01 Desember 2015

What a Great Weekend


Aku ngerasa weekend kemaren adalah weekend yang berbobot dan full of agenda. Biasanya weekend aku emang selalu ada agenda sih. tapi nggak sebanyak agenda wekend ini dan nggak sebermanfaat ini. hihihi. Aku mau ceritain satu-satu. sebenernya agak gak penting sih buat diceritain. tapi ini kan blog gue, terserah gue doang mau cerita apa. weks. hahaha.

1. seminar Cinta Al-Qur’an
Semua keremponganku dimulai dari hari sabtu pagi. Sekolah tempat aku ngajar ngadain kegiatan buat wali murid yang kami namakan “Seminar Cinta Al-Qur’an”. Seminar ini tujuannya buat memotivasi wali murid agar membimbing anaknya dirumah. karena di sekolah tempat gue ngajar itu program unggulan nya adalah tahfizul qur’an, maka berharap orangtua bisa bekerjasama dengan baik. soalnya bakalan percuma juga kalo anaknya capek2 ngafalin berpuluh2 ayat di sekolah, tapi pas di rumah nggak diulang.

Dalam seminar itu di undang seorang ustadz, beliau adalah seorang Dosen bahasa arab lulusan LIPIA Jakarta. memiliki 6 orang anak yang semuanya adalah penghafal al –qur’an. semua loh ya.. Dalam seminar itu turut datang anak bungsunya yang sudah hafal 4 jus. umur masi 10 tahun tapi sudah kelas VI. karena waktu dites masuk SD tau-tau langsung naik ke kelas 3. kelas 1 dan 2 nya lewat. cowok ganteng pecicilan yang selalu rangking 1 disekolah itu juga sempat membacakan surat Al-Qiyamah sampai selesai. dengan tartil dan irama ala anak-anak di kaset. luar biasaa...! emak emak wali murid aku liat ada yg meneteskan air mata mendengarnya.


Banyak yang bertanya, apa treathment orang tua dirumah sampai anaknya ada yang kelas 1 SMA sudah Hafidz 30 jus. Ustad itu menjawab, cuma kebiasaan yang ditanamkan sejak bayi. ke 6 anaknya semua sudah hafal juz 30 ketika baru bisa bicara. nah lo kita baru bisa bicara apa yg di hafal? lagu balon ku ada lima?

Pulang dari sekolah sempat tidur siang dulu di rumah. walaupun Cuma dapat tidur siang 1 jam. Tapi udah lumayan. Karena di hari kerja mana ada yang namanya tidur siang. Begitu punya waktu buat tidur siang, berasa mewah banget.

Azan ashar baru deh siap-siap buat sholat dan otw ke jalan Rajawali buat ngikut kelas Akademi Berbagi Pekanbaru. Aku kira bisa tembus ke rajawali dalam waktu setengah jam aja. Ternyata otw kesana hampir satu jam. Dan yap! Aku telat tapi nggak ketinggalan materi.  Aku datang pas banget materinya baru aja dimulai!

2. “Set your itinenary” by Akademi berbagi
Here we go. Di temenin segelas frappuchinno oreo kesukaanku (yg harganya 31k. mahaaaaall bangettt -__-) aku pun duduk manis di Krema Coffe dengerin sharing yang di sampaikan Kak Mike Agnesia. beliau ini adalah seorang budget traveler, relawan Akber Pekanbaru, udah keliling dunia juga. Keren deh pokoknya!
I'm the one who love  wearing pink!

Di kelas ini Kak Mike sharing bagaimana harusnya ngeset perjalanan. Dari ngitung tiketnya, nginepnya dimana, nyampe d tkp naik kendaraan apa. Sampai cara memperhitungkan waktu di perjalanan. Kak Mike sempat cerita perjalanannya ke Karimun Jawa,  doski dan temen-temen ketinggalan pesawat karena bus yang ditumpanginya mogok di jalan.  Namanya juga mogok siapa yang bisa di salahkan. Akhirnya Kak Mike bilang untuk kedepannya harus di perhitungkan dan dipastikan, hari kepulangan itu kita sudah berada di kota tempat terbang.

Aku jadi geli sendiri denger ceritanya, jadi inget waktu ke raja ampat kami juga udah ngeset itinenary. Malah tu jadwal udah berkali-kali di rombak, di edit. Pokoknya ending berkali-kali ngobrolin perjalanan ke raja ampat kami bujetin 5 juta per orang. Itu udah include semuanya. Eh karena perginya pake kapal, sedangkan kapal hanya mampir di sorong 2 kali seminggu, akibatnya kalau mau nunggu kapal harus stay in sorong selama 2 minggu. Aku mikir mendingan naik pesawat. Ujung-ujungnya aku pulang naik pesawat sendirian, dan biaya perjalanan aku ke raja ampat jadi bengkak sampe 7 juta karena beli tiket pesawat dadakan. Hiuuuhh….

Ada lagi kemaren, waktu si Darwin dari Kalimantan dan Iam dari Pelambang datang ke Pekanbaru, kami rencana mau explore sumbar selama 4 hari. Nah di sumbar kan banyak banget tempat tempat bagus. aku udah ngeset itinenary se full mungkin. Jadi 1 malam nginap di pulau, 1 malam di bukit tinggi, 1 malam di padang, bahkan sampe ada jadwal  ke pantai air manis buat paragliding (sejenis paralayang juga). Angan-angan aku tuh udah setinggi langit. Ceritanya let’s get lost in sumbar, Tau-taunya kami beneran lost! nyariin pantai air manis aja nggak nemu. Google map, GPS, semacam benda yang tak berguna,  berharap sama sopir yang kami rental seharian, ternyata doski adalah supir Pekanbaru-pariaman, nggak tau daerah padang. Kami Cuma muter-mutr nggak jelas di sekitaran komplek sebelum nanjak gunung ke pantai air manis itu sampai magrib. Dan akhirnya kami menyerah… lupakan batu malin kundang dan paragliding nya.

So, sebelum travelliing, kita wajib kudu harus tau tempat tujuan kita. Lets get lost emang seru kedengerannya. Tapi nyasar beneran itu nggak asik sob. Suer!

Di kelas itu Kak Mike juga sharing soal web dan aplikasi yang musti ada di HP traveler.  Terutama buat ke luar negri. Diantaranya:
  •  google translate dan google map offline
  •  Bus local destinasi
  • Tripadvisor offline
  • Uber atau grab taxi
  • dan banyak lagi aku lupa. hihihi

     Semakin maju suatu Negara yang kita kunjungi, akan semakin mudah kita menjumpai aplikasi. Semakin memudahkan kita untuk urusan nyari hotel atau penginapan, taksi, dan booking boking yang lain. sedangkan List minimum yang wajib ada ditabungan adalah,biaya tiket PP, biaya hidup perhari dikalikan berapa lama bakal stay disana. Yang lucunya, kemaren ada yang nanya offline.
 “Kak, mau nanya soal budget liburan.” Tanya seseorang
“Kenapa budjetnya?” Tanya Kak Mike balik.
“Budgetnya nggak ada”
Kemudian tawa pecah di kelas itu. Gimana mau traveling kalo bajet nya kagak ada. hahaha.. ya nabung dulu kali mas bro... Jadi tips dari Kak Mike biar bisa nabung buat traveling salah satunya adalah dengan cara arisan. #emak-emak banget yaa…

Masi banyak lagi sharing soal ngeset budget dan itinenary di kelas itu. Pokoknya kelas nya fun dan nambah wawasan banget buat para traveler.
Thank you Kak Mike dan Tim Akademi Berbagi Pekanbaru.

3. Mabit Bersama Jamaah Masturoh Dari Malaysia.
Keluar dari krema coffee, aku langsung buru-buru ke rumah tanteku yang udah 3 hari kedatangan jamaah dari Malaysia. Rencananya aku mau ikut mabit juga disana. Dirumah itu ada 4 orang emak-emak dari malaysia mengadakan pengajian, karena rumah tanteku cukup besar, tanteku mengundang tetangga dan sanak saudara untuk ikut mendengar ceramah dan mudzakarah disana. Pas aku datang itu rumah rame banget…

Nasihat-nasihat dari makcik ini bagaikan vitamin buat ruh yang kering. Malam itu selesai mudzakarah kami tidur di ruang tengah. Padahal disediakan kamar, tapi para makcik itu memilih tidur diluar,biar gampang bangun tahajud nya, aku pun sempat curcol sama mak cik yang paling muda tentang bagaimana jauhnya aku dari islam saat ini. Berjanji untuk tetap istiqomah dalam islam.

Kedatangan mereka ke Pekanbaru adalah dalam rangka masturoh 40 hari. Ibu-ibunya belajar di rumah, sedangkan bapak-bapaknya belajar dan tinggal di masjid. Hanya pulang di waktu makan. Program Masturoh ini adalah salah satu usaha dakwah dalam jamaah tabligh. Kalau ada yang kepo soal masturoh, browsing aja di mbah google, atau Tanya teman, sanak saudara. Soalnya aku pun bingung juga gimana mau jelasinnya. Hihihi.

Aku sempat mengikuti program sampai jam 12 siang. Setelah sholat zuhur dan makan siang, aku pun bertolak ke mall Pekanbaru. Buat mengejar acara kopdar Blogger Bertuah.

4. Kopdar Blogger Bertuah Pekanbaru
Sebenernya sejaak pulang dari Papua aku pengen banget ngumpul-ngumpul sama para Blogger Bertuah. Tapi belum ada moment nya, pernah sekali ke rumah blogger, Cuma ketemu beberapa orang aja. Sedangkan si Cica, Vina, Kak Wiwid, dan yang satu species dengannya belum ketemu. Niatnya mau ngasi oleh-oleh dari Papua sampe sekarang belum kesampean.

Di acara kopdar kali ini aku ngarep bisa ketemu sama mereka, tapi waktu aku datang ternyata banyak muka unyu-unyu anak SMA dan Mahasiswa. Wah jadi ngerasa bangkotan banget gue. Hahaha.. ternyata selain kopdar,Bg Putra dkk juga mengadakan open recruitment anggota blogger bertuah. Pantesan aja banyak wajah-wajah baru.

Walaupun datang terlambat, tetap aja aku kebagian sesi sharing soal menjadi seorang Blogger Personal. Sebenernya cewek-cewek di blogger bertuah itu rata-rata adalah blogger personal, tapi karena di sana Cuma ada aku, tante wina dan Wita. Jadi deh aku yang speak up.

Food court mall Pekanbaru dihari minggu kan rame banget ya. Walaupun kami udah ambil tempat di pojok, tapi tetap aja ribut dan heboh gitu. Jadilah aku ngomong sambil teriak-teriak kayak orang lagi orasi di demo. Udah gitu ternyata ada juga beberapa mahasiswa unyu yang nanya-nanya soal blogger personal. Dari nanya, apa yang membuat aku bisa bertahun-tahun bertahan menjadi seorang blogger personal, sampe nanya tips biar konsisten ngeblog.  Waah.. tambah semangat dong gue jelasinnya, walaupun yang gue jelasin itu nggak jelas juga juntrung nya, tapi gue sampein dengan semangat membara,  sampe-sampe para pramusaji disana ngeliatin gitu. Hahaha..pas udah kelar ngomong dan liat Yopi dan Berry yang sharing soal “Menjadi blogger yang menghasilkan dollar” dengan suara pelan, baru gue nyadar, ya Allah itu tadi gue abis ngapain, sharing apa lagi demo. Entahlah… #tepokjidat
lagi orasi sharing soal bagaimana bertahan menjadi seorang Blogger Personal
Thanks for coming buat para adik-adik yang baru aja bergabung di blogger bertuah. Semoga ada sedikit wawasan bertambah setelah mengikuti kopdar ini.  tetap semangat ngeblog yaaa…

Itu deh weekend gue kemaren yang full of agenda. Dari seminar cinta al-Qur’an di sekolah, ikut kelas di akademi berbagi, malamnya mabit bareng mak cik dari Malaysia, sorenya menghadiri kopdar blogger bertuah. tumben aja gitu weekend aku berbobot. Kamu ngapain aja nih? Ceritain ya di kolom komentar.

Promosi, setelah ini aku bakal ceritain petualangan weekend sebelumnya, camping 2 hari di pulau Pamutusan. Makasih udah baca blog yang sangat nggak jelas ini. keep blogging and don’t forget to blogwalking ^_^
#benerin jilbab

baca juga : berita kopdar blogger bertuah ada di TripRiau.com
- Raup Puluhan Juta dengan Menjad Blogger

9 komentar:

  1. Wah seru ya, banyak banget acaranya. Di tempat tinggal gua kok rasanya jarang ada seminar-seminar kayak gitu T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lu aja kali ko yang gak tau.. akademi berbagi itu ada hampir di setiap kota.. bandung mah ada. eh sekarang di bandung apa masi di china?

      Hapus
  2. Padat sekali acaranya Mbak, salut buat tenaga dan semangatnya.

    BalasHapus
  3. wah semakin padat agenda seseorang maka semakin cerdik ia memange waktu.
    sangat suka dengan agenda point pertama...
    salam kenal dari Gorontalo, sulawesi yaambak Icha ^_^

    BalasHapus
  4. Owalah, kak Risah ini dari Blogger Bertuah. Em.... gue dikenalin sama Vina kemaren, waktu kami lagi kopdar BE. Nah, sekarang ternyata Blogger Bertuah masih ada ya? Karena udah lama gak ngikutin perkembangannya, gue jadi gak tau ada kopdar gitu. Yasudahlah, emangnya gue siapa? Ada yang mau kenal aja, syukur.

    Ada 4 Agenda dalam sehari, waduh... Full banget ya kak. Asli, semuanya keknya bermanfaat dan sepertinya kak Risah begitu bersemangat menyelesaikan semuanya.

    Salam kenal kak.

    BalasHapus
  5. Wow.... full activity banget.. kempor ya pastinyaa.. tapi yang jelas banyak ilmu, banyak pengalaman, banyak teman... sangat inspiratif

    BalasHapus
  6. kempor? bukannya gempor ya? hahaha
    hari senin nya aku emang teparrrr...

    BalasHapus
  7. weekend yang berkualitas sekali ya haha. banyak hal-hal bermanfaat dari kegiatan kegiatan tadi

    btw abis ngapain mbak dari Papua?

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)