20 Desember 2015

Tips backpacker hemat dan nyaman ke Raja Ampat


1.       Buat rombongan. Kalau mau hemat jangan berangkat berdua doang ama pasangan, apalagi sendirian. it’s okay kalo budjet kamu di atas 15 juta boleh deh sendirian. Karena buat sewa kapal keliing pulau aja udah 7 juta. Tapi kalo uang kamu berlimpah, dan mau nyobain sensasi privat tour. It’s okay. No problem. Kalo aku sih ogah. Percayalah, bersama lebih baik.



2.       Cari tiket pesawat murah.Kan sering tuh ada tiket promo dari berbagai maskapai, tapi udah aku pantau terus sejak pertengan tahun 2015 sampe aku pulang dari raja ampat kemaren bulan , nggak ada promo ke papua. palingan promo sekitaran pulau jawa dan Sumatra aja. Tapi Tuhan bersama rang-orang yang sabar, pantau aja terus web yang jualan tiket pesawat kayak traveloka. E tiket. Dll. Biasanya prime time tiket promo itu tengah malam

3.      Kalau nggak nemu tiket pesawat murah, tapi tekat udah bulat mau ke raja ampat. Kamu bisa naik transportasi laut. Naik  kapal. Yaa.. kalo dari pulau jawa sekitar 7 hari di kapal, kalo dari Sumatra bisa 10 hari. Kalau dari papua (Biak) Cuma 1 malam. Siap-siap aja menggembel kayak perjalanan kami kemaren. Bawa cemilan yang banyak karena di kapal harga serba mahal, jatah nasinya dikit dan lauknya nggak enak. Kecuali klo kamu naik yang VIP. Tapi klo milih yang VIP mending naik pesawat sekalian deh..
tiket kapal bisa di booking di web www.pelni.com
kapal gunung dempo
4.      Jangan berangkat di bulan liburan. Kayak libur natal, tahun baru, lebaran. Tiket dan tetek bengeknya semua udah pasti mahal

5.      Cari bulan selain juni, juli, agustus. Karena itu bulan ibunya ombak. Kenceng banget ombaknya.
6.      Namanya juga backpacker, jangan bawa koper. Pake carier aja. Kalo nggak mampu beli yang baru, beli yang second aja di olx, kemaren temen ku beli carier 50liter baru 2 kali pake harganya 250rb. Mayan to? Kalo nggak punya duit juga boleh pinjem punya temen. Hahaha

7.      Di waisai, ibukota raja ampat. Banyak penginapan yang harganya beragam. Dari yang 150ribu, sampe yang di bayar pake dolar atau pake euro juga ada. Kalau mau gratis juga bisa, kamu pasang tenda di tepi pantai. Tapi inta izin dulu sama warga setempat. Boleh kok.
sumber dari sini
8.      Berbaurlah dengan masyarakat setempat, pake mode SKSD. Siapa tau di ajakin nginep dirumahnya. Sering ada yang begitu soalnya.
9.      Di waisai, Cuma ada ATM BRI. Kalo ATM kamu selain BRI, tarik tunai di sorong aja.
10.   Baju nggak usah banyak gaya, pake kaos aja biar nyaman dan  nyerap keringet. Dan nggak usah bawa baju ganti waktu keliling pulau, karena bakalan basah-basahan terus seharian keliling pulau. Di pasar waisai banyak yang jualan kaos-kaos raja ampat. Atau kalau mau beli yang distro punya, belinya di sorong. Ada distro yg khusus ngejual kaos dan souvenir raja ampat.
ICON RAJA AMPAT. ada Both selfie nya

11.    Waktu kelling pulau, bawa cemilan dan air putih yang banyak. Karena abis berenang di tambah snorkeling ato diving bakalan laper banget. Makan siang biasanya di sedian ama kapal dari tempat nginap
12.    Kalau mau ke wayag (itu loh foto-fotonya yang kalo kamu ketik di gugel “Raja Ampat”. Maka foto wayag lah yang tampil. ikonnya Raja Ampat) 4 jam dari Waisai. Sewa kapal dengan muatan 10-12 orang harganya 15.000.000 (15 juta ma men!) kalau SKSD bisa di korting. Tapi kalau nggak sesuai budget ke Pianemo aja udah cukup. Pianemo itu miniaturnya wayag. Mirip banget ama wayag.

Segitu dulu deh tips yang bisa aku kasi. Semoga bermanfaat buat yang berniat ke raja ampat. Intinya dimana ada kemauan disitu ada jalan. Tuhan selalu bersama backpacker :D
Mau tau perjuangan aku ke raja ampat beserta biaya yg dikeluarkan.
 Baca beberapa postingan ini :

12 komentar:

  1. wah kak pengen bgtbgt nih huhuhuhu so anyway kemarin kk abis berapa duit?

    BalasHapus
  2. banyak nggit... aku banyak jajan dan beli oleh-oleh.. abis 7 juta nggit.. klo cuma buat ongkos dll kamu baca aja di postingan aku tuh ada rinciannya..

    BalasHapus
  3. waaoow raja ampat.
    boleh juga tips nya. nice.

    BalasHapus
  4. Baca postingan ini jadi inget mantan, kerja nya travelling mulu wkwk

    BalasHapus
  5. butuh perjuangan ekstra emang kalau mau pergi ke destinasi yang indahnya macam surga. gile, itu gue bayangin perjuangan di kapal ke raj aampat... pasti bulat banget tekjadnya. bulat banget..

    wahahha, mahal amat kelilingnya 7 juta?! worth it kah itu..

    BalasHapus
  6. butuh perjuangan ekstra emang kalau mau pergi ke destinasi yang indahnya macam surga. gile, itu gue bayangin perjuangan di kapal ke raj aampat... pasti bulat banget tekjadnya. bulat banget..

    wahahha, mahal amat kelilingnya 7 juta?! worth it kah itu..

    BalasHapus
  7. butuh perjuangan ekstra emang kalau mau pergi ke destinasi yang indahnya macam surga. gile, itu gue bayangin perjuangan di kapal ke raj aampat... pasti bulat banget tekjadnya. bulat banget..

    wahahha, mahal amat kelilingnya 7 juta?! worth it kah itu..

    BalasHapus
  8. Punya budget 15 juta mending saya pake buat liburan ke Jepang :D

    BalasHapus
  9. Wah yang penting harus ramean ya. Kalo sendiri bisa meledak nih dompet. \:p/

    BalasHapus
  10. Terima kasih telah memberikan informasi Objek wisata, karena indonesia sangat kaya sekali tempat wisata di jabodetabek dan salah satu yang paling menarik adalah tempat wisata di bali dengan berbagai macam kuliner yang lezat dan enak.

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)