20 Oktober 2015

Travelling Alone Around Papua


cerita sebelumnya:

Travel to Raja Ampat. Piece of Paradise

Trip to Raja Ampat. Piece of paradise #Part 2

Terimakasih SM3T Sorong!

Dari judulnya kayaknya sok banget ya? Padahal aku jalan sendirian itu cuma dari Sorong ke Manokwari, Lanjut Jayapura, nginep semalam di Jayapura, dan lanjut Wamena. Walaupun gitu doang tapi kan udah menyinggahi 4 kota di Papua, bisalah dikategorikan around Papua. hahaha maksa banget!
 
Petualangan aku ini dimulai dari Sorong. Yang mana kami serombongan abis dari Raja Ampat. Perginya emang barengan 9 orang. tapi pulangnya mencar-mencar sesuai keinginan. Ada 3 orang yang memutuskan untuk tinggal seminggu lebih lama di Sorong, nungguin jadwal kapal ke biak. Dari biak baru deh naik pesawat Hercules ke Wamena. Lebih hemat. Sedangkan yang lainnya memutuskan pulang lebih dulu, naik pesawat dari Sorong. Kayak si Hendri yang langsung terbang ke Jogja. Inggar dan Hotma ke Jayapura, dan yang lainnya pulang ke Wamena. 

Sejak dari Wamena aku emang punya rencana, pulang dari Raja Ampat pengen jalan-jalan sendirian di Jayapura. Which is Jayapura adalah kota yang sama sekali belom pernah aku injek kecuali transit doang waktu pertama kali datang ke Papua. satu tempat yang paling paling pengen banget aku kunjungi adalah Jayapura City. Tempat dimana kita bisa meilhat kota Jayapura dan lautnya dari atas bukit. What a beautiful!!
 
kota Jayapura dan samudra Pasifik dari Atas. gabar nyomot dari SINI
So, subuh itu, dari rumah Mbak Tri (tempat kami menumpang hidup selama di Sorong) aku ke bandara edward Sorong, dianterin Fendy. Aku sengaja ambil penerbangan pagi, biar banyak waktu untuk bisa keliling Jayapura. Hari itu Ellen dan Erna juga balik ke wamena. Tapi nggak satu penerbangan sama aku, karena beli tiketnya beda. Lagian mereka nggak ada rencana ke Jayapura. Tapi berita yang menggembirikan dari dua cewek ini adalah, pesawat mereka ke wamena bakalan delay! It’s mean transit dulu di Jayapura satu malam. Biasanya kalo ada transit satu malam, maskapai akan menginapkan calon penumpang di Hotel. Horaayy. Aku bisa numpang nginep di hotel mereka…!! Gak mikirin penginapan lagi deh. Kalopun mereka nggak mau di ajak keliling Jayapura, ya udah aku jalan sendirian aja besok. Aseeeekkk…..

Ini emang bukan pengalaman pertama jalan sendrian, waktu di Jakarta dulu sering juga jalan sendirian. tapi untuk pengalaman naik pesawat sendirian di Papua. Suer! Ini yang pertama. Yang aku rasa exited bercampur deg-degan. Sempat muncul pikiran-pikiran aneh. Gimana kalo aku di palakin di jalan (you know what, orang papua hobinya malakin orang), gimaan kalo dompet aku dicopet, gimana kalo bagasi aku ilang di bandara, gimana transportasi di Jayapura yang sama sekali aku belum browsing dan tanya orang. bahkan aku sempet mikir, gimana kalo pesawat Garuda ini jatoh. Aku masi muda, belom nikah pula.

Tapi aku tepis semua ketakutan dan kekhawatiran itu. Malah sebelum berangkat asik foto-foto sendirian kayak orang gilak. Aku bersyukur banget bawa tongsis. Tongsis is really useful! Trust me!
Bandara Domine Eduard Osok, Sorong. Papua
Heading to Manokwari
sendirian aja
kalo jalan rame-rame pasti mikir mau foto-foto norak begini. hahaha
Dari Sorong ke Manokwari Penumpangnya nggak full. aku duduk sendirian deh. Jadi bebas banget foto-foto. Muehehehe. Dari manokwari ke Jayapura aku duduk sama bule dari UK yang abis dari Raja Ampat juga. Dia adalah seorang Dokter (tukang suntik orang) apa doctor (yang ngajar di kampus) aku ngak begitu ngerti. Dia bertugas  di PNG. Cuma abis liburan di Raja Ampat sama 3 orang dosen lainnya. Dia bawa kamera dengan lensa yang puanjang dan sibuk foto-fotoin pemandangan dari atas pesawat. Cuma sayang banget, katanya dia nggak bawa camera underwater, jadi nggak bisa fotoin keindahan bawah laut di Raja Ampat.


Waahh.. aku langsung nyombong dong. Aku dari Raja Ampat juga dan fortunately aku sempet foto-foto bawah air walaupun cuma ecek-ecek doang. Yang cuma difotoin pake HP Samsung aku dibungkus case waterproof. Aku pun pamer video aku lagi snorkel gaje di Raja Ampat yang ada di HP aku. Si om bule langsung envy tingkat dewa. Hahaha.. #ketawasetan
 
fro Manokwari to Jayapura with this crazy uncle :D
Sepanjang perjalanan dari Manokwari ke Jayapura dia banyak cerita-cerita, yang karena ngomongnya cepet banget. Aku jadi banyak nggak ngerti. Dia ngomong aja terus dan aku cuma manggut-manggut kayak ayam matok umpan. Hahaha. Yang cuma bisa aku tangkep dia cinta banget sama Indonesia. Karena PNG berbatasan dengan Jayapura, dia jadi sering main ke Jayapura. Dia suka banget sama Raja Ampat. “ It’s like a paradise” katanya. Aku juga sempet promosiin Bali dan Derawan di Kalimantan. Dia pernah denger bali tapi belum pernah kesana. Next time I will there. Katanya. Inilah salah satu part yang aku suka dari Travelling. Ketemu orang baru, cerita banyak hal dari yang penting sampe nggak penting. Hihihi.

Aku nyampe duluan di Jayapura. Sambil nungguin bagasi (yang cuma kardus mie berisi oleh-oleh Raja Ampat), aku nelpon Erna dan Ellen. Rencananya kalo mereka jadi transit. Aku mau nitip tas carier 35 Liter yang aku panggul ini di hotel mereka. Abis itu baru deh aku lanjut jalan explore Jayapura sendirian. tapi itu cuma hayalan. Ternyata mereka nggak jadi transit. Pesawat mereka langsung berangkat ke Wamena. Bahkan begitu nyampe Jayapura mereka langsung lari terbirit-birit karena pesawat Trigana 5 menit lagi berangkat. Whattttt???? Info pesawat Trigana Delay itu hoax? Jadi sekarang di Sentani-Jayapura ini aku bener-bener sendirian?! tiba-tiba lutut aku lemess…..

Bersambung ke SINI

3 komentar:

  1. dan ini yang aku bikin miris mbak, padahal negri sendiri bak serpihan surga yang turun ke bumi (beuh yah bahasanya haha) tapi, warganya sendiri, ada yang lebih milih jalan-jalan keluar negri. padahal, abisin dulu yang ada didalem negri, baru keluar.

    raja ampat, tempat yang gue pengen banget dikunjungi nih. duh,
    tapi baca-baca di artikel, katanya air diraja ampat ada sampahnya ya, cari tau mbak buat kebenaran artikel yang gue baca itu. hehe

    BalasHapus
  2. ya dimana mana juga banyak sampahnya..
    foto foto raja ampat ada samoah di laut itu letaknya di waisai. ibu kota raja ampat.

    kalo ke pulau pulau ny dijamin bersih. beberapa pulau ada yg tak berpenghuni kayak pianemo, waisai dll.

    sedangkan pulau2 yg berpenghuni yg jd tmpt wisata jg banyak dan bersih banget bebas sampah

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)