14 Desember 2015

Camping dan Snorkeling di Pulau Pamutusan, #Part 2





Snorkeling adalah kegiatan yang paling aku suka kalo lagi ketemu pantai bagus. pake live jacket, pake snorkel dan ngapung-ngapung di permukaan laut menceburkan wajah melihat keindahan bawah laut yang luar biasa. Dulu pertama kali nyobain kegiatan snorkeling ini, aku agak deg-degan ketika ngeliat dasar laut yang dalam. Paling beraninya yang di kedalaman 2 meter aja. Tapi sekarang lumayaan berani agak ke tengah, kedalamannya sekitar 3-8 meter. (kalau untuk snorkeling itu udah cukup dalam). Tapi asalkan nggak sendirian! hahaha. Kalo sendirian aku takut hanyut lagi kayak waktu snorkeling di Yenbuba, raja ampat. Gara-gara exited banget aku langsung terjun dari kapal, padahal arus lagi kencang banget sore menjelang magrib itu. Untung ada 2 hero penyelamat. Alhamdulillah… hihihi.

Karena takut terbawa arus itu, kali ini aku snorkel nya nggak mau sendiri. Kadang aku ngekorin Iam, kadang ngekorin Darwin. Sampe kadang muka aku ketendang kakinya. Bodo amat! Yang penting aku nggak sendiri. Kecuali kalo snorkel di tepi yang nggak jauh dari dermaga. Berani deh aku sendirian.


Karena keasikan snorkeling, kami jadi lupa kalo agenda sore ini adalah trecking ke puncak pamutusan untuk menikmati sunset dari atas. Guide nya udah berkali-kali mengingatkan, ayo udahan snorkel nya. Tapi masiii aja tetap betah ngapung-ngapung. Akhirnya begitu kami mendarat dan mandi. Langit udah gelap, gerimis udah start. Naik ke bukit membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Nggak bakalan kesampean menikmati sunset dari atas. Ya udah deh pasrah duduk-duduk manis di ayunan. Mandangin laut yang kayak nggak ada ujungnya.

 
santai kayak di pantai

Malamnya, habis sholat magrib. Hujan turun rintik-rintik. Tapi anginnya heboh. Berasa mau numbangin tenda. Semua menyelamatkan diri ke dalam tenda. Aku mikir dan sedikit kecewa, yah… nggak jadi bikin api unggun dong. Tapi nggak lama guide datang ke tenda ku.

“Ikan dan jagungnya kita bakar setelah hujan reda. Sabar yah. Badai pasti berlalu.” Kata si guide menenangkan. Eaakk.. tau aja eyke udah deg-degan.

Shalat Isya udah, tapi hujan yang turun malu-malu masih belum reda. Guide dan mas bro AG ngajakin kami ke rumah pohon. Karena hujan nya masih menyisakan rintik-rintik, dan kami Ccuma punya 2 jaket hujan. Akhirnya aku dan Jamira yang pake jaket hujan. Sedangkan Darwin, Iam dan 2 orang guide jalan ke rumah pohon dengan santai. Basah-basah dikit gpp lah. Kan laki. Hihi
 
Rumah Pohon di Pulau Pamutusan. Gambar nyomot dari SINI
Naik ke rumah pohon malam-malam. Ngeri-ngeri sedap euy. Si jamir langsung buka lapak main kartu. Aku kalo main kartu kalah terus, dan kalo kalah mereka kreatif banget menciptakan hukuman. Males deh ikutan main kartu. Aku jadi penonton aja. (main kartu dirumah pohon juga kagak ada fotonya -__-)

Sekitar 2 meter dari rumah pohon, adalah rumah pemilik pulau. Gaya rumahnya ala pantai banget. Kayak teras, jadi dari luar kita bisa melihat orang dirumah itu bobok. Dari rumah pohon terlihat lebih jelas lagi. Suami istri pemilik ulau pamutusan itu lagi becanda-becanda sambil main HP. Aku jadi kepo, kira-kira profesi mereka apa ya. Kok bisa beli pulau. Enak banget hidupnya tiap hari liburan di pulau. Aku pun turun dari rumah pohon dan nyamperin rumah itu.

Di sekeliling rumah terdapat hiasan dari kerang. Berbagai macam ukuran dan bentuknya. Ada kerang yang lebih besar dari kepala kita. Jadi ingat film jinny oh jinny deh. Kalo kerang dibuka, si mbak Jinny nya keluar. Hihihi

 “Ini di jual buk?” Tanyaku ke empunya rumah. iseng doang, siapa tau dijual aku pengen beli kerang yang mirip sarang jinny ini sebiji. Mayan siapa tau di simpen di rumah bisa bertelur mutiara. Haha

“Enggak sayang… itu untuk sesembahan, Ibuk.”

Gubrak ! aku langsung menarik tanganku yang lagi ngelus-ngelus kerang itu.

Sesembahan? Berarti pemilik pulau ini non muslim, dan bukan kristiani juga. Agama apa kira-kira yang sesembahannya pake kerang? Wew.. gue jadi deg-degan. Nanti deh cari di google.

Niat mau fotoin kerang itu pake HP pun musnah. Takut di kira nggak menghargai sesembahannya. Aku pun balik ke rumah pohon, dan tiba-tiba merasa merinding aja di rumah pohon itu.

“Hujan nya udah reda. Udah bisa nih kita bakar ikan.” Suara si Guvan. Sang guide sejati. Dia pun turun dari rumah pohon meninggalkan kami. Asisten nya pun menyusul turun.

Aku nggak mau ketinggalan. Dari pada merinding disko di rumah pohon, mending aku ikut turun bantuin si Guvan bakar ikan. Aku ajak Jamira turun juga.

“Salut aku sama Guvan,” kata Darwin sambil main kartu. “selama 7 tahun jadi anak pramuka, kalo gerimis gini nggak bakalan aku mau bikin api unggun atau bakar-bakar. Males banget. Mending masuk tenda, terus tidur.”

“Ye.. memang ko pramuka dibayarkah? Si Guvan ini udah kita bayar 2,5 juta bro...” Aku nyahut sambil nurunin tangga yang curam. Darwin Cuma manggut-manggut kayak ayam kena flu burung.

Aku lupa foto tenda kami. malah tenda orang di dekat wc umum yg aku foto. hihi
 
Nah, disinilah posisi kami mendirikan tenda. foto nyomot dari SINI
Disamping tenda, Guvan dan mas bro AG sudah mulai bakar tempurung. Kebayang dong kalo nggak pake travel guide, kami harus bawa tempurung dan alat-alat bakar ikan dari padang, rempong banget. Aku cuma duduk ngeliatin 2 anak pantai ini sibuk mondar mandir. Iam dan Darwin masi di rumah pohon. Jamira ngebantuin bersihin ikan hasil pancingan kapten kapal tadi siang. Karena ternyata 2 anak pantai itu nggak bisa bersihin ikan, emak-emak pun turun tangan.

Aku udah ngebayangin bakal makan ikan bakar kayak di rumah Jamira sebelumnya. Ikan nila bakar yang penuh bumbu, enak banget… hm.. yummy…

Tapi expectation jauh dari reality. Mereka bakar ikan nggak pake bumbu! Cuma mengandalkan air laut yang asin sebagai garam. OMG! Kebayang dong amis nya. Si Guvan nambahin mentega dan cabe giling yang dibawanya dari bungus. Lumayan lah. Tapi aku tetap aja membayangkan bau amis nya. Belum lagi ikan dibersihkan di atas batu-batu doang, dengan pisau cutter yang sedikit karatan. nggak higienis. Iyuh….  

Nafsu makan ku lenyap seketika.

“Ye… ni orang nggak bisa di ajak camping. Kalo camping ya begini masaknya. Seadanya aja.” Kata Darwin yang baru turun dari rumah pohon, dia ikut membantu membakar ikan dengan semangat. Ngipasin bara api sambil sesekali nyomotin ikan yang sedang terpanggang. Lama-lama tu ikan bisa abis duluan sebelum masak.

"Sok Higienis deh!" kali ini suara Iam.
Aku cuma cemberut duduk di bawah pohon kelapa. Jamira, Iam dan Darwin semangat bantuin bakar ikan. Guvan dan mas bro AG masak nasi.

yaa begitulah cara bakar ikan ala anak pantai
Ikan udah masak (atau gosong), giliran jagung dibakar. Darwin pun naro jagung di atas tumpukan bara. Lagi-lagi nggak higienis. Tapi begitu jagung di oles mentega, harumnya keluar, mengundang kembali napsu makanku yang telah lenyap. Ketika nasi, ikan dan jagung dihidangkan. Kami langsung menyantap. Sepiring berempat. Entah berapa kali piring itu diisi ulang. Habis tambah lagi. Begitu terus.  Aku Cuma makan nasi dengan lauk ayam sisa tadi siang. Masi belum berani nyentuh ikannya.

Selesai makan ada rombongan yang baru datang. Malam-malam begini ke pulau ngapain coba. Ternyata bapak-bapak itu tadi terjebak badai, dan harus menepi di pulau ini. wuihh… serem banget!

Waktu di Pekanbaru kami exited banget pas tau kalo tamunya loading tour hari itu cuma kami berempat doang. Serasa privat tour in island gitu. Ternyataa… bukan cuma kami doang yang ada di pulau, ada pemilik pulau, dan beberapa tamu lain yang berdatangan setelah kami sampai disana. #emang lu pikir loading tour doang yang bisa nganter orang ke pulau!
Tapi untung juga lah ada beberapa tenda lain yang mangkal di pamutusan. (kalo nggak salah ada 3 tenda selain kami). Kan serem juga di pulau sepi begitu. Hiaaa..

Malam hari dari pamutusan kita bisa meliat lampu-lampu yang ada di pulau pagang. Pamutusan dan pagang hampir berhadap-hadapan. Kalo diteropong mungkin bisa terlihat jelas kegiatan di pulau pagang. Setelah perut terisi penuh kami duduk-duduk di dermaga… ngeliatin bioskop hamparan lautan yang bersinar kena cahaya bulan. Dan tiba-tiba perasaan galau datang…

Tiba-tiba perasaan itu landing di hati
Tiba-tiba aku ingin sendiri…
Tiba-tiba aku ingin teriak
Tiba-tiba aku ingin p u l a n g

Aku menjauh dari dermaga. Meninggalkan mereka yang masih cerita ngalor-ngidul di dermaga. Berjalan lambat menghitung langkah. Merapatkan jaket dari hembusan angin. Membuang napas berat. Dan hmps…. Aku terduduk di sebuah ayunan yang tergantung di antara pohon kelapa. Ayunan ini membuatku jatuh cinta. Aku hanya terdiam memandangi langit dan ombak yang menderu-deru menampar karang. Terdiam mendengar suara-suara alam.

“Kamu kenapa, mbak Ris?” Tanya Darwin yang tiba-tiba sudah ada disebelahku. Dia memang memanggilku mbak karena aku hampir 4 tahun lebih tua darinya. “Kok tiba-tiba duduk disini sendiri?” lanjutnya.

“Entahlah, Win.. ngeliat laut malam-malam ada perasaan galau yang tiba-tiba singgah.”

“Dibelakang rumahku ada pantai kayak gini loh, Mbak Ris. Tenang, nggak ada orang. Kalau galau aku kadang duduk disana sendirian. sambil teriak-teriak kayak orang gila. Tapi airnya sih nggak sebening ini, malah kuning. Hehehe.” Cerita Darwin tentang kampungnya di Kalimantan sana.

“……………..”

“Mikirin apa?” lagi Darwin bertanya sambil mendorong ayunan.

“……………..”

“If you need hand, I’ll give my hand. If you need shoulders, I’ll give mine. If you…”

“Win, ayunannya kandas. Pantat ku ini menggesek-gesek tanah loh dari tadi...” Aku memotong kalimat sok inggris nya Darwin.

"Hahaha.. makanya pantat di kempesin dikit!"

Tawa pun pecah. Suasana mellow mendadak berganti. kami tertawa terbahak-bahak cukup lama sampai aku terjungkal dari ayunan. Kemudian mencari ayunan lain yang lebih tinggi. Dan kembali duduk dalam diam…

To be continued
               
Malam paling baper.

Risah- The Sea perplexes her.



11 komentar:

  1. wah asyik ya...hehe..izin follow blognya ya yang bagus ini...salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Okey, aku abis baca ini jadi pengen makan ikan bakar di pantai. Serius. Di pantai Papuma Jember. Kebetulan ada temen yang ajak. Tapi aku nolak karena kalau taun baru pasti mahal.
    Oke aku tahan sampai bulan depan saja lah...

    BalasHapus
  3. Kalau baca postingan yang ada pantai-pantainya, gue jadi rindu kampung. Di Pekanbaru mah nggak ada pantai.

    Gue jadi penasaran sama lanjutan ceritanya. Apakah yang bakalan terjadi selanjutnya?

    Apakah mbaknya jadi makin galau? Terus Darwin yang jadi penawar galaunya itu? Entahlah.

    BalasHapus
  4. Dulu juga waktu rekreasi, palingan ke pantai sambil makan ikan bakar. Ngga ada yang ngalahin lah. Apalagi bareng teman/keluarga.

    BalasHapus
  5. Haduh ngeri banget kalo snorkeling tiba-tiba hanyut gitu, eh kalo mau snorkeling harus bisa renang gak sih?

    Susah juga kalau orang yang gak doyan ikan kek aku diajak camping ke pantai, masa aku harus makan nasi doang atau puasa gitu?

    Ciyee yang deket sama Darwin, bagian selanjutnya apaan nih. Apakah hubungannya kedua semakin mendekat.
    Kalau perjalanan jauh gitu rasanya pingin pulang aja kalau lagi gak mood di perjalanan.

    BalasHapus
  6. ini orang kemping kok maunya higinienis mulu --' lain kali bawa kf-crot kak Ris hahaha..

    aku baru tahu kalau pulau segede itu yang punya cuman dua orang pasangan suami istri.. jangan-jangan mereka setan juga kak.. hih serem

    BalasHapus
  7. Wooooww banged pengalamannya Sa, LANJUTKAN :)

    BalasHapus
  8. Tadi sempet baca Kak Risah main di Raja Ampat, omigooottt aku ngiri banget. Kak risah mainannya udah keliling Indonesia aja deh, ya :(((

    Hahaha Kak, setauku juga kalo anak pantai ya masaknya sederhana banget. Nggak sempet bikin bumbu, repot. Yang penting ikannya mateng. Toh kalo dimakan rame-rame pasti enak kok. Habis juga akhirnya.

    Aku ikut merinding pas Kak risah bilang sesembahan. Mungkin aku udah lebih pengin pulang deh :D

    BalasHapus
  9. cerita perjalanannya asik-asik ya. lah gue.. kalau mau bikin plan sama temen aja pasti gagal di last minute. benar-benar pingin nyobain rasanya snorkleling..

    BalasHapus
  10. Sejak di papua idup lo penuh jalan jalan deh Sah, aku jadi iri dibuatnyaaaa...mana asik banget ada rumah pohon sdgala..wuuu...jadi pingin pikni, ikut doooong hahaha..
    Tapi ini apaan perasaan pake landing segala, itu perasaan apa pesawaaat?? Huihihkhihi...
    Tapi emang di laut malam malam tuh rasan baper yg jadi baper pada akhirnya..to be continued, mzsih panjang kayaknya perjalanannya Sah...

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)