25 November 2013

Job Fair di UIN SUSKA Pekanbaru ; TIPS Ikut Job Fair

Sebagai fresh graduate, harus rajin cari kerja. Harus gesit nyari info lowongan, harus tau info-info terupdate lowongan mana yang buka. Dan kali ini ada job Fair yang di adakan oleh DISNAKER kota pekanbaru yang di adakan di Gedung PKM UIN SUSKA Pekanbaru.
With Ori di depan gedung PKM UIN

Ini pengalaman pertama aku ikut job expo. Temen-temen yang lain udah beberapa kali berburu lowongan pekerjaan di job expo di berbagai kota kabupaten yang dekat dengan Pekanbaru. Kayak Siak, Bangkinang, Pelalawan dan Perawang.

Memang seharusnya kita bukan mencari kerja, tapi menciptakan lowongan kerja. Menciptakan lowongan kerja kan bukan hal mudah. So, untuk sementara, fresh graduate sebagai pemula dalam dunia pekerjaan, jadi karyawan dulu boleh lah.


Masuk job expo kali ini tiketnya adalah formulir pendaftaran yang ada di Koran. So, beli korannya dulu. Kalau lupa atau nggak tau harus beli Koran, di TKP sudah di sediakan stand penjualan Koran. Jadilah Koran hari itu laku keras bo’..!

Di job expo nggak ada lowongan untuk guru. Yang banyak Cuma lowongan jadi marketing atau admin di perusahaan-perusahaan. Ada sih lowongan jadi guru di sekolah swasta bertaraf internasional. Tapi ngajarnya harus pake bahasa inggris. Sedangkan aku, sejak masalah Tes TOEFEL, agak trauma sama bahasa inggris L

Jadilah kami masukkan lamaran ke perusahaan yang sama sekali nggak nyambung sama jurusan. Dan bahkan rata-rata job seekers emang masukin lamaran ke perusahaan yang nggak nyambung ama jurusannya. Contohnya waktu aku ngisi form di perusahaan Finansial, aku liat udah 250 an lebih yang daftar di perusahaan itu, dan jurusannya nggak nyambung semua. Contohnya d3 elektro, S1 Kimia Terapan, S1 Teknik Indsutri bahkan ada dari jurusan agrobisnis. Mereka semua mau daftar perusahaan keuangan. Gak nyambung banget ya. Hahaha.

Di depan gedung juga ada wakil Walikota Pekanbaru Bapak Ayat Cahyadi yang lagi di wawancara sama media-media.
Wakil Walikota Pekanbaru
ada live music nya juga loh...

Nah kali ini aku akan berbagi sedikit tips untuk datang ke job expo.
Yang harus kamu bawa ke Job Fair / Job expo:
  1. Surat lamaran. Jangan lupa tujuan perusahaan dan posisi yang di inginkan di kosongkan aja, nanti kamu tulis pake bullpen di TKP. It’s Oke, di bolehin kok.
  2. Fotocoy Ijazah yang di legalisir, baik itu Ijazah S1, D3, D2 atau ijazah SMA. Karna ada juga beberapa perusahaan yang membutuhkan lulusan SMA
  3. Fotocopy transkip nilai
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas Foto (Biasanya ukuran 3x4 atau ukuran 4x6)
  6. CV atau aftar riwayat hidup kamu. Cara menulis daftara riwayat hidup yang baik, cari aja di google. Atau boleh liat nih CV aku di postingan yang ini. muehehhee
  7. Map coklat. Untuk masukin semua lamaran kamu.
  8. Klip / pencepit kertas

Yang harus kamu lakukan setiba di Job Fair adalah :

  • Jalan berkeliling di semua stand-stand perusahaan yang ada, dan kumpulin semua brosurnya. Karna biasanya penjelasan karir yang disediakan, dan persyaratan untuk masukin lamaran ada di brosur.

  • Setelah kamu dapat beberapa perusahaan yang kamu minati, baru deh susun lamaran untuk diserahkan ke stand yang kamu pilih tadi hari itu juga. Pilih bangku yang disediakan, kalo pun penuh, lesehan juga boleh. Hehehe

sibuk nyusun lamaran
Rahmad, Icha dan Ori 

selamat mencari kerja dan semoga mendapatkan perkerjaan yang di inginkan. Amin..


4 komentar:

  1. dengan job fair ini, mbak risah akan cepat di wawancarai dan akan cepat mendapat keputusan di terima apa tidak. semoga mbak risah mendapatkan tambatan hatinya yaitu pekerjaan.
    hehehe
    tapi jagan salah kirim, nanti saya dikrimi lamaran pekerjaan....

    BalasHapus
  2. Bener kata yang di atas, jangan salah kirim, tar malah orang lain yang dapet, apalagi ke T****... LOL. Just kidding. :P

    BalasHapus
  3. semoga aja kak risah cepet dapet kabar baiknya ya :)

    BalasHapus
  4. wah itu pasti kerja sama dengan korannya biar laku :D aku belum pernah ikut job fair soalnya belum lulus hehe, semoga cepet dapet kabar baik ya kak :)

    BalasHapus

setelah baca tapi nggak ninggalin komentar itu sayang banget. ayo dong dikomen. penulis ingin tau reaksi pembaca.. makasih buat yang udah komen :)