01 Mei 2011

Lomba Menulis Puisi untuk Cinta dan Kasih Ibu

by Hanna Fransisca (Zhu Yong Xia 朱永霞) on Saturday, April 30, 2011 at 12:45pm

Sahabat FB terkasih, tak terasa setahun telah berlalu, dari Mei, kembali kita ke Mei.

Mei bagi saya, adalah sebuah bulan yang senantiasa menampakkan dua sisi: harapan sekaligus kecemasan. Mei adalah sebuah pertanda. Dan di bulan Mei pula, tiga puluh dua tahun yang lalu, saya dilahirkan.
Adalah benar, bahwa sejak kecil saya menyukai sastra. Adalah sebuah kebebasan, jika saya (ataupun siapa saja), ingin menandai bulan Mei dengan sebuah pilihan yang disukai.
Seperti halnya tahun-tahun lalu, saya memberi penanda Mei dengan menawarkan kenikmatan petualangan kreatif bagi para sahabat, untuk menulis sesuatu yang paling dekat dengan diri kita. Sesuatu yang membuat kita ada. Sesuatu yang yang kita sebut, kasih sayang abadi, kasih sayang yang tak pernah tergantikan oleh apa pun, yakni kasih sayang seorang ibu.
Maka izinkan pada Mei ini, Mei 2011, saya kembali menawarkan arena untuk menulis puisi terbaik bagi dedikasi seorang ibu. Saya sesungguhnya risih untuk menyebut kata lomba--alangkah tidak enaknya. Tapi baiklah, sebut saja ini sebuah arena. Sebuah lapangan perjumpaan yang menawarkan petualangan, terutama bagi sahabat-sahabat FB terbaik saya, di mana kalah atau menang bukanlah tujuan pokok.
Kehadiran juri, hanyalah pelengkap untuk menandai batas sebuah arena. Hal terpenting dari perjumpaan ini, adalah keikutsertaan para sahabat. Bagi saya, keikutsertaan para sahabat jauh lebih berharga dari hanya sekedar istilah kalah atau menang. Maka tuliskanlah puisi terbaik bagi ibu, kirimkan pada penjaga batas arena, yang kali ini (seperti halnya tahun lalu) kembali dijaga oleh Acep Zamzam Noor (Penyair, peraih Khatulistiwa Literary Award, dan peraih SEA Write Award), serta Joni Ariadinata (Sastrawan, Redaktur Majalah Sastra Horison). Konsistensi dari dua nama penjaga batas arena ini, semata-mata dimaksudkan untuk sebuah pertanggungjawaban kelak, ketika puisi-puisi yang terpilih diterbitkan.
Adapun penjelasan dari bahasa yang lebih gamblang tentang aturan main serta prosedur standar, bisa dibaca dalam format pengumuman di bawah ini. Selamat menikmati petualangan yang berbahagia.

Salam Kasih
HF

Syarat dan Ketentuan:
1. Peserta terbuka untuk umum
2. Naskah harus asli, bukan saduran atau terjemahan
3. Naskah belum pernah dipublikasikan di media apapun
4. Panjang pendek naskah bebas
5. Peserta mencantumkan biodata diri, alamat jelas, nomor kontak, dan nomor rekening bank untuk memudahkan kebutuhan admistrasi. (Biodata diri akan dijaga keamanannya)
6. Peserta hanya boleh mengirimkan maksimal tiga puisi
7. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat
8. Peserta dapat mengirimkan karyanya melalui email: ibupuisi_ibu@yahoo.com
9. Pengiriman naskah terakhir paling lambat tanggal 25 Mei 2011.
10. Pengumuman 10 nomine akan diumumkan pada tanggal 27 Mei 2011.
11. Penetapan pemenang 1, 2, 3, dan pemenang favorite akan diumumkan berbarengan hari ulang tahun saya, pada tanggal 30 Mei 2011

Apresiasi:
1. Pemenang pertama akan mendapatkan uang tunai sebesar 2.500.000,- rupiah
2. Pemenang kedua akan mendapatkan uang tunai sebesar 1.500.000,- rupiah
3. Pemenang ketiga akan mendapatkan uang tunai sebesar 1.000.000,- rupiah
4. 10 Nomine akan mendapatkan paket buku sastra terjemahan yang akan dikirim setelah pengumuman pemenang lomba
5. Di samping penentuan pemenang 1, 2, dan 3, dari 10 nomine akan dipilih satu puisi favorite. Puisi favorite ini akan ditentukan oleh para sahabat FB, yang dikirim melalui ruang komentar yang disediakan khusus setelah penetapan 10 nomine diumumkan. Suara terbanyak akan menentukan pemenang favorite.
6. Pemenang favorite akan mendapatkan uang tunai sebesar 500.000,- rupiah.

Terima kasih atas partisipasi para sahabat FB terkasih. Semoga damai dan sejahtera senantiasa melimpah bagi kita semua.

Jakarta, 30 April 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)