, aku suruh dia bayarin tiket aku kalau mau ikut. (hahaha, ambil kesempatan). Karena nggak mau jadi obat nyamuk, aku ajak temen-temen sekonco ku di kampus, 3 orang. dialah Yuni, Winda dan Zulva. Mereka ini menjadi saksi atas bersatunya eko dan Manil. Karena setelah pertemuan itu, mereka jadian lagi sampai nikah sekarang. Co cweeettt…
 Dulu......
b Eko di acara perayaan kelulusan kami. masih malu-malu euy
 sekarang...


Waktu awal2 Manil ngabarin berita ini, aku kaget dan bahagia banget. Nggak sia-sia dong bertahun-tahun aku comblangin mereka akhirnya jadi juga. Hahaha.. kira-kira 2 bulan sebelumnya Manil ngabarin aku, berasa mau loncat-loncat dan peluk dia. Lebay deh.

Sampailah aku datang di acara akad nikahnya, di Kualu. Dari rumahku kira-kira 1 jam lebih. Aku datang dengan Wida, teman se kos nya Manil. Kami bertiga dulu satu kelas di sekolah. Di acara itu, nggak ada temen-temen Manil yang datang kecuali aku dan Wida. Karena acara emang Cuma dihadiri keluarga-keluarga dekat Manil dan kerabat bang Eko. Di sambung resepsi di rumah bang Eko yang tentu saja di hadiri keluarga dan kerabat bang Eko. Tidak ada undangan dari pihak Manil kecuali kami berdua. Hihihi..

waktu ayah manil nanya "Apakah ananda bersedia saya nikahkan.. dst" manil langsung  angguk-angguk cepet bgt. hahaha. udah ngebet banget ya nil.. wkwkwk

Prosesi akad nikahnya mengahrukan dan lama sekallee… di awal-awal prosesi akad yang sangat sakral ini air mata aku udah nggak tahan mau keluar, melihat sahabatku duduk di depan penghulu, disamping calon suaminya. Ah.. mengharukan sekali. air mataku akhirnya keluar tak henti-henti, di dukung dengan suasana rumah yang emang bikin mata pedih karena asap dari emak-emak yang masak di dapur. Muehehe.. tapi aku emang beneran terharu. Apalagi waktu selesai akad nikah, Manil salamin semuanya, termasuk aku. Berlinanganlah air mata kami. Kasian Manil, make up nya luntur. Huhuhu.
 
Selesai akad dilanjutkan resepsi, aku dan Wida merusuh sana-sini mencicipi semua makanan. Haha. Aku juga ketemu temen sekelas ku di kampus. Saipul. Ternyata dia saudara nya bang Eko. Suaminya Manil. What a small world..



Pulangnya aku dan Wida dikasi duit jalan sama Ibunya Manil. Cihhuyy.. ngasi amplop kagak, eh pulangnya malah dapet duit. Dasar rejeki. Muehehhe..

Akad nikah dan pesta di rumah bang Eko dilaksanakan seminggu lalu (12 Mei). Minggu ini (19 Mei)  adalah pesta di rumah Manil. Di air tiris. Jaraknya sekitar 2 jam dari rumah aku. Dari awal2 Manil udah ngebet nyuruh aku dan Wida nginap di rumahnya. Waktu akad nikah juga Ibunya Manil nyuruh nginep disana. Jadilah aku dan Wida dengan senang hati riang gembira datang ke air tiris hari sabtu sore. Dari rumah aku berangkat jam 3, tapi sampe di air tiris jam 6. Karena Wida ada praktikum dulu dan dengan kesotoyan akut aku nyari rumah Manil, akhirnya kami berhasil menemukan rumahnya yang jauh banget banyak belokannya setelah sukses nyasar kemana-mana.. haha

Seneng banget aku bisa ikut dalam acara ini. banyak moment yang aku dapatkan disini.

·         Kebersamaan dekorasi
dekorasi sambil bainai. inai hasil mal praktek Ziah. :D
Sejujurnya, inilah pertama kali aku ikut dekorasi malam pesta. Hihihi. Biasanya kalaupun ada tetangga yang pesta atau kenduri, aku datengnya pas hari H aja sebagai tamu. Mana pernah aku ikut bantu2 dekorasi yang malam-malam itu. tapi kali ini aku ikut sampai jam 12 malam. We O we..! demi sahabat ku yang cantik satu nih..

Disitu aku juga dikenalkan dengan keluarga-keluarga Manil, teman-teman SD nya (teman SD aku mah udah pada nikah semua -__-) yang ternyata kami semua mempunyai hubungan “pertalian perkenalan”. Hahaha
Di malam dekorasi itu juga aku dapat banyak ilmu tentang dekorasi, dari fitri, teman SD nya Manil yang kayaknya berpengalaman banget. Makasih atas ilmunya fitri..

·         Tidur di kamar pengantin
Karena kamar-kamar lain sudah terisi oleh saudara-saudara Manil dan teman-temannya Ziah (Adik Manil) jadilah kami tidur di kamar pengantin. Maaf ya bang Eko, kamar nya udah di perawanin duluan. Tapi Manilnya belum kok. Wkwkwkwk.

·         Seksi rempong
Sebenarnya dari malam Ibunya Manil udah wanti-wanti kalau kami para gadis-gadis ini diharapkan besok bisa jaga stand-stand. Kayak menyambut tamu, stand nasi, stand minuman dll. Tapi nyatanya, karena stand makanan sudah di jaga para Ibu-Ibu, kami para gadis numpuk di jaga tamu semua. Jadilah yang duduk menyambut tamu 6 orang. hihihi.. dan aku? Karena Manil berpesan kalau teman-teman kita datang harus di sambut. Jadilah aku menyambut teman-teman dan memberikan fasilitas VIP untuk mereka. Asek!

duduk di meja nyambut tamu, asik befoto aja kerja orang ni :D

·         Reunian
Beruntung banget duduk di front line, jadi langsung keliatan siapa aja tamu yang datang. Karena aku satu sekolah sama Manil. Jadi banyak guru-guru yang datang dan  ketemu teman-teman satu angkatan di pondok. Senangnya sampai kami teriak-teriak histeris dengan noraknya. Hihi.

namanya Angkatan kebakaran, karna waktu kami mau lulusan, sekolah kebakaran. hiks

Selain itu juga ketemu kakak-kakak dan abang-abang senior. Kayaknya semua yang di undnag datang. Secara dulu Manil emang terkenal di sekolah. Pintar dan cantik sih.. aku sih sebagai dayang-dayangnya aja, kemana-mana selalu nempel sama dia. Hahaha.

Aku ketemu juga dengan Pak Taufik, Buya Sukri dan rombongannya yang dulu adalah direktur radio AN-Nur FM tempat aku pernah siaran selama 2 tahun lebih. Ternyata radio nya udah mati, karena katanya nggak ada penyiar ke kece dan se asyik aku. Ahahaha.. kambang hiduang den..

Katanya susah nyari penyiar yang bertanggung jawab. Kalau angkatan penyiar zaman aku dulu (ada 7 orang termasuk teknisi) walaupun pacaran di dalam studio, siaran tetap lancar. Kami pun ngakak heboh. Ternyata buya itu tau kalau ada penyiar yang pacaran di studio. Tapi bukan aku yaa..!

·         Debat agama
Selain temen-temen cewek yang sempat bikin heboh, ada beberapa teman cowok yang datang, salah satunya Fajri, Nur-Al dkk. Entah dari mana awalnya, kami sampai berdebat masalah perbedaan agama. Karena fajri tau buyaku Jama’ah tabligh, dan dia banyak mendengar hal negative tentang JT, aku pun menjelaskan panjang lebar. Fajri pun mengeluarkan hadis, ayat al-qur’an yang dia hapal. Menjelaskan dalil-dali tentang agama untuk mempertahankan pendapatnya. Hal ini berlangsung cukup lama. Yang lain pun heran, ini mau kondangan apa berdebat. Hohoho.
Nur-Al, Fajri dan Aku waktu perayaan kelulusan sekolah
·         Sandal hilang
karena banyaknya undangan, dan rempong sana-sini. Masuk dari pintu depan, keluar dari pintu belakang, masuk lagi dari pintu samping. Jadilah sandal aku hilang. Padahal itu sandal cantik aku yang pernah aku certain di postingan ulangtahun gress FM. Ziah yang baik hati pun merelakan sandal nya aku pake untuk pulang. makasih Ziah. 

soal sendal ini, ada kejadian lucu waktu akad nikah di rumah bg eko. Sendal pengantin nya ketuker ama sendal istri pak Wan Abu bakar, kalau orang Riau pasti tau calon gubernur Riau 2014. Pak Wan Abu ini jadi saksi di akad nikahnya, karna warna dan modelnya sama. jadi tertukar. hohohoho.

·         Pulang paling cepat
Sebenarnya aku berat untuk pulang duluan, karena tamu masih rame, masi banyak yang mau di kerjakan, masi banyak yang mau dibereskan. Waktu pamit Ibunya Manil yang lagi duduk di pentas pun melarang kami untuk pulang. Tapi karena hari senin Wida masuk pagi, nggak bisa nginap lagi, jadi  setelah sholat asar kami langsung berangkat ke pekanbaru. Bareng fajri dan temannya. Ibunya Manil pun bela-belain turun pentas untuk membungkuskan makanan untuk kami dan ngasih uang jalan (again). Aku sempat nolak, karena kalo di kasih uang, takut pahalanya luntur, padahal udah ikhlas banget nolong-nolong disana. Tapi Ibunya bersikeras dan maksa ngasih ke tangan aku. Memang baik banget nih Ibunya Manil. Makasih Ibuk..

Banyak lagi yang mau diceritain, tapi ini postingan udah kepanjangan banget. Segitu dulu ya ceritanya.. selamat untuk Manil dan Bang Eko. Aku titip sahabatku, Bang! Jangan sampai dia sedih, apalagi menderita. Dari dulu hidupnya lurus dan selalu lancar aman terkendali. Aku harap abang bisa membahagiakan dia. Aku doakan Semoga kalian langgeng sampai kakek nenek. Membangun keluarga sakinah mawaddah wa rohmah.  Dan doakan aku cepat nyusul. Hahaha.. (calonnya aja belum ada).

Teman-teman blogger yang udah  baca dari awal, makasih bangeettt.. love you all.. :D
Narsis dolloo... hehehe
*selain blogger komen dengan pilih Name/Url

34 komentar:

  1. mak mantap kawan ko ya...hehe..kalau kawan aku banyak juga yg udah nikah, tapi rata2 karena MBA..hahahaaa

    selamat y abuat si manil..semoga jadi keluarga yg sakinah..

    kalau menghadiri acara kondangan, anak muda pun jadi kayak ibuk2 ya, hahha

    BalasHapus
  2. oya?? ngeri kalo kawan ko fian..

    kawan aku udah banyak yg merid yan..

    hah? jadi maksud ko aku kayak ibuk-ibuk??? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ngeri dan sangat "membanggakan", hahaa

      bukaaannnnn,,kalian yang berfoto bersama itu ramai2...hahahaha

      Hapus
    2. yang captionnya "namanya Angkatan kebakaran, karna waktu kami mau lulusan, sekolah kebakaran. hiks" ..wkwkw

      peace :d

      Hapus
    3. oww itu.. hahahaha..

      maklum lah, cewek2 kalo kondangan pada menor.. nggak muka, nggak baju, semua menor

      Hapus
  3. seneng rasanya kalau sahabat nikah dan yang nyomblangin ternyata kita, hehe
    saya lebih mengenal baju adat daerah mbak risah dan juga prosesi akad nikahnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang banget mas... :)

      yah begitulah baju adat riau mas. cantik kan?

      Hapus
  4. selamat merit buat mbak manil, semoga menjadi keluarga shalih, bahagia, tenteram, damai, dan berjaya. sakinah, mawaddah warahmah.

    BalasHapus
  5. hehe, jadi comblang bakalan diingat terus tuh sama sang mempelai, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin.. Tapi sekarang2 aja ingetnya, lama2 juga lupa :D

      Hapus
  6. wah..kerenn...berjasa banget tu mbak jd mak comblang...
    klo mbak kpan nikahnya..? *uhukk

    BalasHapus
  7. haha temennya mbak risa udah nikah, si mbak nya kapan mo nyusul ?? hahah

    btw judulnya typo tuh, harusnya kondangan kan ?? bukan kodangan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temen2 ku udh pada banyak yg nikah wil. Aku ntah kapan. Calonnya aja blm ada. Hahaha..

      Oia ya! Sumpeh baru liat.haha

      Hapus
  8. Wahhh Mbak mbak e Soleh soleh semua nihhh! hahaha xD *Kunyah Aspal*

    Ziarah balik ya mbak! :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Jangan sampe ngunyah aspal..
      Kerass...

      Okkeehh

      Hapus
  9. huaaa selamat ya buat temannya. enak bener nikah sama cinta pertama XD
    yang punya blog ini kapan hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ngiri kan ya bisa nikah ama cinta pertama.
      Kapan-kapan -_-

      Hapus
  10. wah melepas masa lajang, si mbanya kapan nih hehe
    semoga menjadi keluarga yg sakinah mawadah warokhmah amin....

    BalasHapus
  11. Selamat ya buat manil ...
    Tapi elo jahat, ranjangnya elo perawanin duluan..
    Kasian, pasti ranjangnya sakit ..
    Baru pertama kali ...#Plak

    BalasHapus
  12. Aku nyusul temen mbak yoo :D
    haha (padahal masih 17th) haha.

    BalasHapus
  13. kamuny akapan nyusul tuh? jangan kelamaan, ntar disalip orang lho... heheh

    BalasHapus
  14. walah....kapan nyusul????
    eheheheheehe

    kalau temen udah nikah gitu kayaknya bakal sepi

    BalasHapus
  15. Wahh semoga jadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah deh buat si Manil, trus risah kapan nyusulnya???

    Jangan lupa ngundang2 ya... Biar bisa makan gratis.. :'D

    BalasHapus
  16. Selamat yah buat tmannya, kamu kawan? kapan kawain? kawin kapan? :D

    BalasHapus
  17. click this link here now he said check this site out you could try here navigate to this website why not find out more

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)