03 November 2013

Kolaborasi Ulangtahun

Sebelum mulai cerita, aku mau ngajak kita semua merenung dulu. Bentar doang kok, nggak selama nungguin bang Toyib yang nggak pulang-pulang.

Guys, pernah nggak sih kita ngitung. Berapa kali kita pernah menyenangkan hati adik-adik kita, atau kakak, atau kalo anak tunggal sepupu kek. Pernah nggak kita ajak dia jalan-jalan keluar, hang out berdua, makan diluar. Pernah nggak kita kasih adik / kakak kita kado special di hari ulangtahunnya? Pernah kah kita sekedar ngucapin selamat? Kamu pernah? Berapa kali? coba deh bandingkan berapa budget yang udah kita keluarkan untuk ngasi kado ke pacar, ke gebetan. Bandingkan seberapa sering kita ngasih kado adik/ kakak kita. manakah yang lebih besar? Pernahkah kita memikirkan perasaan adik kita waktu dia lihat kita bungkusin kado special tapi buat orang lain. Bukan buat dia, saudara kandung sendiri.
Nah, karna mikir gitu. Aku bernisiatif nyenangin hati adik aku yang besoknya mau ulangtahun. Namanya Alfiah. Dia udah beberapa kali aku certain di postingan ini, ini dan yang ini. kalo di tahunkemaren kuenya kami beli, kali ini aku pengen nyoba bikin kue sendiri. Kebetulan tetanggan depan rumah, Vivi, ulangtahun juga tanggal 2 November. Sedangkan adik aku tanggal 3 november. Aku pun ngajak mamanya Vivi yang biasa kami panggil ibuk untuk berkolaborasi bikin kue bareng.



Seumur-umur aku belum pernah bikin kue tart apalagi blackforest, sedangkan ibuk nya Vivi ahlinya kue. Beliau sering banget bikin kue di rumahnya, dan peralatannya lengkap. Jadilah aku kerumahnya bikin kue untuk ultahnya Vivi. Awalnya aku Cuma merusuh aja disana. Jadi asisten rempong. Soalnya si Vivi bakal ngundang temen2nya ke rumah buat makan-makan jam 3 sore. Sedangkan jam 1 nya aku dan ibuk masih rempong di dapur. Tapi Seneng banget aku bisa belajar bikin kue dan menghias kuenya jadi cantik.  Inilah kue untuk ultah nya Vivi.

ini Ibuk yang Desain. aku ngeliatin doang.
klo yang ini baru deh aku yang desain nya. di bantuin ibuk tentunya

Malemnya… setelah Alfiah nyampe rumah (dia tinggal di pondok, dan kebetulan lagi libur bulanan) kami bakar-bakar ayam dalam rangka merayakan ultahnya Vivi hari sabtu, dan ultahnya Alfiah hari minggu.  Sambil nyiapin ayam bumbu-bumbunya, aku suruh Sofi  ajak sepupu aku, si Cici. Tapi sayang dia lagi disuruh jaga rumah. Ajak juga Vivi ke rumah, Fitri, tetangga sebelah dan kak Ramlah tetangga belakang rumah. Jadilah kami ladies-ladies jalan manggis ngumpul di halaman rumahku. Yeaay.. ini baru namanya malam minggu!

            Karna alat panggangnya nggak tau dimana (yang nyimpen ummiku, sedangkan ummi lagi nginep di hotel karna lagi PLPG) jadilah kami pake batu bata yang ada di samping rumah, dan alat bakar seadanya. 

Walaupun ada banyak cewek, tapi yang kerja Cuma berdua. Aku dan kak Ramlah. Yang lain Cuma duduk-duduk aja sambil ngerumpiin cowok. Malah sampe mau bikn rencana arisan khusus cewek-cewek yang tinggal di jln manggis. Rencana mau ngumpul-ngumpul bakar ayam setiap bulan. Ckckck… sedangkan Kandar, adikku yang cowok malah diem di kamarnya. Males kali gabung ama cewek-cewek. Waktu Bakar ayamnya selesai jam 9, baru deh dia keluar. Ikut makan doang.
            Karna di halaman rumah aku ada rumput jepang gitu, kami makan disana. Yang lewat-lewat di depan rumah pada ngegodain. Asyik banget makan di halaman rumah. Berasa piknik malem-malem.
Piknik di malam minggu. ajiiiiiiiiiibbbbbbbb
Paginya, aku bikin kue lagi untuk Iyah. Selesai jam 10an, tapi belum di hias. Abis itu aku jemput ummi ke hotel karna PLPG nya udah selesai. Dan ngelanjutin menghias kuenya.
butuh kesabaran dan konsentrasi tingkat tinggi

Dan inilah hasilnya…… taraaaaaaaaaaa…………..

tolong di catat dlm sejarah ya.. ini blackforest pertama bikinanku sendiri.... huaaa..
sekarang aku jadi tau perasaan tukang bikin kue. dan pantes aja harganya mahal. wong bikinnya susaaaaaahh.... apalagi bikin bunganya itu, berkali-kali di ulang.

Selamat ulangtahun adikku Alfiah Hasanah. Di umur 14 ini,  Semoga umurnya berkah, tambah rajin belajar, jadi anak sholeh dan berbakti. Semoga betah terus di pondok sampe lulus. Amin…


Selamat ulangtahun juga buat vivi yang ke 16 tahun. semoga belajarnya tambah rajin, tambah cakep, banyak rezeki dan rajin bantu orangtua.

At least, makasih buat ibuk yang udah ngajarin bikin kue. Ngajarin cara menghiasnya, minjemin alat-alatnya, rela dapurnya berantakan gara-gara aku. Makasih ibuk… makasih juga buat kak Ramlah yang udah nginep di rumah nemenin kami. Makasih buat fitri yang udah ikut ngeramein. Makasih semuaa… semua senang kan…? Senangkan….? hehehe
nggak cuma rumah yang deketan, ultah juga deketan

22 komentar:

  1. selamat ulang tahun alfian ^^ pasti seneng banget deh dibikinin kue sama kakak tercinta :D

    next time kasih tau dong cara bikin black forestnya.. hebat banget baru sekali bikin langsung sukses!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya yang pertama itu bantet banget te.. yang kedua baru berhasil. bikin bunganya juga susaaah.. banyak ngabisin krim, soalnya di ulang-ulang mulu.hehehe

      Hapus
  2. Huaaa... Pokoknya anak sam ibu sama-sama punya bakat hihihi. Cobain kue nya boleh kali ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan ibuk aku.. tetangga.. ya kali ada bakat nurun dari tetangga ya. hahaha

      Hapus
  3. kakaknya wanita sejati banget sih pinter masak :3 uwuuu pengen bisa bikin kue-kue gitu jugaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yess.....!!! ada juga yg bilang aku wanita sejati...!!

      Hapus
  4. Wah wah adiknya pasti senang ya.. dibuatkan kue sama kakaknya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya enggak deh, bilang makaih aja kagak dia mah.. -__-

      Hapus
  5. wow, sampe bikin 2 kue, satu putih satu item :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan aja warna krim nya yg ada itu doang... :D

      Hapus
  6. kalo bikin kue gituan, emak gua jagonya tuh....

    jawab pertanyaan diawal, kayaknya sama aja deh, ga ada perjuangan gua yg lebih besar ke cewek gua ato ke adik2 gua... semuanya dapat bagian yg adil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ummiku gak pernah bikin kue beginia, serignya beli mulu klo ada acra. gak mau repot soalnya.


      bagoossss... dapat jempol dah

      Hapus
  7. Mau dong, kakak. Kalo saya ulang tahun di kasih kue buatan sendiri. Muehehe.
    Anyway, Happy birthday ya, Alfiah! :D

    BalasHapus
  8. Selmat ulang tahun Alfiah! :)
    itu ada hasilnyakan udah bisa nyenengin adek sendiri... gue belum bisa sampai sekarang karena gue gak punya adek :3

    BalasHapus
  9. Jadi pengen belajar buat kue ^^

    BalasHapus
  10. Selamat udah bisa bikin kue sendiri. Kapan kapan bikin lagi! Selamat ultah buat Alfiah semoga menjadi anak yang solihah!

    BalasHapus
  11. selamat ulang tahun alfiah semoga panjang umur dan sehat selalu dan semua keinginan terkabul amin
    ahh kuenya bikin kepengen, kapan kapan aku pesen yoww haha

    BalasHapus
  12. gue belum pernah nih dapet yang kayak gini.
    ngiri banget -_-
    Selamat ulang tahun ya, Alfiah :D

    BalasHapus
  13. selamat ulang tahun buat alfiah,,
    ah enaknya yang bisa bikin kue..iya emang bagian susahnya itu di menghiasnya..apalagi kalo nggak biasa, dijamin bakalan belepotan tuh hasilnya...ahaha

    BalasHapus
  14. pengen juga ulang tahun dibikinin kayak gitu..tapi siapa juga yang mau bikinin :P
    apalagi dipondok

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)