12 November 2013

Blogger Bertuah with PT Telkom adakan Pelatihan Blog di SMK YAPIM Siak Hulu


SMK YAPIM SIAK HULU
Hari  ini Blogger Bertuah kembali menjadi tutor dalam pelatihan blog yang kali ini di selenggarakan di SMK YAPIM (Yayasan Perguruan Indonesia Membangun )Tunas Bangsa yang ada di kabupaten SIAK HULU. Ini udah di luar kota Pekanbaru. Jadi kami berangkat dari Rumah Blogger Riau alias sekre di Gobah, berbondong-bondong ke Jln Pasir putih Siak Hulu. Dan bener aja, lokasinya jaaaauhhh.. banget! untung aku gak pake motor sendiri, motorku pasrah aku tinggalin di sekre yang nggak ada orangnya, dan aku nebeng sama si Ihsan. Makasi san.. ^_^

Mengenai kerempongan aku pagi-pagi ke sekre tau-tau orang di sekre masi pada tidur (sekre sering dijadikan basecamp tempat nginep anak2 bertuah) itu nggak usah di ceritain, padahal tapi aku udah fotoin mereka2 yang lagi pada tidur, kesian nanti pacar mereka liat dan turun martabatnya. Hohoho. Kita langsung aja cerita, betapa kacaunya manajemen pelatihan kali ini.


Pelatihan blog ini ditaja oleh PT Telkom Riau daratan bekerja sama dengan komunitas Blogger Bertuah. Telkom sebagai penyedia layanan internet, dan Bertuah sebagai pengguna internet. Matching banget kan? Emang. Makanya setiap ada iven-iven Telkom. Bertuah selalu di undang dan “dipake”, terutama soal pelatihan ngeblog ini. dan saat ini program yang lagi gembor-gembornya di sosialisasikan sama Telkom (lebih spesifiknya speedy) adalah IndiSchool. Jaringan wireless untuk anak sekolah. So, mereka sosialisasi, setelah anak-anak tertarik make tuh produk, kami dari bertuah ngajarin bikin blog. Output yang diharapakan adalah anak-anak selalu ngeblog pake jaringan indischool. Jadi sama-sama untung gitu loh..

Nah biasanya, pelatihan di adakan di aula PT Telkom di Jln sudirman pekanbaru. Fasilitas disana udah oke. Jaringan internet semua udah terpasang dan kencang. Dan udah ada beberapa sekolah yang ikut pelatihan ini, aku sempat juga jadi tutornya kemaren dan dapat honor. Hehehe..
di BLC  PT Telkom

Tapi saat ini, karena SMK YAPIM itu udah di luar kota, nggak memungkinkan anak-anaknya datang ke aula Telkom di Pekanbaru, jadilah orang Telkom dan anak-anak bertuah yang ke sekolahnya. Masalah utamanya adalah, jaringan wifi maupun wifi.id belum terpasang dengan sempurna di SMK ini, karena baru di pasang sehari sebelum pelatihan. Dan pagi ketika kami sampe disana, para teknisi masih rempong ngurusin jaringan. Itu berlangsung sampe jam 10an. Bahkan kami sempet nongkrong-nongkrong di kantin dulu..

Masalah selanjutnya adalah.. dari data yang diterima bertuah, siswa yang akan pelatihan ada 100 orang. dan ada 1 kelas untuk belajar web khusus guru-guru. Jadi akan nada 3 kelas untuk murid, makanya kami rame-rame kesana. Tapi kenyataan di lapangan, semua siswa di gabung dalam 1 kelas. Jadi overload dong. Bayangkan aja dalam 1 ruangan itu ada 93 orang siswa, sedangkan alat / jaringannya Cuma 1. Udah dipastikan nggak bakalan connect. Yang ada juga error. Ip makssimal aja 20. Lha ini ada 40an anak yang bawa laptop.  Jaringannya juga belum stabil karna baru dipasang, dan paket Indieschool yang mau disosialisasikan itu, malah jaringannya belum ada. Haiyyaampyun.. gimana mao di promoin kalo jaringannya kagak ada. Ibarat orang jualan cabe tapi jualnya pake majalan kayak sopie martin. Gak bakalan laku lah.

Untunglah si abang dari Telkom yang lumayan ganteng udah bawa cadangan voucher Speedy Instan untuk dibagiin. Ini aku tau dari hasil curhatannya pagi-pagi di saat rempong dengan semua masalah ini. katanya ini bukan bagian divisi dia, tapi dia yang kena. Yang sabar yo bang..


mana banyak yang prmosi lagi... kapan mulai pelatihannya coba -__-

Dari semua masalah di atas (ada beberapa hal lain yang gak perlu di tulis disini), diberikanlah solusi. Anak-anak di bagi 2 sesi. Yang pagi, dan yang siang nanti. so, yang kebagian sesi nanti siang, mereka d bolein pulang dan jam 2 di suruh datang lagi kesekolah.

dan hebatnya.. setelah sesi pagi selesai, panitia sholat dan makan di TKP, abis itu panitia nunggu peserta selanjutnya. Eh sampe jam 2.30 kami tungguin nggak ada yang datang. Sekolah udah sepi kayak kuburan. Oalaah… atas kesepakatan para anggota yang disana (ketuanya malah ninggalin kami dan pergi kencan. Don’t try this at home) kami caw saat itu juga.. huaahhh.. capeekk….

Risa dan Vina
Cica dan Vina
Selanjutnya, kalo ngadain iven atau acara apapun. Komunikasikan dengan baik segala halnya. Jangan seperti kami yang di rencanain lain, yang dilapangan lain. Soalnya orang yang ngurusin planning acara dengan orang yang ke lapangan beda. Jadi miss communication gitu deh.

Semoga kedepanya lebih baik lagi.d an semoga aja ilmu ngeblog yang di share tadi ada yang nyangkut di otak adik-adik SMK YAPIM. Selamat ngeblog and HAPPY BLOGGING..!!



*Sorry PEMIRSA, Postingannya kepanjangan. muehehehe

25 komentar:

  1. Komunikasi emang penting banget kak..Sihii ada foto cica nongol di postingan :D
    oke Always Happy Blogging InsyaAllah ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa dong... kk kan udah janji mo ngepost foto2 kita...
      eh lupa kk nyeritain kalian berdua baru datang pas orang udah mau pulang... hahaha

      Hapus
  2. Diambil pelajaran positif-nya aja, Mbak. Seru ya Bertuah ini kemana-mana diajak berpartisipasi. Pengen deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya deh, positifnya jadi tau letak SMK YAPIM dimana.. malah sempat kenalan ama beberapa gurunya :)

      Hapus
  3. wah seru banget komunitasnya kerjasama sama Telkom, jadi sering kemana2 dong yah. pengen jugaaa.
    tutornya pasti bermanfaat banget buat adek2 SMK nya hhihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan...
      tapi pelatihan kali ini baru ngasih ilmu dasar doang tentang blog. belum soal desain2 nya... waktunya dikit banget soalnya

      Hapus
  4. Semoga bisa memetik pelajaran dari kegiatan ini. Di kami juga sering seperti itu kok. Tinggal bagaimana kita menyaiasati saja sebenarnya. Tetap semangat ngeblog dan buktikan bahwa kita anak FLP yang jago nulis yah? *perhatikan kalimat dan cara penulisannya, Ris. ^__^V

    BalasHapus
  5. muehehehehe.. iya mbak Lina... ini nulisnya buru-buru dan belum di edit udah di post...

    BalasHapus
  6. itu seriusan sesi kedua ngga ada yang datang? busyeeeet. tabah ya Kak. pahadal kalo aku pasti berangkat :3

    BalasHapus
  7. sumpeeehh.. sueerr.... panitia dan para tutor nungguin sambil ngupil disana.. -___-

    BalasHapus
  8. wuidih udah bagi2 pengalaman sama adik2 smk,

    jam ke duanya nggak ada yg dateng yah? sayng banget padahal acara bermanfaat kaya gitu ditinggalin

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah tu dia salahnya anak-anak belum pada nyadar betapa manfaatnya pelatihan ini -___-

      Hapus
  9. Hahaahaha.. Mana2 foto hina anak RBR sa??? Publish2 di grup..
    Sabar, sabar.. Telkom pku ga pernah belajar dri pengalaman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaa... ketawa pulak... ketua malah ninggalin anggotaa nya pegi kencan.. onde.. nyampe RBR orang tu pada ngamuk2 ma.. sebenanrnya pas abg di telpon bg dodi, org tu pada ngamuk2 semua.. hahaha

      Hapus
  10. bertuah keren deh, eksisnya itu. bermnfaat pula. enaknya kalian kan komunitas se-regional. jd deket bisa gampang ketemuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bertuah emang eksis banget. adaaa aja agenda nya..
      bukan tiap hari lagi ketemunya om, tiap saat malah. yang cowok2 aja sering pada nginep di sekrenya.. udah kayak rumah ke dua mereka tuh Sekre

      Hapus
  11. Ha ha untung aku pulang pas selesai sesi 1......
    Sudah makan pulang .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga nih oknum ni.. abis makan langsung pulang.. kami melangang dulu disanaa... -___-

      Hapus
  12. yang pertama overload, yang kedua malah sepi. namanya juga anak sekolah mau cepet-cepet pulang kali. keren ya bisa bagi-bagi ilmu yang kita punya sama orang lain.

    BalasHapus
  13. owh intinya yan siang itu pada nggak dateng karena udah mutung yaaa...sabar yaaa...emang gitu sih ya kadang..smga di kedepannya bisa dikomunikasikan dan disiapin dengan lebih baik lagi..:)

    BalasHapus
  14. Pihak penyelenggaranya nggak kepikiran bakal rame acaranya... -__-

    BalasHapus
  15. keren bingits acaranya.
    kapan kapan mampir ke daerah saya mbak, insyaAllah rame pesertanya. hehe

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)