22 Desember 2013

I'm Move On..! *Kenalan dengan Pustaka Soeman HS


Hai semua, apa kabarnya setelah terima raport? Nilainya bagus-bagus semua kan? Nah, dari pada liburannya bengong, mendingan dengerin aku cerita.

Dahulu kala, ketika loket terminal bus masih di pasar pagi jalan Nangka,  Bangunanku dulu sederhana. Aku sering galau dan  kesepian, tidak banyak orang yang mengenalku. Bahkan banyak orang yang tidak tau namaku. betapa menyedihkannya aku. Kemudian pemerintah Daerah Riau mulai melakukan pemugaran dan perbaikan. Sampai akhirnya tahun 2008 bagunan ku sudah cantik dan megah, bahkan wakil presiden Jusuf Kalla datang melihatku dan meresmikan aku. Sejak itu hidupku berubah. Aku move on…!!

Kini gedungku punya fasilitas lengkap. Seperti auditorium, bilik budaya melayu, atrium, ruang pertemuan, ruang Internet, Musholla, CafĂ©, kantin, Energy Corner (Chevron Library), Children Library, Meeting Room. Discussion Room, dan toilet mewah sekelas hotel berbintang 5.

Suasana lantai 2. Foto By Risah

Auditorium ku waktu acara bedah buku Penulis Terkenal. Pipiet Senja. Foto By Risah
ada nggak ruang baca sekeren aku? sumber foto
Bangunanku kini megah berlantai 6. Mall SKA aja kalah. Dulu aku hanya menjadi tempat riset mahasiswa yang sedang kebut skripsi, dulu aku cuma tempat tua yang sepi pengunjung, dulu aku hanyalah perpustakaan yang menyimpan buku-buku tua.
Yang paling terkenal dari diriku adalah bangunan atapku yang menyeripai buku yang sedang terbuka. dan jika di lihat lagi menyerupai rehal (Tempat meletakkan Al-Qur'an)


sumber foto
Jika kita bandingkan dengan keadaanku dulu dan  saat ini. Udah beda banget. Aku bukan cuma tempat cari buku, bukan cuma tempat pinjam buku. Aku sekarang jadi tempat tongkrongan gaul. Terutama bagi para netter.

Apa itu netter?
Netter adalah orang-orang yang suka menggunakan internet. Sebagian netter ini ada yang punya modem, ada juga yang memanfaatkan wifi di tempat-tempat umum. Baik itu wifi gratis sampai wifi berbayar.

Sebenarnya banyak spot-spot di pekanbaru yang difasilitasi wifi. Dan salah satu tempat wifi-an paling nyaman tentu saja aku. Pustaka kebanggaan orang riau.

Selain tempatku sejuk dan nyaman, wifi disini juga sangat kencang. Tak heran selau kulihat ada beberapa orang yang tiap hari selalu hadir disini. Duduk di depan laptopnya berjam-jam. Bahkan saat ini aktifitas ngenet bareng di puswil sudah dilakukan beramai-ramai. Entah itu teman segeng, teman se kampus bahkan ada juga yang liqo' atau pengajian disini. Wah.. aku tidak menyangka hidupku bakal sebahagia ini sekarang. Aku bangga saat ini aku bukan hanya jadi  tempat baca/ minjam buku. Tapi juga tempat nongkrongnya anak-anak pekanbaru. Tempat gaaooll geettoohh...


para pengguna WIFI alias netter. sumber foto
salah satu muka yang terlihat sering mengunjungiku.
ini adalah relief budaya dan seni masyarakat Riau. tempat ini sering di jadikan objek foto bagi pengunjung
Ada beberapa orang yang aku lihat selalu ke sini, Baik itu minjam novel (novel doang, buku lain nggak pernah), nebeng WIFI an berjam-jam sampai puswilnya tutup, atau cuma sekedar numpang internetan gratis di komputer yang udah sediakan disini.Untuk komputer yang disediakan disani kayaknya banyak yang belum tau. Namanya Bilik Informasi
 
bilik informasi. sumber foto
diruangan cozy ini desediakan 20 komputer yang punya akses internet kencang. Semacam warnet, tapi lebih nyaman dan aman. Namanya juga gratisan dan terbuka untuk umum, pemakaian kompi ini nggak boleh lebih dari 1 jam. Dan tentunya di sini pengunjung nggak bisa buka Sosmed tipe apapun. Baik itu facebook.twitter, dll. Ada juga pengunjung yang bandel, udah internetan lebih dari 2 jam, belum juga beranjak pergi. Dia tidak akan pergi  Sebelum di usir operator #maniak internet muka badak.

Out baru lantai dasar. Kalau kamu naik ke lantai 5. Ada bilik Budaya Melayu yang menyimpan buku-buku melayu dan dokumen-dokumen terlengkap. Bahkan kalau kamu mau tau sejarah Bandara SSK tahun 1935, disini ada dokumennya.

Aku juga sering kedatangan tamu dari berbagai daerah. Mereka berwisata ke tempatku. Setiap akhir pecan atau liburan sekolah selalu ramai. Mereka menikmati semua fasilitas yang ada disini. Aku senang mereka semua berbondong-bondong datang dari berbagai daerah. Aku tidak galau lagi, tidak di hinggapi sarang laba-laba, dan tidak kesepian lagi. Sekarang aku Move on dan hidup bahagia.

Semoga dengan keadan ku sekarang, bisa menumpas buta huruf di Riau dan menambah minat baca warga Riau.

Nah, Sekarang kamu sudah kenal kan siapa aku? Ya, aku adalah pustaka Wilayah Riau Soeman HS. ^_^

*Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Giveaway #7 Bertuah : Share your story aboutPekanbaru. yang di sponsori Oleh @BurgerGabohPKU


42 komentar:

  1. kalo perpustakaannya keren kayak gituuuu aaaa pasti betah bangeett aku nongkrong disitu, bakalan betah banget baca buku berlama-lama :D
    smoga GAnya menang yaaa :)

    BalasHapus
  2. semoga menang risaaah.. semangattt yaaa.. salam dari bupati HIMA paling keren sepanjang hayaaat.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. beughh... bupati paling keren??

      ya deh iyaaa......

      Hapus

  3. tulisannya kreatif sekali. Pekanbarunya bisa berbicara.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan pekanbarunya, tapi pustakanya itu yg ngomong...

      Hapus
  4. Beh, keren banget perpustakan-nya.
    Kalau ada perpustakaan gitu, gue pasti bakalan nongkrong deh.
    Tapi, mungkin ada kali ya dijakarta. Cuman, gue aja yang gatau. Hahaha.

    Btw, good luck, GA-nya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada loh... ini pustaka terbesar di asia katanya... tapi tau juga deh ya..

      doain semoga gue menang ya mat

      Hapus
  5. Fasilitas wifi memang ampuh untuk menarik pengunjung, khususnya mahasiswa.

    Gooduck buat GA-nya sis! semoga menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang.... ide cerdas banget kan...

      thank's, tapi btw itu typo tulisanya. hihihi...

      Hapus
    2. ide cerdas banget kan, makanya tempat2 umum dan bisis banyak yg di pasang wifi.

      thanks, but itu typo tulisanya. hihihi

      Hapus
  6. hahhhahhhaaahaaha.... gaya bahaasanya unik... lol

    BalasHapus
  7. sumpaaaaaaaaaaaah keren banget ni perpustakaannya.
    bakalan betah deh gak pulang kalo disana, aplagi kalo ada inetnya :D
    semoga sukses ya GAnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pustaka siapa dolooo dong.. #kibas rambut

      doain gue menang ya ky. maya hadiahnya buat nraktir temen2.. hehhee

      Hapus
  8. Ih itu serius segede itu perpusnya? Perpus yg kecil aja aku betah, apalagi yg segede itu!!! Kewren!!!!! Kalo ke Pekan Bary Riau harus kesana! Harus! Pasti banyak buku tentang pemrograman!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pekanbary?? wkwkwkwkw....

      bayak loh hud.. kalo kamu kesini nanti aku anter tour ke pustaka ini :)

      Hapus
  9. perpustakaannya bagus banget, coba kalo di daerahku ada perpustakaan sebagus itu, pasti aku bakalan sering-sering kesana. perpustakaan daerahku biasa aja sih. hehehehehe

    BalasHapus
  10. Gw suka desain bangunannya tuh, mantap! cita-cita gw kalo buat buku bakal bedah buku disana ah.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini sering banget di adain bedah buku feb...

      ajib, ntar gue jadi panitianya ya..

      ditunggu loh.. hahhaa

      Hapus
  11. sudah beberapa kali ke pekanbaru, selalu gagal buat mampir ke pustaka ini. hanya bisa berdecak kagum dari kaca mobil..kapan2 ajakin kesana ya risah..hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha? kenapa gak mampir?? sayang banget deh...
      yura orang padang kan ya? kan deket ke pekanbaru, kapan2 klo kesini lagi kabarin aja, biar aku anter keliling puswil ini :)

      Hapus
  12. waaawwwww kak Risah perpustaannya... keren banget... gedungnya itu lhoo... haha aku mau juga jadi netter disana #eh... sukses yah buat GAnya

    BalasHapus
  13. keeren tulisannya, semoga menang ya Risah :)
    bangunannya bagus banget n banyak pula manfaatnya terutama para netter yg suka gratisan hehehe
    goodluck

    BalasHapus
    Balasan
    1. beneran keren mei? suer mei? beneran?? #ngarep

      Hapus
  14. loh, itu pustaka? kok kayak stadion gelora sriwijaya di palembang sih? oia, palembang sama pekanbaru jauh nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah?/ kayak stadion? masa sih? ahhaha..

      jauhhh banget gilaak.. kalo pake bus perjalanan 2 hari 2 malam (gw udah pernah soalnya)

      Hapus
  15. weeww udah siap ya kak? vina udah lama ndak masuk ke dalam.. paling sampai diluar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pun dah terlambat bikin nya vin.. yg penting ikut :)

      Hapus
  16. keren! tempat kayak begini nih yang bikin betah. anak mudanya jadi punya kegiatan positif kalau fasilitasnya oke begini.
    kalo ntar ke Pekanbaru, mampir aaahhh ;D
    kapan yaa kotaku punya yang kayak beginian :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak muda mana dulu yg mau nongkrong disini.. gak semua kalangan juga nad.. ada jg yg ngebut2an di jalan....

      klo ke pekanbaru nanti aku temenin ke puswil :)

      Hapus
  17. risah soriii...ak udah komen disini pas km promo dulu..
    tp pas aku cek beberapa hari setelahnya, komenku ilang....
    jadi aku komen lagi deh :

    emm...kereen banget ya perpusnya...
    kalo disini ada yang kayak gitu, aku bakalan lebih betah di perpus daripada di mall...hahaha

    sukses buat GAnya yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp miftah.. emang kadang suka gitu..

      emang yg nongkrong disini lebih betah dr pd di mall dong. disini gak keluar duit soalnya. hahaha

      tengkyu yah doanya. aku jd menang deh :)

      Hapus
  18. kenapa perpusnya pekan baru sekeren ini.. kenapa kotaku enggak. kenapa?
    kenapa aku jadi pengen ke sana, kenapa? kenapa kok perpus di kotaku nggak senyaman ini, kenapa?? ahh sudahlah..
    semoga menang GA nya ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya udah bikin proposal untuk perpus impian gih..

      alhamdulillah menang ntok. tengkyu doanyaa yaaaaa

      Hapus
  19. Aih... tulisan keren! Memposisikan diri sebagai gedungnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah, baru baca komen ini pas udah selesai pengumuman. kalo udah baca duluan aku kan nggak deg-degan lagi nunggu pengumumannya. makasih om juriii :D

      Hapus
  20. Kalau saya yang jadi juri, ini yang akan dijadikan pemenang, smeoga dewan juri sependapat dengan saya. Semoga Mnjadi pemenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bg eri... sayangnya risa telat bacanya.. kalo udah baca komen ini duluan kan udah yakin menang. hahaha

      Hapus
  21. Ahhh kota kelahiranku. Kangen pekanbaru.

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)